Mobile GadgetNewsSmartphone

Mengupas VOOC Flash Charge, Fitur Pengisian Daya Cepat pada OPPO Find X & F9

Mengisi Baterai Ekstra Cepat dengan Aman

Ketika pertama kali hadir di Indonesia, Oppo Find X langsung mengukuhkan diri sebagai produk flagship yang inovatif dan tidak pasaran. Smartphone ini memang menawarkan sesuatu yang berbeda, mulai dari desain hingga spesifikasi dan fitur unggulannya.

Bukan hanya soal tiga kamera dengan sistem geser yang menjadi terobosan baru di industri smartphone, Oppo juga membekali Find X dengan beragam fitur-fitur canggih. Salah satunya adalah VOOC Flash Charge, teknologi pengisian daya berkecepatan tinggi yang diracik langsung oleh Oppo.

Apa saja kelebihan dari VOOC Flash Charge yang tidak bisa ditemukan di teknologi fast charging lainnya? Langsung saja simak di bawah ini.

Charging cepat untuk pemakaian yang lama

Harus diakui saat ini masih cukup banyak konsumen yang memiliki persepsi bahwa durasi charging yang cepat menandakan baterai tidak akan tahan lama alias cepat habis. Padahal belum tentu demikian.

Oppo Find X hadir dengan baterai berkapasitas 3730 mAh. Dengan teknologi VOOC Flash Charge, dari kondisi kosong (0 persen) hanya butuh waktu sekitar 90 menit agar baterai ini terisi penuh hingga 100 persen.

Setelah penuh, baterai 3730 mAh tersebut mampu membuat Find X menyala hingga 12 jam dengan gaya pemakaian yang cukup berat, mulai dari memotret, merekam video, bermain game, download aplikasi, dan mengakses media sosial.

Bahkan, hanya dengan charging selama 5 menit pengguna bisa menggunakan Find X untuk menelepon hingga 2 jam. Ini sekaligus membuktikan bahwa VOOC Flash Charge sangat bermanfaat ketika ada keadaan darurat atau obrolan penting yang harus segera diselesaikan. Teknologi yang sama ini juga dimiliki oleh OPPO F9 yang memiliki baterai berkapasitas 3500mAh.

VOOC mengusung konsep Cool Charging

VOOC Flash Charge mengadopsi konsep yang berbeda dengan teknologi pengisian daya lainnya yang ada di pasaran. Umumnya, charger standar memiliki spesifikasi 5V/0.5A untuk menghasilkan 2.5W, atau 5V/2A untuk menghasilkan 10W.

Pada teknologi fast charging standar, biasanya charger yang digunakan adalah 9V/1.67A untuk menghasilkan 15W. Dengan semakin tingginya voltase tersebut, maka kemungkinan peningkatan suhu juga sangat besar.

VOOC berbeda. Teknologi ini mengusung konsep cool charging dengan spesifikasi 5V/4A untuk menghasilkan 20W. Karena VOOC lebih memilih menaikkan ampere daripada voltase, maka proses pengisian daya pun lebih dingin alias tidak menimbukan efek panas yang berlebihan.

Yang lebih menarik, karena suhu rendahnya terjaga dengan baik, pengguna bisa melakukan banyak hal sembari menunggu proses charging selesai. Contohnya chatting, menonton video, atau bahkan bermain game. Game berat seperti PUBG Mobile akan tetap berjalan dengan mulus, bebas dari throttling yang biasanya disebabkan oleh suhu panas.

Cepat dan aman

VOOC Flash Charge adalah teknologi yang tidak hanya menawarkan kecepatan tinggi, tetapi juga keamanan ekstra. Oppo memberikan perlindungan lima lapis mulai dari penguji tegangan di dalam adapter, pengenal VOOC di dalam adapter, pengenal VOOC di dalam ponsel, uji tegangan di dalam ponsel, hingga sekering di dalam ponsel.

Intinya, VOOC Flash Charge adalah sebuah ekosistem yang pintar. Proses pengisian daya super cepatnya tidak akan berjalan dengan maksimal jika salah satu bagian dari ekosistem tersebut tidak sesuai, misalnya kabel yang digunakan bukan kabel VOOC.

Bagaimana? Sangat menarik, ‘kan?

Komentar

Beri komentar

Close