Melihat dari dekat kamera popup 32 megapixel Vivo V15


Review OPPO R17 Pro: Smartphone Kelas Premium yang Mengandalkan Kamera Dual Aperture dan Desain Gradasi Mewah

4.1
Kamera hebat untuk kelasnya

Fitur canggih tidak harus selalu ditemukan di ponsel flagship yang paling mahal. Itulah yang terjadi dengan OPPO R17 Pro. Walaupun diposisikan di bawah Find X dari sisi spesifikasi dan harga, R17 Pro ternyata memiliki beberapa fitur yang belum ada di Find X.

Fitur-fitur fotografi seperti kamera dengan dua aperture dan Ultra Night Mode ini hadir pertama kali di OPPO R17 Pro. Kedua fitur ini diklaim mampu meluncurkan OPPO R17 untuk menyaingi ponsel flagship yang lebih mahal untuk kemampuan fotografi di malam hari.

Tidak hanya itu saja, ada beberapa fitur menarik lainnya seperti penggunaan chipset Qualcomm Snapdragon 710 yang masih gres, sensor sidik jari di layar serta SuperVOOC Charger. Seperti apa pengalaman kami menggunakan OPPO R17 Pro selama hampir 1 bulan? Berikut ulasannya.

Desain mewah dengan gradasi warna ekstra halus

Walaupun terlihat seperti mengikuti tren casing dengan finishing warna gradasi, bodi belakang OPPO R17 Pro hadir dengan finishing matte (tidak mengkilap) yang halus saat disentuh.

OPPO R17 Pro hadir dengan bodi warna ungu dan biru gradasi. Walaupun sekilas mirip seperti beberapa ponsel yang menggunakan palet warna serupa, bodi belakang R17 Pro ini menggunakan finishing matte yang halus. Selain membuatnya terlihat elegan, R17 Pro juga terasa mewah saat digenggam di tangan.

Kelebihan lainnya, bekas sidik jari akan lebih minim menempel di bodi belakangnya dibanding bodi dengan finishing kilap. Penerapan sensor sidik jari di layar juga membuat bodi belakangnya lebih bersih. Hanya terlihat tiga lensa kamera di bagian belakang, yang tertata rapi vertikal.

Di bagian depan, desain layar nyaris penuh dengan poni bergaya “Waterdrop” masih digunakan. Karena mungil, poninya ini tidak mengganggu saat bermain game atau menonton film.

Dari sisi fisik, OPPO R17 Pro sukses tampil menyegarkan dengan finishing matte dan gradasi warna biru ungu halus yang tidak mencolok. Bahkan menurut saya, finishing matte R17 Pro ini bahkan lebih baik dibandingkan OPPO Find X yang mengkilap dan mudah kotor.

Kencang dan irit daya

OPPO R17 Pro merupakan smartphone pertama yang menggunakan chipset Qualcomm menengah atas, yaitu Snapdragon 710. Baik hasil benchmark maupun pemakaian menunjukkan kinerja prosesor ini masih di bawah Qualcomm Snapdragon 845. Tapi hal tersebut tidak perlu dicemaskan sebagian besar pengguna yang doyan main game di smartphone.

Pada penggunaan sehari-hari, perbedaan performa hanya terasa untuk beberapa aplikasi saja, seperti beberapa game yang memiliki grafis kompleks dan dijalankan pada tingkat grafis tertinggi. Untuk game populer seperti PUBG Mobile, OPPO R17 Pro mampu menjalankannya dengan lancar di setting grafis HD.

Untuk navigasi, memotret dan merekam video, beralih aplikasi serta menjalankan aplikasi lainnya, performa Snapdragon 710 amat baik. Secara umum, performanya akan memuaskan sebagian besar pengguna smartphone Android.

Satu kelebihan OPPO R17 Pro dengan prosesor Snapdragon 710 adalah efisiensi konsumsi dayanya. Dipadukan dengan pengisian baterai super cepat dari OPPO yaitu SuperVOOC Flash Charge, R17 Pro dapat digunakan seharian. Dengan pola penggunaan sering memotret, merekam video, merambah Internet dan mengakses media sosial, ponsel ini bisa bertahan hingga 15 jam.

Mengisi baterai dari 3% hingga 100% dapat dituntaskan sekitar 35 menit. Pengisian cepat ini juga aman. Tidak ada panas berlebihan yang dirasakan saat mengisi baterai R17 Pro. Jika hanya punya waktu mengisi baterainya selama 5 menit, setidaknya Anda bisa menggunakannya untuk menelpon hingga 2 jam. Hanya saja, fitur Super VOOC Flash Charge ini hanya bisa aktif jika Anda menggunakan charger aslinya.

OPPO R17 Pro dilengkapi pemindai sidik jari di bawah layarnya. Dari pemakaian sehari-hari, performanya cukup cepat dan akurat meskipun belum bisa sejajar dengan sensor sidik jari fisik.

Kualitas layar AMOLED yang dipakai R17 Pro juga prima, sejajar dengan ponsel flagship lain yang menggunakan teknologi serupa. Menonton film di layar R17 Pro menjadi aktivitas yang menyenangkan berkat semburan warna-warni yang jernih dan tersaturasi dengan baik. Alunan suara dari speaker internalnya juga lantang dan jernih. Tidak ada jack audio, sehingga Anda harus menggunakan headphone atau speaker wireless atau yang memiliki koneksi USB Type C.

Kamera juara siang malam

Salah satu fitur andalan OPPO R17 Pro adalah kemampuannya menangkap foto yang jelas di kondisi minim cahaya atau malam hari. Bahkan OPPO telah menyematkan fitur Ultra All Night Mode secara khusus agar kamera R17 Pro dapat menghasilkan foto malam hari yang amat baik.

Berikut beberapa hasil foto OPPO R17 Pro dalam kondisi minim cahaya tanpa proses penyuntingan sama sekali.

OPPO R17 Pro

IMG20181206191414

Penggunaan Night Mode juga otomatis menangkap momen malam hari dalam mode HDR. Berikut perbedaan Night Mode dan mode otomatis biasa saat memotret malam hari.

IMG20190104212803
IMG20190104212756

Walaupun tidak digadang-gadang sebagai smartphone selfie, kamera depan OPPO R17 Pro mampu menghasilkan swafoto yang amat baik di kondisi minim cahaya sekalipun seperti contoh berikut.

IMG20180102184521

IMG20180102184700

IMG20190103180405

Tidak lupa OPPO memasukkan beberapa fitur simulasi pencahayaan untuk foto selfie lebih kreatif. Menilik fitur dan hasil foto selfie, OPPO R17 Pro merupakan ponsel OPPO dengan kamera selfie terbaik sejauh ini.

Dari pengujian kami selama lebih dari sebulan, bisa dibilang kamera OPPO R17 Pro mampu menghasilkan hasil foto yang amat baik di segala kondisi. Menariknya, hasil foto R17 Pro mampu mengunggulinya kakaknya yang lebih mahal, Find X.

Untuk koleksi hasil foto dari OPPO R17 Pro, yang tidak melalui penyuntingan, bisa dilihat di akun Flickr resmi YANGCANGGIH.COM.

Ponsel premium yang unggul dari sisi kamera

Dengan harga jual resmi Rp8.999.000 (setelah cashback 1 juta rupiah), R17 Pro merupakan ponsel termahal kedua OPPO di Indonesia setelah Find X. Jika dilihat dari sisi spesifikasi umum seperti prosesor, RAM, memori internal, OPPO R17 Pro akan terasa terlalu mahal untuk harganya. Pasalnya ada beberapa model pesaingnya yang dijual lebih murah dengan SoC Qualcomm Snapdragon 845 yang memiliki performa lebih tinggi dibandingkan Snapdragon 710 milik R17 Pro. Padahal, performa Snapdragon 710 juga lebih dari mumpuni untuk sekedar main game dengan bonus penggunaan daya yang efisien.

Namun jika dilihat dari sisi fitur kamera, harga OPPO R17 Pro akan terasa kompetitif. Ini mengingat fitur fotografi yang dimiliki R17 Pro hanya akan ditemukan di ponsel kelas flagship dengan harga di atas 10 juta rupiah. Bahkan OPPO R17 Pro merupakan ponsel dengan kamera berlensa dual-aperture paling terjangkau saat ini, di bawah harga Samsung Galaxy S9 dan Note 9.

Jadi untuk siapakah OPPO R17 Pro? Jika Anda tidak keberatan dengan performanya yang sebenarnya masih amat memadai bagi sebagian besar pengguna, dan lebih mementingkan hasil foto atau membutuhkan ponsel dengan kamera yang jago di malam dan siang hari, maka OPPO R17 Pro akan menjadi pilihan yang baik.

Yang canggih:
+ Finishing matte yang mewah dan anti sidik jari
+ Hasil foto kamera belakang amat baik, termasuk di kondisi minim cahaya\
+ Fitur fotografi lengkap dan mudah digunakan
+ Daya tahan baterai cukup lama
+ Pengisian baterai yang tercepat saat ini
+ Performa kencang untuk main game, walaupun bukan yang terbaik di kelasnya
+ Hasil foto selfie amat baik dengan sensor HDR yang efektif

Yang kurang:
– Tidak bisa memilih setting aperture secara manual
– Terlihat efek penajaman pada hasil foto dengan Night Mode (hanya terlihat di monitor ukuran besar)
– Harga lebih tinggi dibandingkan kompetitornya dengan SoC lebih kencang
– Sensor sidik jari di layar kurang cepat, jika dibandingkan sensor sidik jari konvensional

Jadi untuk siapakah OPPO R17 Pro? Jika Anda tidak keberatan dengan performanya yang sebenarnya masih amat memadai bagi sebagian besar pengguna, dan lebih mementingkan hasil foto atau membutuhkan ponsel dengan kamera yang jago di malam dan siang hari, maka OPPO R17 Pro akan menjadi pilihan yang baik.
4.1
Kamera hebat untuk kelasnya

Beri komentar