NewsFoto & VideoKamera MirrorlessProduct News

Nikon Z6 III: Kamera Mirrorless Pertama dengan Sensor Partially Stacked CMOS

Nikon resmi mengumumkan Z6 III. Kamera mirrorless kelas menengah ini adalah yang pertama dengan sensor full frame “partially stacked CMOS”.

Nikon Z6 III

Spesifikasi Nikon Z6 III

Sensor partially stacked CMOS adalah inovasi arsitektur sensor baru. Konsepnya mirip arsitektur sensor bertumpuk Stacked CMOS. Bedanya, partially stacked CMOS ditumpuk berlapis dengan beberapa sirkuit pemrosesan berkecepatan tinggi di atas dan bawah lapisan fotosensitif sensor.

Nikon Z6 III

Menurut Nikon, arsitektur partially stacked CMOS lebih terjangkau dari Stacked CMOS. Namun, tetap bisa membawa beberapa keunggulan arsitektur sensor stacked. Mulai dari kinerja autofocus yang lebih cepat, efek rolling shutter yang lebih minim, jendela bidik lebih baik, kecepatan memotret lebih cepat, dan bisa merekam video di frame rate lebih tinggi.

Nikon Z6 III

Z6 III hadir dengan sensor partially stacked CMOS yang resolusinya 24.5 megapixel. Sensornya ini ditopang prosesor EXPEED 7. Prosesor yang sama seperti di Nikon Z8 dan Z9.

Dengan spesifikasi tersebut Z6 III mampu memotret tanpa henti di format RAW menggunakan shutter elektronik hingga 20 frame per detik. Di modus video kamera ini bisa merekam hingga resolusi 6K/60p di format RAW 12-bit internal dan 6K/30p di format ProRes RAW.

Selain itu, Z6 III juga bisa merekam di format 5.4K ProRes 422 10-bit menggunakan seluruh area sensor dan mendukung perekaman video gerakan lambat di format RAW 4K/120p atau Full HD 240p. Untuk memastikan pengambilan gambar tetap stabil Z6 III sudah dilengkapi sistem penstabil langsung di bodinya dengan kemampuan stabilisasi hingga 8-stop.

Nikon Z6 III 5

Satu pembaruan yang cukup menarik juga terlihat di jendela bidik. Z6 III dilengkapi jendela bidik dengan tingkat kecerahan hingga 4000 nits. Paling cerah diantara kamera mirrorless Nikon lainnnya. Jendela bidik elektroniknya ini juga sudah mendukung HDR dan cakupan warna DCI-P3.

Fitur lain di Z6 III tersedia layar LCD 3.2 inci fleksibel yang bisa dilipat dan diputar. Kamera ini juga sudah dilengkapi sistem autofocus dengan teknologi kecerdasan buatan yang sangat cepat dan pintar,

Harga Nikon Z6 III

Nikon Z6 III akan tersedia di akhir Juni 2024 dengan harga mulai US$2499.95 untuk bodi saja. Dengan spesifikasinya tersebut Kamera ini siap menjadi penantang EOS R6 Mark II dan Sony a7 IV.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button