Quantcast
Home GadgetNewsVisual

[Samsung Forum 2019] Harga Mencapai 1,5 Miliar Rupiah, Inilah Kecanggihan Samsung QLED 8K TV

Pada ajang Samsung Forum 2019 yang digelar di Singapura, Samsung memamerkan QLED TV terbarunya yang kabarnya siap masuk ke Indonesia dalam waktu dekat. Yang paling menarik, Samsung QLED TV yang diperkenalkan kali ini memiliki resolusi 8K serta didukung beragam fitur canggih yang mungkin belum tersedia di TV lain.

Tidak tanggung-tanggung, total ada 4 ukuran QLED 8K TV dari seri Q950R yang mereka suguhkan di Samsung Forum 2019, antara lain 65 inci, 75 inci, 82 inci, dan yang paling besar adalah 98 inci. Harganya? Mencapai 1,5 miliar rupiah untuk varian tertinggi!

Samsung QLED 8K TV 2019 7

Sesungguhnya apa saja sih kecanggihan yang ada pada Samsung QLED 8K TV ini sehingga dijual di kisaran harga yang premium? Penasaran, kan? Yuk, langsung saja simak ulasan lengkap di bawah ini:

Apa itu 8K?

Sebelum membahas lebih lanjut tentang fitur-fitur canggih lainnya, ada baiknya kami jelaskan terlebih dahulu tentang resolusi 8K. Yang paling gampang dicerna, resolusi 8K memili tingkat ketajaman yang jauh lebih tinggi dibandingkan 4K.

Namun jika ingin membandingkan lebih rinci, 8K adalah resolusi 7680 x 4320 pixel, sementara 4K menawarkan 3840 x 2160 pixel. Artinya, TV 8K memiliki pixel empat kali lebih banyak dibanding 4K.

Samsung QLED 8K TV 2019 5

Mungkin sebagian dari Anda bertanya, ‘mengapa kita membutuhkan 8K padahal 4K saja sudah terlihat bagus?’. Dengan ukuran TV lebih besar, gambar yang tersaji akan terlihat lebih tajam dan lebih detail pada TV 8K karena kerapatan pixel per incinya (PPI) lebih baik.

Misalnya, layar 85 inci 4K memiliki 52 PPI. Tampilan pada ukuran layar yang sama dengan resolusi 8K memiliki 104 PPI. Hal ini memungkinkan untuk menampilkan detail yang lebih halus dalam gambar agar tampak lebih nyata.

Pada sesi Tech Seminar di Samsung Forum 2019, kami sempat mencoba membandingkan kualitas gambar antara TV 4K dengan Samsung QLED 8K TV. Dari jarak pandang yang sama, konten yang ditampilkan di QLED 8K TV memang terlihat lebih rapat dan tajam.

Fitur canggih AI Upscaling

Samsung QLED 8K TV 2019 3

Salah satu tantangan terbesar dalam menyajikan pengalaman yang maksimal ketika menggunakan QLED TV dengan resolusi 8K adalah ketersediaan kontennya sendiri. Seperti diketahui, saat ini kebanyakan konten yang ada memiliki resolusi HD, Full HD, atau maksimal 4K (itupun masih jarang).

Lalu, bagaimana cara Samsung agar konten-konten dengan resolusi yang lebih rendah tersebut dapat terlihat menawan di QLED 8K TV? Jawabannya ada pada fitur canggih bernama AI Upscaling.

Sekadar mengingatkan, upscaling adalah kemampuan untuk memproses konten dengan resolusi yang lebih rendah (seperti SD, HD, Full HD, maupun 4K) dari berbagai sumber seperti media player, konsol game, hingga layanan video streaming, agar tampil dengan kualitas yang tetap tajam di TV dengan resolusi yang lebih tinggi, yang dalam kasus ini adalah 8K.

Yang membuat teknologi AI Upscaling pada Samsung QLED 8K TV berbeda adalah keberadaan Quantum Processor yang diperkuat dengan Artificial Intelligence (AI), dan disebut-sebut sebagai yang pertama di industri ini.

Samsung QLED 8K TV 2019 2

Nantinya, machine-learning pada Quantum Processor akan menggunakan kemampuan AI-nya untuk mempelajari dan membandingkan jutaan gambar yang tersimpan dalam database baik secara offline maupun update online.

Hal itu akan sangat membantu mengkalibrasi konten beresolusi lebih rendah dan mengoptimalkannya menjadi konten berkualitas 8K, terlepas dari format aslinya. Selanjutnya, Quantum Processor juga akan membantu meningkatkan tekstur dengan cara restorasi ketajaman gambar, melakukan noise reduction, serta membuat garis terlihat lebih tegas.

“Semakin bagus source-nya (sumbernya) akan semakin bagus upscaling-nya,” kata Ubay Bayanudin selaku Senior Product Manager TV & Audio Visual Samsung Electronic Indonesia.

Sedikit informasi tambahan, selain AI Upscaling, Samsung QLED 8K TV juga didukung AI Sound yang berguna untuk mengoptimalkan output audio dari sumber aslinya agar terdengar lebih memanjakan telinga.

Dukungan Direct Full Array

Samsung QLED TV 8K 2

Samsung QLED 8K TV memiliki tingkat kecerahan hingga 5.000 nits. Kerennya lagi, ada pula dukungan teknologi Direct Full Array yang menempatkan LED backlit di belakang panel untuk kontrol kecerahan yang tepat, sehingga cahaya dapat disesuaikan secara individual untuk memunculkan warna hitam yang lebih pekat.

Algoritma yang mampu mengenali dan menyesuaikan warna hitam dengan lebih tepat akan menganalisis karakteristik setiap adegan secara real-time untuk mendistribusikan kecerahan dan rasio warna hitam yang paling optimal.

Cocok untuk main games

Untuk pengguna yang gemar bermain games melalui konsol favorit mereka seperti Xbox One atau PlayStation 4, Samsung QLED 8K TV memiliki fitur Auto Game Mode yang secara otomatis akan mendeteksi dan langsung menyajikan pengaturan terbaik untuk gaming.

Samsung QLED 8K TV 2019 1

Tapi yang paling mengasyikkan adalah saat masuk dalam Game Mode, Samsung QLED 8K TV mampu meminimalisir input lag menjadi hanya 13.5 ms. Dengan input lag yang rendah, beberapa game yang butuh respon cepat seperti genre Shooter akan bisa dimainkan dengan lebih kompetitif.

Bukan cuma itu, Anda juga bisa menikmati beberapa kemampuan yang mendukung gaming lainnya seperti Dynamic Black Equalizer agar objek di adegan yang sangat gelap bisa terlihat lebih jelas, Scene-Based Game Enhancer untuk mendongkrak kualitas gambar dan suara, serta dukungan frame rate yang lebih tinggi.

Selain fitur-fitur di atas, sesungguhnya masih banyak keunggulan lainnya yang ditawarkan Samsung QLED 8K TV. Misalnya adalah kemampuan Bixby yang lebih cerdas, sudut pandang yang lebih luas untuk melihat gambar dengan kualitas yang optimal, dan tak ketinggalan dukungan HDR10+.

Pre-order bonus Galaxy S10+

pre order samsung qled 8k tv

Seperti disebutkan sebelumnya, harga untuk varian tertinggi dari Samsung QLED 8K TV, yakni yang berukuran 98 inci, mencapai 1,5 miliar rupiah. Angka yang bisa dibilang sangat fantastis.

Kabar baiknya, untuk varian lain dengan ukuran yang lebih kecil, harganya jauh lebih murah. Samsung QLED 8K TV 65 inci dibanderol Rp80.499.000. Sementara untuk varian 75 inci dan 82 inci masing-masing bisa ditebus dengan dana Rp119.999.000 dan Rp166.999.000.

Semua varian Samsung QLED 8K TV di atas akan masuk Indonesia. Samsung sendiri saat ini sudah membuka pre-order dengan penawaran yang amat menggiurkan, yakni bonus Samsung Galaxy S10+ untuk konsumen yang melakukan pemesanan.

Back to top button