NewsMobile GadgetSmartphoneTech News

Samsung ISOCELL HP9: Sensor Telefoto 200 Megapiksel Pertama untuk Smartphone

Samsung kembali mengumumkan inovasi sensor gambar untuk kamera smartphone. Salah satu yang menjadi sorotan adalah ISOCELL HP9. Sensor ini adalah sensor telefoto dengan resolusi 200 megapixel pertama untuk kamera smartphone.

samsung ISOCELL HP9

Fitur Samsung ISOCELL HP9

ISOCELL HP9 hadir dengan ukuran 1/1.4 inci. Ukuran pikselnya 0.56 mikron. Menurut Samsung, sensor ini memiliki lensa mikro bias tinggi yang menggunakan material baru. Imbasnya, secara signifikan sensor mampu menangkap jumlah cahaya lebih banyak. Cahaya akan langsung ditangkap dan diarahkan secara presisi ke filter warna RGB pada sensor.

samsung ISOCELL HP9 5

Klaim Samsung tingkat sensitivitas cahaya ISOCELL HP9 meningkat hingga 12%. HP9 juga membawa peningkatan 10% pada kinerja autofocus jika dibandingkan sensor telefoto Samsung generasi sebelumnya.

Samsung ISOCELL HP9 1

ISOCELL HP9 mengusung teknologi pixel binning Tetra²pixel seperti di ISOCELL HP2. Berkat teknologi tersebut sensor mampu mendukung in-sensor zoom 2x atau 4x. Bahkan, bisa mendukung hingga total 12x zoom jika dipasangkan dengan modul lensa yang dilengkapi kemampuan 3x optikal zoom.

Samsung ISOCELL HP9 2

Teknologi Tetra²pixel akan menggabungkan 16 pixel (4×4) menjadi satu. Di kondisi minim cahaya HP9 bisa menghasilkan foto 50 MP dengan ukuran tiap pixel 1.12 mikron atau resolusi 12.5 MP dengan ukuran tiap pixel 2.24 mikron. Ini berarti, HP9 mampu menghasilkan jepretan foto yang tetap tajam dan detil di segala pengaturan zoom dan kondisi pencahayaan.

 

Samsung ISOCELL HP9 4

Mengadopsi algoritma AI remosaic terbaru sensor HP9 juga mampu memroses gambar dengan lebih pintar dan sangat cepat. Pengguna bisa merasakan pengalaman fotografi yang mulus dengan hasil yang tajam, detil dan warna lebih akurat. Algoritma ini juga mampu meningkatkan kualitas HDR.

Samsung ISOCELL HP9 3

Lalu bagaimana dengan kemampuan videografinya? HP9 bisa mendukung perekaman video hingga resolusi 8K 30fps dan 4K 120 fps. Modus videonya dilengkapi dukungan fitur Smart-ISO Pro dan Staggered HDR yang mengijinkan pengambilan video lebih jernih di segala kondisi pencahayaan.

Ketersediaan Samsung ISOCELL HP9

Meski sudah diumumkan belum ada bocoran lebih lanjut kapan debut perdana sensor ISOCELL HP9 akan mulai di smartphone. Namun, sensor ini bisa dipastikan akan muncul di smartphone flagship Samsung selanjutnya. Apakah akan digunakan di Samsung Galaxy S25 Ultra? Mari kita tunggu saja..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button