Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Harga Terpaut 1 Juta Rupiah, Inilah Perbedaan Antara OPPO F11 dan F11 Pro

OPPO baru saja mengumumkan kehadiran duo smartphone anyarnya dari keluarga F-series, yakni F11 Pro dan F11. Bagi yang belum tahu, F11 merupakan varian yang dibanderol lebih murah dengan penawaran yang sedikit berbeda dibanding saudaranya. Meski begitu, OPPO F11 tetap memiliki keunggulan tersendiri yang membuatnya juga amat menarik di kelasnya.

Nah, agar Anda tidak kebingungan dalam mengenali kedua smartphone terbaru dari OPPO ini, berikut kami sajikan apa saja yang membedakan antara F11 dengan F11 Pro:

OPPO F11 mengusung poni minimalis

OPPO F11 dan F11 Pro

Salah satu perbedaan utama yang paling mudah terdeteksi ada pada layarnya. OPPO F11 Pro tampil dengan Panoramic Screen 6,53 inci yang membentang secara penuh di bagian depan smartphone. Ya, tidak ada poni sehingga F11 Pro mampu menampilkan layar secara lebih maksimal dengan rasio screen-to-body mencapai 90,9 persen.

Sebaliknya, pada seri F11 OPPO masih mengandalkan desain layar dengan poni minimalis bergaya tetesan air. Tapi jangan khawatir. Meski rasio screen-to-body F11 lebih rendah, ukuran layar yang dibenamkan tetap sama, yakni 6,53 inci Full HD.

Varian Pro hadir dengan Rising Camera

Jika layar tampil secara penuh di bagian depan smartphone, lalu dimanakah letak kamera selfie pada F11 Pro? OPPO menggunakan teknologi yang mereka sebut Rising Camera, alias kamera pop-up yang baru akan muncul saat akan digunakan. Ketika tidak digunakan, kamera tersebut akan tersembunyi di dalam bodi.

Menurut OPPO, mekanisme pop-up pada Rising Camera F11 Pro telah melalui pengujian yang maksimal. OPPO menjanjikan bahwa dengan rata-rata penggunaan sekitar 100 kali dalam sehari, mekanisme pop-up ini dapat bertahan hingga setidaknya 6 tahun. Jadi, tidak perlu takut cepat rusak ya!

OPPO F11 Pro 1

Sementara untuk seri F11, kamera selfie tetap dibenamkan pada poni minimalisnya. Memang sekilas tidak terlihat canggih seperti Rising Camera. Tapi kabar baiknya, sensor yang digunakan oleh kedua smartphone ini tetap sama, yakni 16 megapixel, dan sama-sama menjanjikan kualitas foto selfie yang oke.

Perbedaan kapasitas RAM

Yang kami sukai dari F11 Pro dan F11 adalah keduanya mengusung chipset yang sama, yakni MediaTek Helio P70. Dengan begitu, seri manapun yang Anda pilih performanya akan sama-sama bertenaga untuk menunjang semua kebutuhan, termasuk main games.

Walaupun demikian, OPPO memberikan sedikit perbedaan pada kapasitas RAM yang dibenamkan. Jika F11 Pro memiliki RAM 6 GB, F11 dibekali RAM 4 GB. Menurut kami tidak masalah. Meski tidak sebesar saudaranya, RAM 4 GB pada OPPO F11 juga tetap bisa diandalkan oleh pengguna yang gemar multitasking.

OPPO F11 Pro Thunder Black

Memori internal F11 lebih besar

Ini yang membuat F11 tidak kalah menggiurkan. Dengan harga yang lebih murah, OPPO justru membenamkan memori internal dengan kapasitas yang lebih besar, yakni 128 GB, alias dua kali lipat dari yang tersedia pada F11 Pro (64 GB). Ini artinya Anda akan lebih leluasa menyimpan banyak file dan aplikasi.

Perbedaan pilihan warna

OPPO F11 Pro terlihat begitu menawan dengan pilihan warna Thunder Black yang memadukan tiga gradasi warna sekaligus, yakni biru, merah, dan hitam. Ada pula opsi warna lainnya yang disebut Aurora Green, yang terinspirasi dari warna samudera biru yang terhubung dengan benua hijau yang subur. Sementara untuk F11, OPPO rencananya akan menyediakan dua opsi warna yakni Fluorite Purple dan Marble Green.

OPPO F11 2
OPPO F11

Harga beda 1 juta rupiah

Seperti disebutkan pada judul artikel, OPPO F11 dan F11 Pro dibedakan oleh harga yang terpaut 1 juta rupiah. OPPO F11 Pro bisa Anda beli dengan menyiapkan dana Rp4.999.000, sementara untuk seri F11, Anda hanya perlu merogoh kocek sedalam Rp3.999.000 saja.

Lalu, lebih baik pilih yang mana? Tidak perlu bingung. Menurut kami keduanya sama-sama menjanjikan pengalaman penggunaan yang menyenangkan. Apalagi, untuk fitur canggih seperti kamera 48 megapixel dengan Ultra Night Mode dan VOOC Flash Charge 3.0, Anda bisa menikmatinya baik pada seri F11 Pro maupun F11.

Sekadar mengingatkan, OPPO F11 Pro saat ini sudah bisa dipesan sejak 14-22 Maret 2019. Khusus bagi pemesanan awal, pelanggan akan mendapatkan Powerbank OASE 10.000 mAh dan Earphone Bluetooth OASE MD-K10, serta gratis perdana IM3 Ooredoo unlimited Youtube dan Apps selama 1 tahun tanpa potongan pulsa. Namun bila Anda berminat dengan OPPO F11, harap sabar menunggu karena pre-order baru akan dibuka pada 1 April 2019 mendatang.

Back to top button