Quantcast
2-in-1 notebookKomputerReview

Review HP Spectre x360 13-ap0055tu : Laptop Convertible Mewah yang Lebih Aman

4.7
Termewah untuk kelasnya

Laptop dengan desain 2-in-1 convertible, yang bisa berubah menjadi tablet, semakin diminati. Salah satu laptop jenis ini di kelas premium adalah HP Spectre x360 yang sudah beredar resmi sejak beberapa tahun silam.

Di penghujung tahun 2018, HP kembali mengeluarkan Spectre x360 13 dengan peningkatan spesifikasi dan beberapa perubahan desain. Seperti apa? Berikut kesan kami saat mencobanya dalam waktu singkat.

Warna baru yang unik

Untuk sebuah laptop kelas premium, tampilan fisik adalah hal yang penting. Membedakannya dari laptop convertible lain, HP menerapkan warna baru yaitu Poseidon Blue ke Spectre x360. Warna biru dari Poseidon Blue ini memiliki gradasi yang unik. Dari sudut tertentu, bodi laptop akan terlihat abu-abu tua yang mirip seperti varian warna Dark Ash pada HP Spectre 13.

HP Spectre x360 poseidon blue

Perubahan desain dapat dilihat di sisi samping. Jika sisi samping Spectre x360 memiliki permukaan yang rata, maka HP Spectre x360 versi 2018 ini memiliki permukaan yang terbelah seperti intan (diamond). Tampilan speaker di bawah layar juga berubah, dengan grill lebih besar.

Tapi perubahan desain yang paling kentara ada di dua sudut bodi di dekat engsel layar. Sudut bodi dengan potongan mirip intan ini sekarang menjadi “rumah” untuk tombol power dan konektor USB-C untuk mengisi dayanya.

Selain lebih rapi, penempatan dua port penting dengan sudut berbeda ini juga memberi kemudahan bagi pengguna untuk mematikan / menyalakan dan mengisi baterai laptop.

Charger HP Spectre juga sudah menggunakan kabel kepang yang lebih kuat dan mudah diidentifikasi jika tercampur dengan kabel lainnya.

Keyboard HP Spectre x360 juga nyaman, dengan tombol yang berukuran cukup besar. Respons tombol saat ditekan juga baik, tidak terlalu dalam tapi sudah memadai. Desain touchpad yang melebar juga memberikan kenyamanan ekstra bagi penggunanya, terutama saat melakukan klik tombol kanan dan gestur scrolling.

HP Spectre x360 whiskey lake keyboard

Singkat kata, HP berhasil menerapkan pembaharuan desain menyegarkan tanpa menghilangkan identitas desain Spectre x360 yang ikonik. Bobot bodinya juga masih ringan, sehingga tetap nyaman saat digunakan sebagai tablet.

Daya tahan baterai menembus 20 jam

Salah satu peningkatan yang paling menggembirakan adalah ketahanan baterainya. HP menyebutkan Spectre x360 2018 ini mampu bertahan hingga 22 jam (versi dengan layar Full HD). Dari pengujian singkat saat menggunakannya untuk bekerja dengan koneksi Wi-Fi dan menonton video secara terus menerus, baterainya mampu bertahan hingga sekitar 16 jam.

Tentunya durasi ini sudah amat memadai bagi yang ingin menggunakannya untuk bekerja seharian tanpa repot membawa charger.

Performa dan fitur lebih canggih

Dengan prosesor Intel Core generasi 8 terbaru (Whiskey Lake), performa HP Spectre x360 juga meningkat jika dibandingkan versi sebelumnya. Performanya cukup kencang jika digunakan untuk menyunting foto dan video dengan nyaman, mengingat adanya RAM 16GB dan SSD NVMe 512GB.

Kemampuan gaming termasuk terbatas, mengingat HP Spectre x360 ini memang tidak dirancang untuk keperluan tersebut. Namun sebagai laptop untuk bekerja atau berkreasi, HP Spectre x360 ini memiliki dua fitur canggih yang jarang ditemukan di laptop sekelasnya.

Yang pertama adalah switch untuk mematikan kamera webcam. Cukup geser dan kamera webcam akan tidak aktif. Fitur ini akan jadi penting bagi Anda yang menghargai privasi dan keamanan.

HP Spectre x360 whiskey lake switch
Switch geser di samping untuk mematikan webcam dengan cepat

Sebagai catatan, jika sedang melakukan panggilan Skype dan mematikannya dengan cara ini, Anda harus melakukan reboot untuk dapat mengaktifkan kameranya kembali.

Fitur kedua sebenarnya sudah ada sejak tahun lalu di jajaran HP Elitebook. SureView ini memastikan layar tidak dapat dilihat dari samping.

Mengaktifkan SureView amat mudah. cukup tekan tombol Fn + F1 dan layar akan redup atau terang kembali. Fitur ini juga penting dan berguna bagi Anda yang sering bekerja di tempat umum seperti kafe atau bandara. Kadang seseorang juga bisa mendapatkan data penting dari laptop Anda, hanya dengan melirik dari samping.

Kualitas suara dari speaker internalnya yang digarap bersama dengan Bang & Olufsen juga baik. Selain cukup lantang, suaranya juga jernih saat kami memutar video klip musik atau menonton film di laptop ini.

Untuk tampilan, layar Full HD pada HP Spectre x360 mampu menampilkan visual yang tajam dan terang. HP juga menyertakan Active Pen Stylus di paket penjualannya. Desain penanya sendiri amat mirip dengan pena biasa dan nyaman di genggaman. Menulis atau menggambar di layar dengan pena bawaannya ini dapat dilakukan dengan nyaman dan alami. Amat berguna bagi desainer atau pengguna yang butuh memberikan coretan di layar.

Penyempurnaan yang relevan

Dalam perjalanan untuk menyempurnakan produknya, kadang sebuah brand bisa saja “tersesat”. Tapi itu tidak terjadi pada HP dengan Spectre x360 2018 (Whiskey Lake). Sentuhan desain ala diamond , disertai angular design di sudut bodinya yang belum ada di laptop lainnya, sukses memberikan gairah baru di jajaran notebook premium.

HP Spectre x360 poseidon blue laptop

Tidak hanya itu, daya tahan baterai yang ditingkatkan juga amat relevan bagi sebagian besar pengguna yang memiliki mobilitas tinggi. Dua fitur canggih yang lagi-lagi masih jarang ditemukan di laptop lain, yaitu layar SureView dan switch webcam, akan berguna di kehidupan nyata.

Dengan Spectre x360 2018, HP sekali lagi membuktikan bahwa mereka amat memahami segmen notebook premium. Jadi untuk siapa notebook ini? Bagi Anda yang membutuhkan notebook convertible dengan desain menawan dan tidak pasaran, serta didukung performa kencang dan fitur keamanan lengkap, HP Spectre x360 2018 merupakan pilihan terbaik untuk saat ini.

Yang Canggih:
+ Desain mewah dengan angular design yang unik
+ Performa kencang untuk kebutuhan bisnis dan kreatif
+ Daya tahan baterai amat panjang di kelasnya
+ Keluaran dari speaker B&O jernih
+ Adapter untuk port disertakan
+ Pena stylus aktif yang akurat dan lancar ada di paketnya
+ Layar Sure View & switch kamera memberi keamanan ekstra
+ Kabel charger kepang yang lebih kuat

Yang kurang:
– Bodi mudah menyerap sidik jari yang susah dibersihkan
– Tanpa adapter, port terbatas
– Fitur Sure View hanya di konfigurasi dengan Intel Core i7 dan layar Full HD
– Daya tahan baterai tidak sepanjang klaimnya

[table] Spesifikasi;”HP Spectre x360-13-ap0055tu”
Prosesor;Intel® Core™ i7 8565U
RAM; 16GB DDR4-2400 SDRAM
SSD;”512 GB PCIe® NVMe™ M.2 SSD”
Layar;13,3 inci Full HD IPS dengan Sure View
GPU; Intel UHD Graphics 620
Dimensi;30.88 x 21.79 x 1.45 cm
Bobot;1,32kg
[/table]
HP Spectre x360-13-ap0055tu
Kencang dan mewah
Dengan Spectre x360 2018, HP sekali lagi membuktikan bahwa mereka amat memahami segmen notebook premium. Jadi untuk siapa notebook ini? Bagi Anda yang membutuhkan notebook convertible dengan desain menawan dan tidak pasaran, serta didukung performa kencang dan fitur keamanan lengkap, HP Spectre x360 2018 merupakan pilihan terbaik untuk saat ini.
4.7
Termewah untuk kelasnya

Satu komentar

  1. Jangan beli HP SPECTRE X360.

    Saya pengguna HP SPECTRE X360, mati total. Masalahnya ada pada main board. Ternyata kasus ini sudah banyak yang terjadi. Silahkan googling sendiri. Ada ratusan kasus. Untuk produk HP lain so far tidak ada masalah.

    Harga main board after tax 8jt. Itupun katanya sudah di-discount 25%.

    Harga beli waktu itu 19jt.+ 8jt = 27jt. Ini belum ditambah ketika harus beli laptop pengganti selama masa service.

    Saya suka performa HP tapi tidak untuk produk ini. MUNGKIN, sekali lagi MUNGKIN, HP “belum mampu” di thin notebook.

    Saya hanya tidak ingin teman-teman yang lain mengalaminya. Berbahagialah yang masih dalam warranty sementara seperti saya, 3 bulan pasca garansi biaya yang dikeluarkan sangat mahal.

    Sorry to say, but that’s the fact.

Back to top button