Aksesoris Foto & VideoAksesoris GadgetFoto & VideoMobile GadgetReview

Review Fujifilm Instax Share SP-3 : Lebih Canggih, Bisa Cetak Foto Langsung dari Instagram

Kinerja cetak foto cepat

Cek Harga

Tidak hanya konsisten di produk kamera digital dan kamera instan, Fujifilm juga terlihat terus mengembangkan lini printer portabel Instax Share. Ini terbukti dengan hadirnya Instax Share SP-3 yang menjadi printer foto portabel pertama Fujifilm yang mengusung format film Instax Square.

Desain menarik

Memasuki generasi ketiganya, Instax Share SP-3 datang dengan desain yang terlihat futuristik. Bodinya yang terbuat dari bahan plastik ini patut diakui lebih atraktif jika dibandingkan 2 generasi lawasnya.

Meski portabel Instax Share SP-3 memang tidak bisa masuk ke dalam saku celana dan bukan yang paling ringkas di segmen printer foto portabel. Kendati demikian, dimensinya ini masih relatif ringkas dan tidak akan banyak menyita ruang di dalam tas saat diajak berpergian.

Di sisi kiri kanan atas bodinya terdapat 2 tombol yaitu tombol power dan tombol reprint. Sementara di bagian atas bodinya tempat cetakan foto keluar, terdapat lampu LED untuk indikator baterai dan 10 lampu LED mungil. 10 Lampu LED ini berfungsi sebagai indikator jumlah kertas film yang tersisa untuk mencetak foto.

Sementara di bagian belakangnya, terdapat tombol untuk membuka panel tempat memasang kaset film Fujifilm Instax square. Untuk mengganti kaset filmnya pun bisa dilakukan dengan sangat cepat dan mudah. Di bagian bawah terdapat slot untuk mengakses baterai dan di sisi kiri bawah terdapat port microUSB untuk isi ulang baterai.

Kini bisa cetak foto dari Instagram

Seperti printer portabel lainnya, untuk mencetak foto Anda wajib mengunduh aplikasi Fujifilm InstaxShare di smartphone atau tablet yang tersedia untuk iOS dan Android.

Selain bisa mencetak foto dari memori internal smartphone dan kamera mirrorless Fujifilm, satu pembaruan yang istimewa dari Instax Square SP-3 adalah tambahan fitur mencetak foto dari jejaring sosial. Anda kini dimungkinkan untuk mencetak foto dari Instagram, Facebook, Google Photos ataupun Dropbox.

Saat mencoba mencetak foto dari Instagram, di bagian bawah hasil cetakan foto akan terlihat tag informasi tanggal dan waktu foto diunggah ke Instagram, caption dan jumlah Likes dari foto tersebut. Cukup disayangkan Fujifilm tidak menyediakan opsi untuk menghilangkan tag informasi ini.

Cetak foto cepat

Untuk mencetak foto dengan Instax Share SP-3 juga tidak perlu waktu lama. Satu cetakan foto bisa dihasilkan hanya dalam waktu kurang dari 13 detik. Kendati demikian, seperti menggunakan kamera instan Fujifilm Instax Anda tetap harus menunggu sekitar 1 hingga 2 menit agar cetakan foto terlihat sempurna.

Hasil cetakan fotonya pun memuaskan. Walau tidak bisa mencetak secara detil namun tingkat ketajamannya amat baik. Setidaknya, jika kami bandingkan dengan printer foto portabel lain yang menggunakan teknologi cetak ZINK, Instax Share SP-3 menurut kami lebih unggul dengan tingkat ketajaman dan saturasi warna yang lebih baik.

Untuk berkreasi di aplikasi Fujifilm Instax Share SP-3 juga tersedia beragam pilihan template, fitur penyuntingan foto sederhana, filter warna, dan opsi mencetak kolase atau split.

Baterai tahan hingga sekitar 160 foto

Daya tahan baterai Instax Share SP-3 juga lumayan tahan lama. Menurut Fujifilm, untuk sekali isi ulang baterainya bisa digunakan untuk mencetak hingga 160 foto. Untuk menghemat baterai, jika hanya didiamkan selama sekitar 1 menit, Instax Share SP-3 secara otomatis akan nonaktif. Untuk isi ulang baterainya pun bisa dilakukan dengan mudah lewat port microUSB.

Kesimpulan

Harga jualnya yang di kisaran 2,899 juta Rupiah dan satu pak film Instax Square yang dibanderol 150 ribu Rupiah memang tidak murah. Ini menjadikan satu cetakan foto menggunakan Instax Share SP-3 berada di kisaran 15 ribu Rupiah. Lebih mahal jika dibandingkan menggunakan kertas film Instax biasa yang harganya sekitar 90 ribu untuk 10 lembar kertas foto.

Kendati demikian, Fujifilm Instax Share SP-3 tetap sebuah printer foto portabel yang sangat menyenangkan dan wajib dimiliki untuk pengguna yang masih ingin mencetak foto dari smartphone atau akun jejaring sosial mereka. Hasil cetakan fotonya pun memuaskan dengan tingkat ketajaman dan warna yang amat baik. Apalagi, Instax Share SP-3 bisa mencetak foto dengan format 1:1 menggunakan kertas film Instax Square yang berbeda dengan 2 generasi lawasnya yang menggunakan kertas film Instax biasa.

Yang Canggih:
+ Hasil cetak memuaskan
+ Kinerja cetak foto cepat
+ Bisa cetak foto dari jejaring sosial
+ Opsi cetak foto lengkap
+ Mudah digunakan
+ Baterai cukup tahan lama

Yang Kurang:
– Harga relatif mahal
– Hasil cetak foto lewat jejaring sosial muncul tag informasi

Fujifilm Instax Share SP-3
Printer foto portabel yang sangat menyenangkan dan wajib dimiliki untuk pengguna yang masih ingin mencetak foto dari smartphone atau akun jejaring sosial.
Cek Harga

Komentar

Beri komentar

Close