Melihat dari dekat kamera popup 32 megapixel Vivo V15


Mencermati Perkembangan Teknologi Fotografi pada Kamera Smartphone OPPO

Selama mengembangkan teknologi pada smartphone garapannya, OPPO selalu menjadikan sektor fotografi sebagai salah satu fokus utama. Bisa dibilang, OPPO memang memiliki ketertarikan khusus pada bidang ini.

Tidak heran jika dari tahun ke tahun teknologi kamera pada smartphone OPPO semakin canggih. Tercatat, sejak tahun 2012, sudah ada banyak perkembangan yang berhasil dibuat oleh OPPO. Yuk, kenali lebih jauh seperti apa perkembangan teknologinya!

Beauty Selfie

Harus diakui bahwa OPPO termasuk pelopor smartphone selfie di dunia. Sederet produk OPPO dari dulu hingga sekarang dibekali kamera depan dengan kualitas yang mumpuni dan disukai oleh para penggunanya, terutama kaum hawa.

Ini karena OPPO memiliki teknologi Beauty Selfie yang dapat mempercantik hasil foto sehingga wajah terlihat lebih tirus dan kulit lebih halus. Bagi yang belum tahu, teknologi ini pertama kali meluncur lewat OPPO Ulike 2 pada tahun 2012 lalu.

Seiring berjalannya waktu Beauty Selfie juga semakin berkembang. Di tahun 2017 OPPO mulai menambahkan kecerdasan buatan (AI) pada teknologi ini. Perangkat R11 tercatat yang pertama kali yang diberikan kemampuan untuk mengenali wajah pengguna berdasarkan jenis kelamin, usia, warna kulit dan jenis kulit untuk fitur percantik wajah yang lebih cerdas.

Pada 2018, saat perilisan Find X, OPPO kembali menanamkan teknologi 3D Structured light untuk fitur fitur swafoto cantik dan foto portrait secara 3 dimensional.

Pure Image Engine

Dirilis pertama kali di tahun 2013 melalui OPPO N1, Pure Image Engine kemudian diperbaharui ke versi 2.0 melalui perangkat Find 7 di 2014. Dengan teknologi ini, Find 7 dapat secara otomatis menyesuaikan skema warna dengan kondisi saat mengambil foto.

Bukan cuma itu, dikombinasikan dengan inovasi teknologi yang terdapat pada Find 7, Pure Image 2.0 dapat menghasilkan foto berkualitas tinggi melalui fitur Ultra HD yang dapat menghasilkan foto dengan detail tinggi dengan mengkombinasikan beberapa foto.

Rotating Camera

Selain Pure Image Engine, OPPO N1 juga menjadi catatan sejarah OPPO dalam menghadirkan teknologi fotografi lainnya, yakni Rotating Camera dengan kemampuan berputar hingga 206 derajat. Kamera putar ini memiliki desain yang sangat kompleks, terdiri dari 67 komponen yang digabungkan dan dibuat dengan 100.000 kali pengujian untuk menghindari mailfungsi pada kamera yang berputar.

Smart Sensor OIS

Selanjutnya ada Smart Sensor OIS, teknologi yang menggunakan sistem anti guncangan dengan 3 sumbu. Sistem yang diluncurkan pada MWC 2016 berbasis pada sensor, bukan lensa seperti kebanyakan smartphone lainnya. Keuntungannya, akurasi menjadi lebih tinggi, konsumsi daya lebih rendah, dan pastinya lebih cepat.

Dual PDAF

Di tahun 2016 OPPO merilis R9 dengan sensor Sony IMX398. Yang menarik, sensor ini mengadopsi sistem Dual PDAF untuk menggandakan kemampuan focusing dari masing–masing pixel sehingga meningkatkan kecepatan akurasi fokus hingga 40 persen dan mengurangi resiko pemotretan dengan hasil yang blur.

Dual 20 Megapixel Front and Rear Camera

Di tahun 2017, OPPO R11 mengalami peningkatan pada sisi kamera depan dan kamera utama dengan resolusi 20 Megapixel. Kamera belakangnya ada dua, dengan kombinasi 16 Megapixel kamera wide angle dan 20 Megapixel kamera telephoto. Untuk kamera depan, ada sensor 20 Megapixel dengan lensa wide angle.

Ultra Night Mode

Nah, mungkin untuk fitur yang satu ini masih sangat familiar karena barus saja hadir bersama dengan OPPO R17 Pro di tahun 2018 lalu. Sesuai namanya, Ultra Night Mode memudahkan penggunanya untuk menghasilkan foto yang bagus di malam hari, atau pada kondisi cahaya yang minim.

Mode ini dikombinasikan dengan kehadiran lensa dual-aperture, yakni f/1.5 dan f/2.4, lengkap dengan OIS untuk menghasilkan mode malam hari dengan hasil foto yang terang, tajam dan kaya warna hanya dengan sekali sentuhan.

5x Lossless Zoom

Teknologi yang diperkenalkan pada ajang MWC 2017 ini terinspirasi dari mekanisme zoom berbasis periskop. Dikombinasikan dengan kamera ganda dan perangkat lunak pemrosesan gambar dengan presisi tinggi, hasilnya adalah sebuah terobosan kamera zoom yang sangat memungkinkan untuk dipasang pada smartphone dengan bodi tipis.

10x Lossless Zoom

Pada ajang MWC 2019 Barcelona, OPPO menjadikan 10x Lossless Zoom sebagai pameran utama mereka. Bisa dibilang, ini adalah peningkatan yang cukup signifikan dari teknologi serupa yang mereka kembangkan sebelumnya.

Teknologi 10x lossless zoom mengkombinasikan lensa dengan sudut lebar, kamera utama super jernih dan lensa telephoto yang menghadirkan kemampuan pengambilan gambar telephoto dan sudut lebar pada satu perangkat.

OPPO juga akan menyematkan teknologi OIS pada kedua lensa tersebut. Perangkat ini akan menghasilkan gambar yang jernih dan hasil foto yang lebih tajam dan mengurangi blur.

Itulah sederet perkembangan teknologi fotografi yang dirancang oleh OPPO. Sangat menarik untuk menantikan fitur canggih seperti apa lagi yang akan dibuat oleh OPPO di tahun-tahun mendatang demi meningkatkan kualitas kamera di smartphone garapannya. Penasaran, ‘kan? Agar tidak ketinggalan informasi, ikuti terus berita-berita terbaru tentang OPPO di Yangcanggih.com!

Beri komentar