Mobile GadgetReviewSmartphone

Review Oppo F9: Smartphone 4 Jutaan dengan Desain Menawan dan Dukungan VOOC Flash Charge

Cek Harga

Dalam beberapa tahun terakhir, popularitas Oppo di Indonesia terus mengalami peningkatan yang signifikan. Terbukti, saat ini Oppo berada di jajaran teratas sebagai brand smartphone dengan penjualan tertinggi.

Hal itu membuat Oppo semakin percaya diri untuk terus meluncurkan produk terbarunya di Tanah Air. Yang teranyar adalah Oppo F9, perangkat kelas menengah yang membawa banyak penyegaran fitur jika dibandingkan dengan pendahulunya, F7.

Penasaran seperti apa kecanggihan smartphone ini? Langsung saja simak ulasan lengkapnya!

Desain cantik dengan poni minimalis

Harus diakui salah satu kekuatan smartphone Oppo ada pada desainnya yang selalu terlihat menawan. Oppo F9 pun demikian. Seolah menyempurnakan desain yang sudah bagus pada F7, Oppo melakukan beberapa perubahan untuk menghadirkan tampilan yang lebih fresh pada F9.

Anda akan menemukan bagian belakang yang dihiasi dengan Floral Pattern, dan akan berkilau seperti berlian ketika terpapar cahaya. Tidak hanya sedap dipandang, kilauan tersebut sekaligus membuat Oppo F9 tampak lebih mewah.

Menariknya lagi, F9 hadir dalam dua pilihan warna yang sangat eye-catching, yakni Sunrise Red yang terinspirasi dari waktu matahari terbit, dan Twilight Blue yang menyajikan warna saat senja di sore hari menjelang malam.

Keduanya memiliki gradasi warna yang akan terlihat berubah tergantung sudut pandang. Bahkan, gradasi warnanya juga tampak di bodi bagian samping. Selain kedua warna tersebut, dalam waktu dekat kabarnya Oppo juga akan meluncurkan varian Starry Purple.

Beralih ke bagian depan, Oppo juga melakukan sedikit perombakan dengan memangkas poni pada layar menjadi lebih kecil. Oppo menyebut desain ini dengan nama Waterdrop Screen. Pada bagian poni tersebut, Oppo hanya membenamkan kamera selfie dan sensor proximity saja. Dipadukan dengan bezel yang tipis, hasilnya rasio screen-to-body Oppo F9 mencapai 90,8 persen!

Dari segi pengoperasian Oppo F9 termasuk smartphone yang nyaman digenggam dengan satu tangan meski layarnya besar. Cover belakangnya tidak licin, tapi agak mudah kotor oleh sidik jari. Untungnya, seperti biasa pada paket penjualan Anda sudah disediakan softcase.

Perlu diketahui pula bahwa Oppo F9 memiliki tiga slot sekaligus, yakni dua untuk SIM-card dan satu terdedikasi khusus untuk microSD alias bukan hybrid. Selain itu, F9 masih menggunakan port microUSB, belum USB Type-C.

Layar lega, asyik buat menikmati konten

Oppo F9 hadir dengan layar 6,3 inci yang memiliki resolusi Full HD+ dan aspect ratio 19.5:9. Kurang lebih kualitas layarnya sama seperti F7, tajam denga keluaran warna yang begitu memanjakan mata saat digunakan untuk menampilkan beragam konten.

Yang membuatnya berbeda jelas ada pada bagian poni (notch) yang kini lebih minimalis. Hasilnya, konten yang tersaji di layar terlihat lebih lega dan lebih asyik ketika sedang menikmati konten video, bermain games, atau berselancar di media sosial.

Supaya mata tidak cepat lelah, Oppo tidak lupa menyediakan fitur Night Shield yang ketika diaktifkan akan meminimalisir emisi cahaya biru. Fitur ini bisa diatur agar menyala secara otomatis di waktu yang sudah dijadwalkan. Selain itu, fitur unutk mengganti temperature warna juga tetap ada.

Dari sektor audio, Oppo F9 tidak membenamkan fitur khusus untuk mendongkrak performanya. Untungnya, speaker pada smartphone ini masih terdengar lantang dan jernih. Cocok untuk sekadar menemani Anda menonton video dari YouTube atau bermain games.

ColorOS 5.2 dengan Google Lens

Beralih ke sistem operasi, Oppo F9 hadir dengan ColorOS 5.2 berbasis Android 8.1 Oreo. Jika dibandingkan dengan F7, tampaknya tidak banyak perbedaan yang ditawarkan melalui perangkat anyar ini.

Yang pasti, ColorOS 5.2 adalah user interface yang sederhana dan ringan. Secara default, Anda tidak akan disuguhkan App Drawer. Semua aplikasi bisa Anda akses langsung hanya dengan menggeser halaman Home.

Urusan multitasking masih terasa asyik karena ColorOS 5.2 memang dirancang untuk mendukung aktivitas ini. Anda dapat mendengarkan musik meski layar padam, maupun beralih ke aplikasi lain secara cepat melalui Smart Bar. Anda juga bisa menjalankan dua aplikasi sekaligus di satu layar melalui fungsi Split-Screen. Untuk mengaktifkan fitur ini pun mudah dan cepat karena Oppo memberikan dukungan gesture swipe-up dengan 3 jari.

Dari sektor keamanan Anda bisa mengandalkan dua fitur paling populer saar ini, yakni sensor sidik jari dan face unlock. Seperti biasa, kemampuan kedua fitur ini bisa disajikan Oppo secara apik melalui kinerjanya yang cepat dan akurat.

Yang tidak kalah menarik adalah hadirnya fitur Google Lens yang bisa Anda akses langsung saat sedang membuka aplikasi kamera. Bagi yang belum tahu, Google Lens dapat mengenali objek yang tertangkap kamera dan menyajikan penelusuran terkait dari objek tersebut.

Oppo F-series pertama dengan kamera belakang ganda

Masuk ke pembahasan fotografi, Oppo F9 menawarkan peningkatan pada kamera dibanding seri sebelumnya. Kali ini, Oppo mempercayakan konfigurasi kamera belakang ganda yang terdiri dari kamera utama 16 megapixel dengan lensa f/1.8 dan kamera kedua 2 megapixel dengan lensa f/2.4.

Oppo F9 pun menjadi smartphone F-series pertama yang punya mengusung konfigurasi dual-camera. Sedikit catatan, kamera 2 megapixel ini berfungsi untuk mengatur kedalaman ruang pada mode Portrait (bokeh). Untuk urusan selfie, OPPO F9 masih mengandalkan kamera 25 megapixel dengan lensa f/2.0 dan sensor HDR.

Untuk mendukung terciptanya foto yang bagus, Oppo F9 kembali dibumbui fitur-fitur pendukung kamera seperti AI Scene Recognition, AI Beauty 2.1, AR Sticker, dan Super Vivid Mode. Tambahan lain, ada fitur Slow-Motion 120fps untuk perekaman video.

OPPO F9

Hasil foto Oppo F9 (5)

Hasil foto Oppo F9 (12)

Hasil foto Oppo F9 (14)

Lalu, bagaimana kesimpulan kami terkait hasil jepretannya? Kami sudah mengulas lengkap kecanggihan kamera Oppo F9 dalam sebuah artikel review terpisah yang bisa Anda baca di tautan berikut ini. Jika ingin melihat hasil foto yang lebih lengkap, Anda bisa langsung menuju akun Flickr Yangcanggih.com.

Performa oke, gaming lancar

Dari sektor performa, Oppo F9 dibekali hardware yang mirip dengan F7. Anda masih akan menemukan kombinasi antara SoC MediaTek Helio P60 yang ditemani RAM 4 GB dan memori internal 64 GB.

Dengan hardware yang sama, maka kinerja yang ditawarkan oleh Oppo F7 pun kurang lebih setara dengan Oppo F7. Artinya, Anda tetap bisa menikmati pengoperasian yang mulus tanpa kendala ketika menjalankan berbagai aplikasi.

Untuk gaming juga tidak ada masalah. Game-game populer seperti Mobile Legends, Arena of Valor, dan PUBG Mobile bisa dimainkan dengan lancar serta stabil. Bahkan, selama kami menjalankan game tersebut suhu Oppo F9 tetap terjaga dengan baik. Tidak ada peningkatan suhu panas yang pengalaman bermain.

Nah, untuk Anda yang tidak mau terganggu notifikasi maupun panggilan telepon masuk, F9 kini dibekali dengan fitur bernama Game Space. Bukan hanya mengatur agar notifikasi tidak menutupi layar, Game Space juga didukung fungsi Graphics Acceleration untuk meningkatkan performa gaming.

Untuk lebih menjelaskan seperti apa performa dari Oppo F9, langsung saja simak hasil dari beberapa aplikasi benchmark yang kami jalankan.

VOOC Flash Charge: Mengisi daya dengan cepat!

Inilah yang menjadi keunggulan utama dari Oppo F9. Ya, VOOC Flash Charge. Bagi yang belum tahu, VOOC merupakan teknologi pengisian ulang daya secara cepat dengan tegangan rendah yang telah dikembangkan Oppo sejak 2014 dan memiliki 500 inovasi yang sudah dipatenkan.

Berkat VOOC, Oppo F9 dapat mengisi daya hingga empat kali lebih cepat dibandingkan dengan pengisian daya konvensional, sehingga pengguna bisa mendapatkan waktu bicara selama dua jam hanya dengan mengisi daya selama lima menit.

VOOC Flash Charge juga dilengkapi dengan lima lapisan pelindung yang terdapat pada bagian adaptor, kabel USB, charging port, baterai, dan konektor baterai, Dengan begitu, perangkat akan tetap aman digunakan walaupun sedang diisi daya.

Catatan: Jika Anda penasaran tentang VOOC Flash Charge, kami memiliki sebuah artikel khusus yang membahas secara lengkap kecanggihan teknologi tersebut. Anda bisa membacanya di tautan berikut ini.

Tidak hanya cepat sangat charging, baterai dari Oppo F9 pun juga tergolong awet. Dengan kapasitas yang sedikit lebih besar dari F7, yakni 3500 mAh, baterai ini dapat mendukung F9 untuk menemani Anda beraktivitas seharian penuh sejak pagi hingga malam.

Kesimpulan

Kehadiran F9 menjadi bukti bahwa Oppo lagi-lagi mampu menyajikan sebuah smartphone kelas menengah yang komplit untuk mendukung berbagai kebutuhan. Dari segi desain, performa, kamera, hingga teknologi pengisian daya semuanya terlihat menonjol di kelasnya dan patut diacungi jempol.

Kami memang harus menggarisbawahi soal fitur pengisian daya cepat ini. Pasalnya, bisa dibilang F9 adalah smartphone 4 jutaan pertama yang memiliki VOOC Flash Charge. Sebelumnya Oppo hanya menghadirkan fitur tersebut di seri-seri yang dibanderol dengan harga tinggi, misalnya F3 Plus atau yang terbaru, Find X.

Dibanderol Rp4.299.000, Oppo F9 cocok untuk Anda yang membutuhkan smartphone komplit di kelas menengah dan ingin selalu produktif tanpa harus terganggu oleh proses charging baterai yang lama.

Yang Canggih:

  • Desain cantik dengan floral pattern dan warna gradasi
  • Layar tajam dan lega dengan notch minimalis
  • Sudah didukung VOOC Flash Charge
  • Performa bisa diandalkan untuk beragam kebutuhan
  • ColorOS 5.2 yang ringan dan kaya fitur
  • Game Space lebih fungsional
  • Hasil foto oke dan kinerja fokus cukup baik
  • Baterai awet untuk seharian penuh
  • Triple-slot
  • Harga menarik

Yang Kurang:

  • Bodi belakang mudah kotor oleh sidik jari
  • Pengendalian noise sering terlalu agresif sehingga detail menurun
  • Reproduksi warna terkadang terlalu matang
Spesifikasi Oppo F9
Layar Waterdrop FullScreen 6,3 inci Full HD+
SoC MediaTek Helio P60
RAM 4GB
Memori internal 64GB
Kamera belakang 16 megapixel f/1.8 + 2 megapixel f/2.4
Kamera depan 25 megapixel dengan AI Beauty 2.1
Baterai 3500 mAh
Sistem operasi ColorOS 5.2 berbasis Android 8.1 Oreo
Fitur VOOC Flash Charge, Sensor sidik jari
Harga Rp4.299.000
Oppo F9
OPPO F-Series tercanggih
Tidak hanya tampil dengan desain cantik, F9 juga menjadi smartphone 4 jutaan pertama Oppo yang dibekali VOOC Flash Charge
Cek Harga

Komentar

Beri komentar

Close