Melihat dari dekat kamera popup 32 megapixel Vivo V15


Tertarik Membeli Honor 8X? Simak Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Honor meluncurkan cukup banyak smartphone terbaru di Indonesia di tahun 2018 lalu. Salah satu yang paling menonjol dan belum lama ini dirilis adalah Honor 8X yang ditujukan untuk pasar kelas menengah.

Pada review kami sebelumnya, kami menyebut Honor 8X sebagai salah satu opsi paling menarik di kelas harganya. Apa saja kelebihan yang membuat smartphone ini layak Anda lirik, dan apa saja kekurangannya?

Sebelum memutuskan untuk membeli Honor 8X, simak dulu beberapa poin di bawah ini:

Yang Canggih:

1. Desain menawan

Honor 8X memiliki punggung dengan lapisan kaca yang memberikan dua efek berbeda ketika terkena cahaya. Dipadukan dengan warna-warna yang menawan dan frame berbahan metal, bisa dibilang smartphone ini memiliki tampilan eksterior yang cukup mewah.

2. Layar ekstra lega

onor 8X menawarkan layar besar FullView berukuran 6,5 inci. Resolusinya sudah Full HD+, sehingga tajam untuk menampilkan gambar. Panelnya pun mampu menghasilkan warna yang kaya dan matang (vivid).

Selain itu, layar Honor 8X juga sudah memiliki mode Eye Comfort lengkap dengan sertifikasi TuV Rheinland untuk mengurangi emisi cahaya biru, agar mata tidak cepat lelah saat menatap layar dalam durasi yang lama.

3. Performa oke, memori internal besar

Dari sektor performa, Honor 8X dipersenjatai SoC Kirin 710 12nm dengan CPU 4x 2.2 GHz Cortex-A73 dan 4x 1.7 GHz Cortex-A53. Honor mengklaim, SoC ini punya kinerja single-core 75 persen lebih tinggi dibanding generasi sebelumnya.

Anda juga disuguhkan RAM 4 GB untuk mendukung multitasking, serta ruang penyimpanan 128 GB yang tergolong cukup besar jika dibandingkan dengan para pesaing lainnya di kelas harga yang sama. Perpaduan hardware tersebut menurut kami sudah amat menggiurkan untuk sebuah smartphone dengan harga 4 juta rupiah. Kinerja Honor 8X terbukti mulus, baik untuk menjalankan aplikasi standar maupun game.

4. Kamera dengan dukungan Super Night Shot

Honor 8X dipersenjatai kamera belakang ganda yang terdiri dari 20 megapixel f/1.8 + 2 megapixel. Seperti kebanyakan kamera smartphone masa kini, Honor 8X juga dilengkapi dengan dukungan AI yang mampu mengenali lebih dari 500 skenario dalam 22 kategori.

Hasil foto Honor 8X (5)

Hasil foto Honor 8X (4)

Hasil foto Honor 8X (6)

Tapi yang paling menarik, kamera ini punya mode bernama Super Night Shot yang dapat mengurangi dampak tangan yang bergetar (goyang) pada foto long-exposure, dan mendukung sistem stabilization multi-frame. Mode yang menurut kami sangat cocok digunakan saat memotret di tempat gelap.

5. Baterai tahan lama

Honor 8X dibekali baterai dengan kapasitas 3750 mAh. Terkesan tanggung karena beberapa lawannya sudah mengandalkan 4000 mAh. Walaupun demikian, harus diketahui bahwa data di atas kertas tidak selalu mencerminkan pengalaman yang ditawarkannya.

Terbukti, selama kami mencobanya, Honor 8X bisa menyala selama seharian penuh dengan gaya pemakaian normal. Jika Anda termasuk orang yang kurang terlalu aktif dengan smartphone, kami yakin daya tahan baterainya bisa mencapai 2 hari.

Yang Kurang:

1. Bodi mudah kotor

Sayangnya meski terlihat cantik dan sedap dipandang, bagian punggung dari Honor 8X amat mudah kotor oleh sidik jari. Solusinya Anda bisa memasang softcase yang sudah termasuk dalam paket penjualannya.

2. AI kamera kurang konsisten

Kemampuan AI pada kamera Honor 8X bisa dibilang belum terlalu sempurna karena terkadang hasil fotonya sedikit kurang konsisten. Kami beberapa kali menemui hasil jepretan dengan warna yang terlalu matang, sehingga tampak kurang natural. Di konsidi tertentu kami justru lebih suka menonaktifkan AI kameranya.

3. Belum dibekali NFC

Memang Honor 8x bukan satu-satunya smartphone di harga 4 juta rupiah yang belum memiliki NFC. Namun akan jauh lebih menarik jika fitur tersebut sudah tersedia karena belakang semakin banyak pengguna yang membutuhkannya, misalnya untuk mengecek dan mengisi ulang saldo e-money.

Beri komentar