Mobile GadgetNewsTech News

Mengenal Qi2, Standar Pengisian Daya Nirkabel Generasi Kedua

Standar pengisian daya nirkabel Qi2 resmi diumumkan oleh Wireless Power Consortium (WPC) di bulan Januari 2023 lalu. Kedepannya Qi2 akan menggantikan standar Qi yang telah diadopsi di hampir semua perangkat dengan fitur pengisian daya nirkabel. Apa saja kecanggihannya?

Qi2

Segala hal tentang Qi2

1. Apa itu Qi2?
Qi2 adalah standar pengisian daya nirkabel generasi terbaru yang lebih canggih dan andal dari standar Qi sebelumnya. Qi2 diklaim bisa menghantarkan daya dengan output dan kecepatan yang lebih stabil dari Qi.

2. Perbedaan Qi dan Qi2
Perbedaan paling utama dari Qi dan Qi2 ada di penggunaan magnet. Qi sebelumnya tidak menggunakan sistem magnetik. Imbasnya, pengisian daya Qi tidak selalu optimal. Besaran daya yang dialirkan dapat berubah tergantung di mana posisi ponsel diletakkan pada charger atau alas pengisi daya.

Qi2

Nah, Qi2 dengan sistem magnetik mengatasi permasalahan tersebut. Dengan sistem magnetik perangkat dan alas pengisi daya dipastikan akan selalu menempel di posisi yang tepat.

Artinya, ini akan membuat pengisian daya lebih efisien. Kecepatan pengisian daya juga berpotensi ada peningkatan. Paling penting Qi2 menghasilkan efek panas yang lebih minim jika dibandingkan Qi sebelumnya.

3. Dikembangkan bersama Apple
Perlu diketahui sistem magnetik Qi2 memang bukan hal baru. Sistem magnetik ini diadopsi dari teknologi MagSafe milik Apple.

Faktanya, Apple memang digandeng oleh Wireless Power Consortium (WPC) dalam pengembangan Qi2. Perbedaan Qi2 dan Magsafe hanyalah di kompatibilitas perangkat.

Qi2

Magsafe eksklusif hanya untuk perangkat Apple saja. Sementara, Qi2 dibuat terbuka. Standar Qi2 bisa diadopsi oleh para pabrikan untuk dihadirkan ke semua perangkat dengan fitur pengisian daya nirkabel seperti smartphone Android, TWS, jam tangan pintar, power bank dan masih banyak lagi.

4. Perangkat pertama yang mendukung Qi2
Dikembangkan bersama dengan Apple tidak perlu heran jika perangkat pertama yang akan mendukung standar Qi2 adalah iPhone. Semua seri iPhone 15 akan mendukung standar Qi2.

Qi2

Menurut WPC, hingga saat ini sudah tercatat lebih dari 100 perangkat akan siap mengadopsi teknologi Qi2 dan masih tahap uji sertifikasi. Perangkat tersebut dari pabrikan seperti Belkin, Mophie, Anker Aircharge dan masih banyak lagi.

5. Jadwal rilis Qi2
Debut perdana standar pengisian daya nirkabel Qi2 akan dimulai bulan Desember 2023. Semua perangkat yang mendukung teknologi ini bisa dilihat dengan hadirnya logo Qi2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button