Mobile GadgetReviewSmartphone

Review Kamera OPPO F9: Membawa Peningkatan Fitur Fotografi dan Hasil Foto

Kini dilengkapi Portrait Mode & Slo-mo Video

Cek Harga

Mencermati perkembangan teknologi smartphone, salah satu aspek yang menjadi perhatian penting bagi konsumen adalah kamera. Apalagi jika kita bicara ponsel kelas menengah ke atas. Kualitas jepretan kamera, baik depan maupun belakang, sering menjadi pertimbangan bagi konsumen saat memilih smartphone yang ingin dibeli.

Salah satu merek ponsel yang mementingkan kamera adalah OPPO. Bahkan untuk beberapa tipe, OPPO dengan gencar menambahkan julukan “Selfie Expert”. Walaupun hal itu tidak diteruskan dengan F9, bukan berarti OPPO melupakan kemampuan kamera pada ponsel terbaru yang dirilis di pertengahan tahun 2018 ini.

OPPO F9: Seri F Pertama dengan Dua Kamera Belakang

OPPO F9 yang baru saja dirilis bulan Agustus 2018 ini merupakan seri F pertama dengan dua kamera belakang.

Terdapat kamera belakang utama 16 megapixel dengan lensa f/1.8 dan kamera kedua 2 megapixel dengan lensa f/2.4. Kamera belakang kedua ini berfungsi untuk mengatur kedalaman untuk memberikan efek bokeh (efek buram untuk latar) pada mode Portrait. Sedangkan di depan, OPPO F9 masih mengandalkan kamera 25 megapixel dengan lensa f/2.0 dan sensor HDR.

Sama seperti smartphone kelas menengah modern, kamera OPPO F9 juga dilengkapi fitur AI. Fitur kecerdasan buatan ini mampu mendeteksi subyek dan obyek yang dipotret dan memaksimalkan hasilnya secara otomatis. Misalnya, saat mengambil foto makanan, OPPO F9 akan dapat mengenali dan menyesuaikan saturasi warna sehingga hasil foto makanan terlihat lebih menggiurkan.

Tersedia juga Portrait Mode dengan beberapa pilihan simulasi cahaya untuk menghasilkan foto subyek manusia dengan lebih menarik, tanpa banyak diolah digital. Tambahan lain, ada fitur Slow-Motion 120fps untuk perekaman video.

Hasil foto lebih baik dibanding OPPO F7

Lalu seperti apa hasil fotonya? Dengan spesifikasi kamera barunya, OPPO F9 dapat menghasilkan foto yang lebih baik dibandingkan OPPO F7.

Pada kondisi cahaya ideal, hasil fotonya akan terlihat tajam dengan tonal warna yang menarik seperti contoh foto berikut ini.

OPPO F9

Hasil foto Oppo F9 (3)

OPPO F9

Reproduksi warna kulit cukup baik, walaupun kadang ada kecenderungan warna kemerahan yang agak dominan. Saat memotret dalam mode Portrait, Anda bisa memilih efek cahaya untuk memberikan efek yang lain. Tapi perlu diwaspadai, penggunaan mode Portrait juga akan menggeser warna seperti contoh berikut ini.

OPPO F9
OPPO F9
OPPO F9

Walaupun tidak mengejar akurasi warna dan cahaya, setidaknya Portrait Mode bisa diandalkan untuk menghasilkan foto Portrait dengan lebih kreatif. Dalam kondisi minim cahaya, kamera belakang OPPO F9 juga lebih baik dibandingkan F7. Saturasi warna tidak terlihat turun jauh dan langsung memudar saat memotret di malam hari seperti terlihat pada foto di bawah ini.

IMG20180820075428
IMG20180820070545

Noise juga relatif minim terlihat. Namun jika dicermati lebih dekat, detail pada foto juga ikut terkikis oleh pengurang noise. Hal yang wajar untuk sebuah kamera ponsel di kelasnya.

Satu fitur penting yang masih dimiliki F9 adalah Expert Mode. Dengan Expert Mode, Anda bisa mengatur Shutter speed, ISO, dan White Balance secara manual. Ini fitur penting bagi yang suka berkreasi atau sekedar ingin mendapatkan hasil foto malam hari yang tidak bisa didapatkan dengan menggunakan mode Auto seperti contoh berikut.

IMG20180820072626
IMG20180820073257

Pengaturan kamera OPPO F9 masih sama seperti OPPO F7. Sederhana dan minimalis. Namun ini berarti keterbatasan pengaturan yang sama juga masih ditemukan di sini, seperti kurang akuratnya pengaturan exposure, tidak ada pilihan besaran foto yang dihasilkan, serta menu kamera yang tersembunyi di dalam Setting (bukan dalam aplikasi kamera).

Jika kekurangan tersebut tidak menjadi masalah, memotret dengan OPPO F9 amat intuitif dan gegas karena semua fitur penting dan umum dapat ditemukan di layar utama kameranya.

Secara singkat, kamera belakang OPPO F9 akan mampu menghasilkan foto yang baik dan kompetitif untuk kelas harganya.

Tetap jago untuk urusan selfie

Walaupun OPPO tidak menyematkan embel-embel Selfie Expert untuk F9, ternyata kamera depan OPPO F9 tetap jago untuk urusan selfie. Jika dibandingkan dengan F7, ada sedikit peningkatan saat berswafoto dalam kondisi minim cahaya seperti pada foto di bawah ini.

IMG20180820074945

Seperti OPPO F7, hasil foto selfie di kondisi cahaya terang amat baik. Kamera depan OPPO F9 masih mengandalkan sensor HDR yang mampu mengimbangi cahaya latar atau backlight yang terlalu terang.

OPPO F9
OPPO F9

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah saat mengambil foto selfie beramai-ramai. Jika subyek yang difoto tidak sebaris, maka subyek yang ada di sisi belakang akan terlihat kabur.

Namun bagi pecinta selfie, OPPO F9 merupakan salah satu ponsel dengan kamera depan terbaik saat ini untuk smartphone kelas 4 jutaan rupiah.

Ponsel dengan kamera yang handal dan mudah digunakan

Kemudahan memotret dengan hasil yang memuaskan tampaknya masih menjadi resep andalan OPPO saat merancang F9. Dibandingkan dengan F7, kamera OPPO F9 mampu menghasilkan foto yang lebih baik.

Ada tambahan mode menarik seperti Portrait Mode untuk memotret orang dan Slow-Mo untuk video. Kedua fitur baru ini memberikan kemudahan ekstra bagi yang ingin menghasilkan foto dan video dengan lebih kreatif.

Jadi bagi yang mencari smartphone kelas menengah dengan kamera yang mudah digunakan tapi tetap mampu menghasilkan foto keren, OPPO F9 layak menjadi pertimbangan utama.

Yang Canggih:
+ Hasil foto oke, dengan warna yang matang
+ Kinerja fokus baik, termasuk dalam kondisi minim cahaya
+ Portrait Mode mampu memberikan efek cahaya yang atraktif pada subyek manusia
+ Slow-Motion Video 120fps yang menyenangkan
+ Menu dan UI mudah digunakan
+ Efek bokeh kamera belakang cukup rapi
+ Noise relatif tidak mengganggu pada kondisi minim cahaya

Yang Kurang:
– Efek pengurang noise mengikis detail pada foto di kondisi minim cahaya
– Reproduksi warna kadang terlalu matang
– Hasil foto dalam mode HDR memperlihatkan efek penajaman yang kentara
– Sebagian opsi pengaturan dipisah ke setting

Review Kamera OPPO F9
Fitur dan Hasil Foto Meningkat
Jadi bagi yang mencari smartphone kelas menengah dengan kamera yang mudah digunakan tapi tetap mampu menghasilkan foto keren, OPPO F9 layak menjadi pertimbangan utama.
Cek Harga

Komentar

Beri komentar

Close