ReviewMobile GadgetSmartphone

Review vivo V30e

vivo v30e biru
7.9

vivo V30e hadir sebagai seri yang paling terjangkau di jajaran V Series tahun ini. Meski begitu, vivo tetap membenamkan beragam fitur menarik yang menjadi ciri khas mereka, misalnya All-New Aura Portrait untuk menciptkan foto potret yang lebih baik.

Dari segi tampilan eksterior pun cukup menawan. Menjadikannya salah satu smartphone paling cantik di kelas harganya. Penasaran seperti apa kelebihan dan kekurangan dari vivo V30e? Yuk, langsung saja simak ulasan kami!

Desain premium

Sejak pertama kali melihat V30e, kami langsung tertarik dengan desainnya yang bisa dibilang unik alias tidak pasaran. Smartphone ini disajikan secara apik, terutama pada bodi belakangnya yang menampilkan dua finishing berbeda.

vivo V30e

Varian yang kami pegang disebut Giri Merah. Warnanya lebih ke arah ungu, dengan finishing matte pada sisi sebelah kiri yang lebih dominan, serta glossy pada sisi kanannya dengan komposisi yang lebih sedikit. Menurut vivo, Giri Merah merupakan epresentasi tanah dan pegunungan yang menjulang tinggi di Indonesia.

Dari sekian banyak smartphone Android di kisaran harga setara, V30e punya nuansa premium yang tidak dimiliki pesaingnya. Bagian kamera belakangnya mengusung desain elegan yang disebut ‘Time Messenger’. Kurang lebih mirip seperti jam tangan.

vivo V30e 6

Soal dimensi, vivo V30e memiliki bodi tipis dengan ketebalan hanya 7,75mm saja. Angka tersebut bisa didapat berkat penggunaan layar 3D Curved dengan tepian melengkung di kiri dan kanan. Saat digenggam, smartphone ini terasa ramping dan nyaman dioperasikan dengan satu tangan.

Pada bagian bawah ponsel Anda akan menemukan port USB-C bersama dengan lubang speaker, mikrofon, serta SIM-tray yang dapat menampung dua nano-SIM atau 1 nano-SIM plus satu microSD. Sementara di sisi kanan terdapat tombol power dan pengaturan volume.

vivo V30e 5

Selain itu, vivo menyebutkan V30e punya fitur Touch Body Armor yang tangguh, serta Water Wet Display yang memungkinkan layar tetap berfungsi dengan baik ketika digunakan dalam kondisi tangan basah. Ada pula rating IP64 untuk ketahanan terhadap debu dan percikan air.

Di atas hanya diisi lubang mikrofon saja. Ya, tidak ada grill speaker kedua yang artinya smartphone ini belum stereo. Untuk paket penjualannya, vivo memberikan kabel USB-C, charger 44W, Softcase bening, dan pastinya SIM-tray ejector.

vivo V30e 3

Layar curved 120Hz

Seperti disebutkan sebelumnya, vivo V30e mengusung layar 3D Curved. Panel yang dipakai adalah AMOLED berukuran 6,78 inci dengan resolusi FHD+ dan refresh rate 120Hz agar scrolling lebih halus.

Tingkat kecerahannya cukup baik, terutama pada penggunaan di bawah sinar matahari yang terang. Konten yang disajikan dapat terlihat dengan jelas tanpa kendala berarti. vivo mengklaim layar ini juga mendukung color gamut 100% DCI-P3, artinya sudah memadai bagi pengguna yang membutuhkan akurasi warna.

vivo V30e 4

Untuk pengaturan refresh rate, V30e menyediakan opsi Smart Switch yang artinya secara otomatis menyesuaikan dengan konten yang ditampilkan, Standard untuk mengunci di 60Hz, serta High untuk mengunci di 120Hz.

Kamera dengan All-New Aura Portrait

vivo V30e mengandalkan kamera utama dengan sensor 50 MP Sony IMX882. Menurut vivo, kamera ini mampu memberikan hasil foto dengna warna dan detail yang lebih baik. Selain itu ada juga fitur 2x Professional Portrait Mode dan dukungan 8 MP Super Wide-Angle Camera.

vivo V30e 2

vivo tidak lupa melengkapinya dengan All New Aura Light Portrait yang berfungsi untuk menyesuaikan kecerahan gambar berdasarkan jarak objek, dengan tingkat distribusi cahaya yang diklaim lebih merata hingga 30 persen.

Yang menarik, Aura Light Portrait pada V30e bisa diatur temperature warnanya sesuai kebutuhan. Anda juga diberikan opsi untuk mengaktifkan pengaturan Auto alias otomatis jika tidak ingin repot.

Pada kondisi cahaya ideal, kamera utama vivo V30e dapat menangkap detail dengan baik dan menyajikan warna yang sedap dipandang. Dynamic range-nya pun cukup oke. Memotret dengan menantang arah datangnya cahaya masih mampu menghasilkan foto dengan komposisi warna yang bagus.

IMG_20240627_172449

IMG_20240624_142920

Sementara pada kondisi low light, keberadaan Aura Light terbukti amat membantu dalam menghasilkan foto yang lebih terang pada bagian objek, tanpa mengganggu nuansa asli dari lingkungan di sekitarnya. Sedikit catatan, terkadang proses pengolahan gambar berjalan lumayan lama. Jadi pastikan Anda tidak buru-buru dalam menangkap momen.

IMG_20240103_035613

IMG_20240623_190353

IMG_20240516_171327

IMG_20240516_175522

IMG_20240516_174138

Untuk merekam video, kamera utama vivo V30e bisa diatur resolusinya hingga 4K 30fps. Ada mode ultra stabil namun akan mengunci perekaman di 1080 30fps ketika diaktifkan.

Performa didukung Snapdragon 6 Gen 1

Smartphone ini dipersenjatai chipset Snapdragon 6 Gen 1 yang sudah memakai fabrikasi 4nm. Artinya selain performanya cukup baik, dari segi efisiensi seharusnya sudah oke. Perlu diketahui bahwa Snapdragon 6 Gen 1 bukan chipset keluaran baru. Hanya saja secara kinerja masih memadai untuk tahun 2024 dan ke depannya.

Chipset tersebut ditemani RAM 8 GB dan storage 256 GB. Bagi yang gemar multitasking dan mungkin butuh kapasitas RAM lebih besar, Anda bisa menambahkannya hingga total 16 GB secara virtual lewat fitur Extended RAM.

Lalu, bagaimana performanya? Komposisi hardware di atas sudah mampu memberikan kinerja yang gesit untuk berbagai kebutuhan. Main game pun masih lancar. Judul seperti Mobile Legends dan PUBG Mobile dapat ditangani dengan baik.

Untuk urusan daya, vivo mempercayakannya pada baterai 5.500 mAh yang ternyata punya ketahanan amat baik dalam menemani aktivitas harian kami. Teknologi pengisian dayanya 44W, dan butuh waktu sekitar 1 jam 15 menit untuk dapat penuh 100 persen. Bukan yang paling cepat, tapi juga tidak bisa disebut lambat.

Kesimpulan

vivo V30e adalah smartphone dengan desain bagus dan kamera mumpuni. Cocok untuk Anda yang mencari perangkat untuk gaya sekaligus bisa diandalkan untuk aktivitas di media sosial seperti foto dan video. Nilai plus lainnya, V30e punya baterai yang tahan lama.

vivo v30e merah

Kelebihan vivo V30e:

  • Salah satu smartphone dengan desain paling bagus di kelar harganya
  • Ramping dan nyaman digenggam
  • Layar 3D Curved AMOLED 120Hz
  • Kamera utama mampu menciptakan foto yang bagus
  • All-New Aura Portrait Light cukup membantu pemotretan low light
  • Kinerja gesit
  • Baterai tahan lama
  • Rating IP64
  • Paket penjualan lengkap

Kekurangan vivo V30e:

  • Speaker belum stereo
  • Kamera selfie hanya bisa merekam hingga 1080p 30fps
vivo v30e biru
vivo V30e
7.9

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Performa
Kamera
Baterai
Harga
Final Score

Back to top button