Mobile GadgetReviewSmartphone

Review Xiaomi Redmi Note 6 Pro: Layar Lebih Besar, Kini Didukung 4 Kamera

Cek Harga

Xiaomi beberapa waktu yang lalu secara resmi meluncurkan Redmi Note 6 Pro. Dibandingkan generasi sebelumnya yang juga meluncur di tahun yang sama, Redmi Note 6 Pro menawarkan beberapa perubahan baik dari tampilan eksterior hingga fitur yang dibenamkan.

Penasaran apa saja keunggulan dari smartphone? Langsung saja simak ulasan lengkap kami:

Desain lebih modern

Redmi Note 6 Pro masih mengusung DNA khas Xiaomi yang sama dengan berbagai smartphone mereka, terutama dari keluarga Redmi. Meski begitu, berbeda dengan Redmi Note 5, Redmi Note 6 Pro kini tampil lebih modern.

Layarnya sedikit lebih besar, yakni 6,26 inci. Namun yang menarik, dimensinya secara keseluruhan tidak banyak berubah dan menurut kami masih lumayan ramping karena bezelnya yang tipis, dan memiliki ratio screen-to-body mencapai 81,1 persen.

Satu hal yang paling membedakan Redmi Note 6 Pro dengan pendahulunya jika dilihat dari depan adalah keberadaan notch pada layar. Ukuran notch atau poni ini cukup besar, kurang lebih mirip dengan Pocophone F1.

Dari segi material Redmi Note 6 Pro terlihat baik karena tetap mengandalkan metal dengan balutan warna yang membuatnya terkesan premium. Varian yang kami review adalah yang berwarna Rose Gold.

Di bagian belakang, Anda akan menemukan kamera ganda dengan lensa yang menonjol melebihi bodinya. Sensor sidik jari juga ada di sini. Selebihnya tidak ada yang spesial, masih mirip dengan Redmi Note 5.

Soal pengoperasian, Redmi Note 6 Pro terasa cukup nyaman dioperasikan dengan satu tangan. Sayangnya punggungnya terasa agak licin dan kami sarankan Anda memasang softcase yang sudah tersedia dalam paket penjualan.

Xiaomi Redmi Note 6 Pro masih menggunakan port microUSB, belum Type-C. Ketersediaannya slotnya hanya dua dengan konsep hybrid. Artinya, Anda harus memilih antara memasang dua SIM-card atau satu SIM-card dengan satu microSD.

Layar tajam dan sedap dipandang

Seperti disebutkan di atas, Redmi Note 6 Pro menawarkan layar besar berukuran 6,26 inci. Resolusinya Full HD+ dengan aspect ratio 19:9. Kombinasi yang sudah memuaskan untuk sebuah smartphone kelas mainstream.

Kualitas layarnya sendiri amat baik. Tajam dan keluaran warnanya sedap dipandang. Tingkat kecerahannya juga tergolong tinggi sehingga masih cukup nyaman untuk dipandang di bawah sinar matahari.

Asyiknya lagi, layar Redmi Note 6 Pro sudah langsung terlindungi oleh kaca Gorilla Glass. Selain itu, jika Anda termasuk pengguna yang tidak terlalu menyukai layar berponi, Xiaomi menyediakan opsi untuk menyembunyikan notch tersebut melalui menu Settings.

Sedikit membahas audionya, tidak ada yang spesial dari kualitas yang ditawarkan smartphone ini. Speaker internalnya cukup lantang dan jernih, sehingga lumayan untuk sekadar menemani Anda bermain games atau menonton video.

MIUI 10

Untuk urusan sistem operasi, Xiaomi Redmi Note 6 Pro sudah mengadopsi MIUI 10, alias yang terbaru, tapi masih berbasis Android 8.1 Oreo. Belum ada informasi kapan update ke Android 9.0 Pie akan tersedia.

User interface MIUI 10 sendiri sesungguhnya tidak banyak berubah. Anda masih disuguhkan tampilan menu tanpa App Drawer secara default. Selain itu, fitur-fitur bawaan seperti Second Space untuk membuat ruang terpisah layaknya menggunakan dua ponsel juga tetap ada.

Walaupun terasa ringan dan asyik untuk dijelajahi, tidak dapat dipungkiri bahwa MIUI 10 cukup boros RAM. Dari kapasitas 3 GB yang dibenamkan, Redmi Note 6 Pro hanya menyisakan sekitar 1,2 GB saja.

Kamera semakin oke

Inilah salah satu nilai jual utama dari Redmi Note 6 Pro. Dibanding generasi sebelunya, smartphone ini kini punya kamera yang lebih menggiurkan karena menawarkan konfigurasi 4 kamera, yakni dua di belakang dan dua di depan.

Di belakang Anda disajikan sensor 12 megapixel + 5 megapixel, yang sudah didukung kemampuan AI Scene Detection untuk mengenali 27 scene yang berbeda dan mengoptimalkan konfigurasi kamera secara otomatis untuk hasil foto yang lebih optimal. Selain itu, hadir juga dukungan AI Portrait 2.0 untuk mengoptimalkan pengambilan foto portrait dengan efek bokeh.

Sementara untuk kamera depan, Redmi Note 6 Pro didukung kamera ganda dengan sensor 20 megapixel + 2 Megapixel. Kamera depannya juga mendapat dukungan fitur AI Portrait Selfie, AI Scene detection, dan AI Beautify untuk hasil foto selfie yang lebih natural di segala kondisi pencahayaan.

Sejauh pengujian kami, Redmi Note 6 Pro masih menjadi salah satu smartphone dengan kamera yang tergolong paling oke di kelas harganya. Tajam dan reproduksi warnanya cukup akurat terutama di kondisi cahaya yang ideal.

IMG_20181121_140824

IMG_20181121_144558

IMG_20181121_142724

IMG_20181121_142302

Dynamic range-nya juga cukup baik jika dibandingkan beberapa pesaingnya. AI memang tidak selalu bisa diandalkan, tapi Anda tetap punya opsi untuk menonaktifkannya. Pemotretan di cahaya minim pun menurut kami lumayan bagus. Tapi untuk urusan bokeh, akan ada kondisi yang membuat hasilnya tidak terlalu rapi, contohnya pada foto di bawah ini.

Hasil foto Redmi Note 6 Pro (1)

Sementara untuk kamera selfie, asalnya cahaya mencukupi hasilnya sangat layak untuk Anda pamerkan di media sosial. Keberadaan kamera kedua di depan membantu Anda untuk menciptakan foto selfie dengan efek bokeh.

Hasil foto Redmi Note 6 Pro (2)

Agar lebih menjelaskan seperti apa kemampuan kamera dari Xiaomi Redmi Note 6 Pro, langsung saja lihat koleksi foto yang lebih lengkap di akun Flickr resmi Yangcanggih.com.

Performa baik untuk segala kebutuhan

Xiaomi memang tidak melakukan perubahan pada sektor hardware pendukung performa. Sama seperti pendahulunya, Redmi Note 6 Pro masih dipersenjatai SoC Qualcomm Snapdragon 636 yang ditemani RAM dengan opsi 3GB/4GB, serta memori internal 32GB/64GB.

Walaupun sama, tapi menurut kami perpaduan tersebut masih mencukupi untuk mendukung berbagai kebutuhan standar dengan mulus. Untuk gaming pun masih oke. Judul-judul populer seperti Mobile Legends, Asphalt 9, dan PUBG Mobile bisa dijalankan dengan lancar.

Berikut kami sajikan beberapa hasil pengujian menggunakan aplikasi benchmark:

Baterai tahan lama

Salah satu hal yang kami sukai dari Redmi Note 5 adalah baterai 4000 mAh miliknya dengan daya tahan yang amat baik. Pada Redmi Note 6 Pro pun demikian. Dengan kapasitas yang sama, Anda disuguhkan baterai yang mampu menemani aktivitas seharian penuh.

Bahkan jika Anda termasuk pengguna yang tidak terlalu aktif dan hanya menggunakan smartphone untuk chatting dan mengakses media sosial, Redmi Note 6 Pro bisa menyala hingga 1,5 hari! Hasil pengujian menggunakan PC Mark pun amat memuaskan.

Soal waktu pengisian dayanya, dari kondisi di bawah 5 persen Anda membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam untuk membuat baterai terisi penuh 100 persen. Tentunya menggunakan charger bawaan yang ada paket penjualan.

Kesimpulan

Mungkin kehadiran Redmi Note 6 Pro tidak disambut dengan antusiasme yang lebih tinggi dibanding Redmi Note 5 ketika pertama kali diluncurkan di Indonesia. Tapi harusĀ  diakui, Redmi Note 6 Pro adalah smartphone yang menarik di kelas harganya karena menawarkan performa yang cukup baik, baterai yang tahan lama, serta kamera yang bisa diandalkan.

Secara garis besar pengalaman yang ditawarkan Redmi Note 6 Pro memang tidak jauh berbeda. Ini juga disebabkan oleh minimnya perubahan yang ditawarkan, mulai dari chipset yang masih sama dan baterai yang tetap 4000 mAh, Untungya, keberadaan notch dan 4 kamera menjadi nilai plus tersendiri.

Intinya, dengan harga mulai dari Rp2.899.000, produk ini cocok untuk Anda yang mencari smartphone terjangkau untuk menemani berbagai aktivitas setiap hari. Namun bagi Anda yang sudah punya Redmi Note 5, menurut kami tidak perlu upgrade ke Redmi Note 6 Pro dan lebih baik menunggu produk baru selanjutnya saja.

Yang Canggih:

  • Tampilan lebih modern dengan notch
  • Kualitas rancang bangun amat baik dengan material metal
  • Layar tajam dan besar
  • Performa oke untuk beragam kebutuhan
  • Kamera belakang dan depan cukup baik di kelasnya
  • Baterai awet, bisa untuk seharian
  • Sensor sidik jari tergolong cepat dan akurasinya tinggi

Yang Kurang:

  • Bodi bagian belakang agak licin
  • Slot hybrid
  • Akan lebih menarik jika sudah didukung fast charging
Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 6 Pro
Layar 6,26 inci Full HD+ 19:9
SoC Qualcomm Snapdragon 636
RAM 3GB atau 4GB
Memori internal 32 GB atau 64 GB
Kamera belakang 12 megapixel + 5 megapixel
Kamera depan 20 megapixel + 2 megapixel
OS MIUI 10 (Android 8.1 Oreo)
Baterai 4000 mAh
Xiaomi Redmi Note 6 Pro
Cek Harga

Komentar

Beri komentar

Close