Melihat dari dekat kamera popup 32 megapixel Vivo V15


Review Plantronics BackBeat Fit 3100: Hadir dengan Desain unik yang Cocok Untuk Penggemar Olahraga

4

Bagi pengguna yang gemar berolahraga dukungan teknologi nirkabel pada headphone terbukti lebih nyaman digunakan. Pasalnya, pengguna tidak akan berhadapan dengan masalah kabel kusut yang kadang menggangu saat berolahraga.

Di pasaran pun saat ini bisa dengan mudah dijumpai beragam model headphone yang mengusung konektivitas nirkabel. Plantronics BackBeat Fit 3100 adalah salah satunya yang memang khusus hadir untuk menemani aktivitas olahraga Anda. Penasaran keunggulan apa saja yang ditawarkan Plantronics BackBeat Fit 3100? Simak ulasannya berikut ini..

Desain nyaris sempurna

Pada umumnya, desain in-ear headphone untuk olahraga hadir dengan sirip tambahan di bagian ear tips. Sirip tersebut berguna untuk menjaga in-ear headphone agar tidak mudah terlepas dari lubang telinga saat bergerak. Model ini biasanya juga turut dilengkapi dengan beragam ukuran ear tips yang bisa disesuaikan agar pas dengan telinga masing-masing pengguna.

Tapi, Plantronics BackBeat Fit 3100 mengadopsi desain yang lebih unik. Untuk menjaganya agar tidak mudah terlepas dari telinga Plantronics BackBeat Fit 3100 dilengkapi dengan cantolan. Pada prakteknya, kehadiran cantolan ini menurut kami cukup efektif untuk menjaga Plantronics BackBeat Fit 3100 agar tidak mudah terlepas dari telinga.

Walau begitu, cantolan tersebut memang tidak menjamin Plantronics BackBeat Fit 3100 bisa terpasang sempurna di telinga. Ini karena rancangan ear tips BackBeat Fit 3100 dibuat tidak masuk ke dalam kanal telinga seperti kebanyakan in-ear headphone.

Ear tips Plantronics BackBeat Fit 3100 yang berbahan karet silikon hanya akan terpasang di luar kanal telinga. Dalam paket pembeliannya pun tidak tersedia pilihan opsi ukuran ear tips. Jadi, satu ukuran untuk semua ukuran telinga.

Kekurangan desain ear tips ini adalah masih adanya kemungkinan terlepas dari lubang telinga jika melakukan banyak gerakan saat berolahraga. Apalagi, dimensi BackBeat Fit 3100 juga memang relatif besar.

Kendati demikian, secara keseluruhan Plantronics BackBeat Fit 3100 tetap masih cukup nyaman digunakan. Rancangan ear tips yang tidak masuk ke dalam kanal telinga ini juga akan lebih aman. Saat diajak olahraga di luar ruangan suara dari lingkungan sekitar masih relatif bisa terdengar karena isolasi suaranya yang kurang optimal.

Keunggulannya yang lain, Plantronics BackBeat Fit 3100 telah dirancang tahan keringat dan air dengan peringkat IP57. Jadi bisa menjadi teman olahraga di beragam kondisi cuaca. Kedua ear budsnya juga bisa terhubung ke smartphone lewat Bluetooth dengan sangat cepat dan mudah.

Kendali intuitif

Untuk navigasi Plantronics BackBeat Fit 3100 menawarkan kendali yang intuitif dan mudah digunakan. Kedua earbuds Plantronics BackBeat Fit 3100 telah dilengkapi panel sentuh yang berguna untuk navigasi. Panel sentuhnya ini mendukung gestur tap dan sentuhan.

Menariknya, lewat aplikasi BackBeat di smartphone pengguna juga dimungkinkan untuk mengatur fungsi panel sentuhnya tersebut. Dengan demikian, kendali musik dan pengaturan lainnya bisa lebih mudah diakses saat berolahraga.

Kualitas suara cukup baik

Lalu bagaimana dengan kualitas suaranya? Plantronics BackBeat Fit 3100 menawarkan kualitas audio yang cukup baik dan nyaman di telinga.

Suara yang dihasilkan tergolong Flat dengan porsi bass dan treble yang sangat berimbang. Bass yang dihasilkan tidak terlalu boomy dan suara treble yang dihasilkan di frekuensi tinggi juga tidak menusuk di telinga.

Secara umum karakter suara seperti ini memang sangat aman dan paling mudah diterima oleh pendengar. Bagi penikmat musik yang menonjolkan suara Bass karakter suara Plantronics BackBeat Fit 3100 mungkin akan kurang pas, karena suara bass akan terasa kurang bertenaga. Satu hal yang kurang di aplikasi BackBeat Fit 3100 juga tidak tersedia opsi EQ yang berguna untuk mengatur output suara sesuai selera pengguna.

Baterai cukup panjang


Plantronics BackBeat Fit 3100 menawarkan waktu guna hingga sekitar 5 jam untuk sekali isi ulang baterai. Dengan tambahan casing pelindungnya yang sangat ringkas Anda masih bisa mendapakan waktu ekstra hingga 10 jam. Jadi, total waktu gunanya bisa hingga sekitar 15 jam.

Meski hanya 5 jam, saat kami gunakan baterainya memang cukup tahan lama. Dari pengalaman kami selama menggunakan Plantronics BackBeat Fit 3100, daya tahan baterainya ini sudah sangat memadai untuk menemani aktivitas olahraga rutin kami 4 kali seminggu selama 1 jam tanpa perlu harus sering isi ulang baterai. Baterainya juga sangat menarik karena telah dilengkapi fitur Deep Sleep yang bisa bertahan hingga sekitar 6 bulan jika tidak digunakan dan didukung fitur isi ulang cepat. Dengan waktu isi ulang baterai 15 menit Anda bisa menggunakannya hingga sekitar 1 jam.

Kesimpulan

Plantronics BackBeat Fit 3100 memang bukanlah perangkat audio yang menjagokan kualitas suara. Apalagi untuk Anda pecinta musik yang menonjolkan suara bass atau kualitas suara audiophile yang sebening kristal. Kendati demikian, kualitas suaranya masih nyaman di telinga dan bisa dengan mudah diterima pengguna secara umum.

Berkat rancangannya yang unik dan daya tahan baterai yang cukup panjang, jika tidak keberatan dengan harga jualnya yang dipatok 2,599 juta Rupiah, BackBeat Fit 3100 boleh dipertimbangkan untuk pengguna yang sering olahraga di luar ruangan seperti misalnya pelari atau pesepeda.

Yang canggih:
+ Desain unik
+ Cukup nyaman digunakan
+ Baterai relatif tahan lama
+ Mendukung fitur isi ulang cepat
+ Kualitas suara cukup baik
+ Tahan air dan keringat

Yang kurang:
– Harga relatif mahal
– Tidak ada pilihan ukuran ear tips
– Tidak dilengkapi fitur penangkal bising
– Tidak dilengkapi fitur EQ

Boleh dipertimbangkan untuk pengguna yang sering olahraga di luar ruangan seperti misalnya pelari atau pesepeda.
4

Beri komentar