Mobile GadgetReviewSmartphone

Review OPPO A7: Perpaduan Desain Menawan, Kamera Selfie Mumpuni, dan Baterai Tahan Lama

Cek Harga

OPPO saat ini bisa dibilang memiliki lini produk yang komplit untuk bersaing di ranah smartphone Android di Indonesia. Selain F9 di kelas menengah dan R17 Pro di kelas atas, OPPO memiliki satu produk menarik lainnya yang dibanderol lebih murah. Ya, apalagi kalau bukan A7.

Bagi yang belum tahu, OPPO A Series diposisikan sebagai lini produk OPPO yang paling terjangkau di Indonesia saat ini. Meski begitu, OPPO A Series tetap mengedepankan desain yang fashionable dan pengalaman penggunaan perangkat yang mudah serta sistem operasi yang ringan.

Menarik, ‘kan? Kalau ingin tahu lebih lanjut seperti apa pengalaman yang ditawarkan oleh OPPO A7, langsung saja simak ulasan lengkap kami di bawah ini!

Desain elegan, cocok untuk pria dan wanita

Bukan OPPO namanya jika tidak menjadikan sektor desain sebagai perhatian utama mereka. Walaupun A7 dijual dengan harga yang lebih murah dibanding seri lainnya yang ada di pasaran saat ini, OPPO tetap menyajikan desain yang bagus dan elegan.

Dari depan, OPPO A7 tampil modern dengan layar besar berukuran 6,2 inci yang memiliki poni kecil bergaya tetesan air di atasnya. Poni tersebut hanya diisi oleh kamera selfie 16 megapixel dan sensor. Sekadar informasi, OPPO A7 adalah seri A pertama yang memakai desain waterdrop screen seperti ini.

Dipadukan dengan bezel yang tipis, smartphone ini memiliki rasio screen-to-body 88,4 persen. Yang tidak kalah penting, layar tersebut sudah dilindungi oleh kaca Corning Gorilla Glass agar tidak mudah tergores.

Namun yang membuat desain OPPO A7 terlihat menonjol di kelasnya adalah cover belakangnya yang memukau. OPPO mengedepankan 3D heat-curved sheet dan pola jeruji pada tekstur penutup belakang, dengan pilihan warna Glaze Blue dan Glaring Gold yang netral sehingga cocok digunakan baik oleh pria maupun wanita.

Kerennya lagi, karena memiliki finishing yang mengkilap, bodi belakang OPPO A7 akan terlihat berubah-ubah sesuai dengan sudut cahaya. Misalnya pada varian Glaze Blue yang kami review kali ini. Jika dilihat dari samping, warna Glaze Blue kadang terlihat seperti biru tua, tapi juga kadang terlihat seperti hijau tua.

Soal kenyamanan, dimensi OPPO A7 cukup pas di genggaman tangan dan mudah dioperasikan dengan satu tangan. Cover belakangnya terasa halus tapi tidak licin. Bodinya juga tipis, hanya 8,1mm, dengan bobot 158 gram. Ini artinya, cocok untuk dimasukkan ke saku celana.

Terakhir soal ketersediaan slot. OPPO A7 mempunyai tiga buah slot sekaligus, yakni dua untuk SIM-card dan satu khusus untuk microSD. Port yang digunakan adalah microUSB, yang letaknya berdampingan dengan lubang speaker dan audio jack 3.5mm.

Layar besar dengan tingkat kecerahan tinggi

Seperti disebutkan di atas, OPPO A7 hadir dengan layar berukuran 6,2 inci. Panelnya IPS, dan resolusinya HD. Yang menarik, OPPO memberikan lapisan anti refleksi tambahan sehingga tingkat kecerahan layarnya meningkat hingga 35 persen.

Ini artinya, layar OPPO A7 akan terlihat lebih terang dan nyaman dipandang di bawah sinar matahari. Tampilan warnanya juga cukup kaya dan mampu menyajikan beragam konten mulai dari foto, video, dan games dengan cukup baik.

OPPO tidak lupa menanamkan fitur bernama Night Shield. Bagi yang belum tahu, fitur ini berguna untuk meminimalisir emisi cahaya biru, sehingga layar OPPO A7 tidak membuat mata cepat lelah khususnya ketika digunakan di malam hari atau ruangan yang gelap.

ColorOS 5.2: Ringan dan efisien

OPPO A7 mengadopsi sistem operasi ColorOS 5.2, alias yang terbaru, berbasis Android 8.1 Oreo. Pengalaman yang ditawarkan kurang lebih sama dengan smartphone OPPO lainnya, yakni praktis dan terasa ringan.

Menurut OPPO, ColorOS 5.2 memang didesain agar lebih pintar, lebih efisien, dan nyaman digunakan. Secara default, Anda akan disuguhkan tampilan dan App Drawer. Semua aplikasi bisa diakses dengan hanya menggeser layar ke kanan dari halaman Home.

Asyiknya lagi, ColorOS 5.2 juga memiliki Smart Bar yang mendukung multitasking. Dengan fitur ini, Anda bisa dengan mudah berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya secara cepat. Tidak hanya itu, ColorOS 5.2 juga sudah mendukung fitur Music on Display.

Fitur-fitur khas OPPO lainnya seperti ‘Start Recording Screen’ dan Quiet Time tetap tersedia. Untuk urusan keamanan, Anda bisa memanfaatkan sensor sidik jari di belakang atau menggunakan fitur Face Unlock. Game Space? Ada! Anda bisa bermain dengan nyaman tanpa terganggu notifikasi yang masuk, serta performa grafisnya pun bisa diakselerasi.

Kamera selfie bagus di kelasnya

OPPO A7 dibekali dengan kamera belakang ganda yang terdiri dari sensor utama 13 megapixel f/2.2, yang ditemani sensor kedua 2 megapixel untuk mendukung mode bokeh. Di depan, Anda disuguhkan kamera selfie 16 megapixel f/2.0 yang tentunya menjanjikan tangkapan gambar yang bagus.

Lalu, bagaimana hasil fotonya? Untuk kamera belakangnya menurut kami cukup oke. Bukan yang terbaik di kelasnya, tapi bisa diandalkan untuk mengabadikan berbagai momen sehari-hari. Foto yang dihasilkan cukup tajam dengan reproduksi warna yang lumayan akurat di kondisi cahaya yang mencukupi. Tapi untuk low light, detail akan sedikit menurun karena peredaman noise.

IMG20181204152019

IMG20181128135459

IMG20181214123242

Beralih ke kamera selfie-nya. OPPO memang dikenal cukup jago dalam meracik kamera depan pada smartphone garapannya, agar mampu menghasilkan foto selfie yang layak dipamerkan ke media sosial. Dan pada A7 ini, OPPO kembali membuktikan dominasinya tersebut.

Hasil foto dari kamera selfie terlihat bagus dengan akurasi warna yang juga oke. Sama seperti smartphone selfie OPPO sebelumnya, Anda bisa menambahkan mode seperti HDR atau portrait saat memotret dengan kamera depan. AI Beauty akan secara agresif memperhalus foto Anda agar terlihat lebih cantik tapi tetap tidak menghilangkan kesan natural.

IMG20181214151831

Serunya lagi, kamera selfie OPPO A7 juga memiliki mode AR Stickers. Dengan beragam pilihan stiker yang tersedia, foto selfie Anda akan menjadi lebih seru dan menyenangkan. Penasaran bagaimana hasilnya? Langsung saja lihat beberapa foto di bawah ini.

IMG20181214152229

IMG20181214152232

Selain berbagai foto di atas, Anda yang ingin tahu lebih lanjut tentang kualitas kamera OPPO A7 dapat mengakses koleksi foto kami yang lebih lengkap di akun Flickr Yangcanggih.com.

Performa lumayan untuk kebutuhan sehari-hari

OPPO A7 dipersenjatai SoC Qualcomm Snapdragon 450 octa-core yang ditemani dengan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB (lengkap dengan slot microSD terpisah). Kombinasi yang di atas kertas terkesan kurang menggiurkan jika Anda adalah seorang gamer.

Padahal, untuk menunjang kebutuhan sehari-hari dan menjalakan berbagai aplikasi standar, performa yang diberikan oleh OPPO A7 sudah lebih dari cukup. Untuk main games pun bukan berarti tidak mungkin, hanya saja, pengalaman yang ditawarkan tergantung pada game apa yang Anda jalankan.

Judul-judul populer seperti Mobile Legends dan Clash Royale bisa dimainkan dengan lancar, tanpa ada kendala berarti. Untuk PUBG Mobile pun masih bisa, tapi dengan catatan, grafis berada pada pengaturan terendah dan Anda harus sabar jika sesekali terasa penurunan frame rate di kondisi tertentu.

Untuk lebih menjelaskan seperti apa performa dari OPPO A7, langsung saja simak hasil pengujian dari beberapa aplikasi benchmark di bawah ini:

Baterai besar dan awet

Selain desain dan kamera selfie, inilah sektor yang menjadi andalan dari OPPO A7. Smartphone ini dibekali baterai dengan kapasitas yang besar, yakni 4230 mAh. Di atas kertas, kapasitas tersebut sangat memungkinkan untuk menunjang aktivitas Anda seharian penuh.

Terbukti, selama pengujian kami juga merasakan baterai OPPO A7 sangat awet. Dengan gaya pemakaian normal, tidak ada masalah untuk menggunakan OPPO A7 sejak pagi hingga malam hari tanpa harus mengisi daya di tengah jalan.

Tentunya hal itu juga dibantu oleh hardware OPPO A7 yang memang tidak boros baterai, seperti SoC Snapdragon 450 dan layar HD+, serta software ColorOS 5.2 yang efisien. Ketika butuh mengisi daya, proses charging-nya juga tidak terlalu lama, hanya sekitar 2 jam saja agar sampai ke 100 persen dari kondisi di bawah 10 persen.

Kesimpulan

OPPO A7 mungkin tidak ditujukan untuk semua orang. Meski begitu, secara keseluruhan menurut kami OPPO A7 adalah smartphone yang cukup bagus, khususnya pada sektor desain, kamera, dan daya tahan baterainya.

Dari segi hardware pendukung performa, smartphone ini memang kurang kompetitif jika dibandingkan dengan lawan-lawannya di kelas harga setara. Namun bukan berarti performanya buruk. Anda tetap bisa menjalankan berbagai aplikasi dengan lancar, termasuk games.

Dibanderol Rp3.299.000, OPPO A7 cocok untuk Anda, pria atau wanita, yang ingin selalu tampil memukau di setiap kesempatan serta gemar selfie dan aktif di media sosial.

Yang Canggih:

  • Desain menawan dan terlihat premium
  • Layar besar dan cerah dengan poni minimalis
  • ColorOS 5.2 yang ringan dan efisien
  • Kamera selfie bagus
  • Mode AR Stickers membuat foto selfie lebih menyenangkan
  • Baterai besar dan tahan lama
  • Triple slot (2 SIM-card dan 1 microSD)

Yang Kurang:

  • Resolusi layar masih HD+
  • Performa kurang bertenaga jika dibandingkan pesaingnya
Spesifikasi OPPO A7
Layar IPS 6,2 inci HD+
SoC Qualcomm Snapdragon 450 octa-core
RAM 4 GB
Memori internal 64 GB
Kamera belakang 13 megapixel f/2.2 + 2 megapixel
Kamera depan 16 megapixel f/2.0
Sistem operasi ColorOS 5.2 (Android 8.1 Oreo)
Baterai 4230 mAh
Fitur Sensor sidik jari, face unlock, AR Sticker
OPPO A7
Smartphone ini cocok untuk Anda yang ingin tampil menawan, doyan selfie, dan hobi eksis di media sosial
Cek Harga

Komentar

Beri komentar

Close