Foto & VideoCamera RoomKamera MirrorlessNewsProduct News

Panasonic Lumix S9: Mirrorless Full Frame Panasonic Paling Ringkas dan Ringan

Panasonic resmi menghadirkan Lumix S9. Kamera mirrorless ini membawa semua keunggulan Lumix S5 II sebelumnya dalam kemasan bodi yang lebih ringkas dan ringan.

Panasonic Lumix S9

Spesifikasi Panasonic Lumix S9

Lumix S9 hadir dengan dimensi bodi yang seukuran kamera saku premium. Secara keseluruhan bobotnya hanya sekitar 403 gram saja. Menjadikannya mirrorless full frame Panasonic yang paling ringkas dan ringan.

panasonic Lumix S9

Kebolehan Panasonic merancang mirrorless yang ringkas dan ringan memang patut diacungi jempol. Mundur ke tahun 2013 lalu, Panasonic pernah meluncurkan seri GM1 yang merupakan kamera mirrorless paling mungil di dunia.

Panasonic Lumix S9

Untuk spesifikasinya Lumix S9 membawa sensor full frame BSI CMOS 24.2 megapixel. Sensor yang diklaim setara dengan Lumix S5 II. Persamaan lain Lumix S9 turut dilengkapi fitur IBIS (In Body Image Stabilization) 5-axis Dual IS 2 dengan kemampuan stabilisasi hingga 5 stop. Bisa hingga 6,5 Stop saat dipasangkan dengan lensa yang kompatibel. Di sektor autofocus Lumix S9 juga sudah didukung sistem autofocus Phase Detection yang sangat cepat dan akurat.

Panasonic Lumix S9

Di modus foto Lumix S9 bisa memotret tanpa henti dengan kecepatan hingga 30 fps. Memanfaatkan fitur IBIS kamera ini juga mendukung pengambilan foto resolusi tinggi hingga resolusi 96 megapixel. Bagi para pecinta foto hitam putih Lumix S9 juga mendukung pengambilan foto hitam putih ala kamera Leica di mode Leica Monochrome.

Untuk perekaman video Lumix S9 menawarkan kemampuan rekam video yang mirip Lumix S5 II. Komprominya Lumix S9 belum dilengkapi sistem pendingin aktif. Perlu dimaklumi mengingat desain bodinya yang lebih ringkas. Jadi, durasi perekaman video tidak bisa selama Lumix S5 II.

Panasonic Lumix S9

Kendati demikian, Panasonic menghadirkan dukungan perekaman video di format baru bernama MP4 Lite. Format ini mengijinkan perekaman video Open Gate 4:2:0 10-bit di 30p atau 25p yang menggunakan seluruh aspek ratio area sensor. Dengan begitu output video bisa di crop dengan lebih mudah saat proses penyuntingan. Selain itu, Lumix S9 juga mendukung perekaman video hingga resolusi 6K 30p lengkap dengan dukungan fitur Panasonic V-Log.

Harga Panasonic Lumix S9

Daya tarik Lumix S9 yang lain ada di harga jualnya. Lumix S9 dijual dengan harga US$1499. Kamera ini bisa jadi alternatif yang lebih murah dari Sony ZV-E1.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button