Melihat dari dekat kamera popup 32 megapixel Vivo V15


Review Realme U1: Smartphone Pertama dengan Prosesor Mediatek Helio P70 Seharga 2 Jutaan Rupiah

4.3
Cek Harga

Meramaikan tren smartphone selfie di Indonesia, Realme menghadirkan ponsel terbarunya yang mengutamakan kemampuan foto selfie. Realme U1 adalah ponsel selfie pertama yang dikeluarkan pabrikan asal China tersebut.

Tapi tidak hanya mengunggulkan kamera depan, Realme U1 juga mengunggulkan performa. Terbukti dengan digunakannya prosesor Mediatek terbaru yaitu Helio P70. Bahkan Realme U1 merupakan ponsel pertama di Indonesia yang menggunakan prosesor Helio P70.

Pilihan warna menarik

Walaupun mengusung spesifikasi yang baru, desain Realme U1 sendiri amat mirip dengan Realme 2 Pro. Perbedaan utamanya terletak pada pilihan warna yaitu Ambitious Black, Fiery Gold dan Brave Blue. Untuk pengujian, unit yang kami pakai adalah versi Fiery Gold. Warna emas muda yang lembut ini memberikan kesan eksklusif dan mewah, melebihi harganya yang ada di angka 2,7 juta rupiah.

Mengingat desainnya yang mirip, ergonomi Realme U1 juga sama seperti Realme 2 Pro. Lapisan akrilik di bodi bagian belakang memberikan efek seperti kaca yang, seperti diprediksi, mudah menyerap bekas sidik jari. Desain halus melengkung di semua sisinya juga membuat nyaman saat menggenggam Realme U1. Dengan bezel atau bingkai layar yang tipis, Realme U1 juga nyaman saat digunakan dengan satu tangan.

Performa terbaik di kelasnya

Seperti disebutkan, Realme U1 merupakan ponsel pertama yang menggunakan chipset terbaru MediaTek, Helio P70. Di atas kertas, chipset ini mampu memberikan performa 13% lebih baik dibandingkan P60. Saat diuji dengan Antutu, nilainya cukup memuaskan dan sekitar 20% di atas nilai Helio P60.

Saat dicoba memainkan game baru seperti PUBG Mobile, Asphalt 9, atau SEGA Heroes, Realme U1 mampu menjalankan semuanya dengan lancar. Pada waktu ponsel bekerja maksimal, tidak terasa rasa panas yang mengganggu keluar dari bodinya.

Penggemar game akan dapat memanfaatkan fitur Game Space. Fitur ini sebenarnya mirip seperti di ponsel merek lain, yaitu untuk mengatur agar aplikasi yang berjalan di latar tidak memakan banyak memori serta mematikan notifikasi aplikasi yang berpotensi mengganggu.

Konsumsi daya juga irit, mengingat Helio P70 sudah menggunakan proses produksi 12nm FinFET. Dengan baterainya yang berkapasitas 3500mAh, kami bisa menggunakannya hingga sekitar 13 jam dengan pola pemakaian normal (browsing Internet, sosial media, memotret dan merekam video cukup sering, serta sesekali bermain games).

Andalkan kamera depan untuk selfie

Peningkatan lain yang dibawa Mediatek Helio P70 bisa ditemukan di ISP yang bertugas menangani foto dan video. ISP Helip P70 dapat mengolah foto hingga 32 megapixel dan menangani perekaman video hingga resolusi 4K. Selain itu, Helio P70 mampu memroses gambar HDR dengan lebih cepat serta mengenali wajah dan kondisi pemotretan dengan lebih akurat.

Dari pengalaman kami, kamera depan Realme U1 mampu menghasilkan foto selfie yang keren. Warna kulit cenderung lebih cerah dibanding warna aslinya, walaupun dalam kondisi AI Beauty dimatikan. Ini bisa jadi kelebihan atau kekurangan bagi sebagian pengguna.

Berikut hasil foto selfie kamera depan Realme U1 tanpa proses penyuntingan.

Realme U1 selfie

IMG20181205130654

Efek Smart Beauty cukup kentara dan kadang efeknya terlalu berlebihan. Tapi sekali lagi, itu tergantung selera pengguna.

Kamera belakangnya telah dibekali Portrait Mode yang dapat memberikan efek bokeh melalui kamera keduanya. Tersedia beberapa efek pencahayaan yang menarik seperti Film Light, Rim Light, Monotone Light dan Bi-Light. Efek ini mirip seperti pada kamera OPPO F9. Berikut contoh hasil foto dengan beberapa efek cahaya di Portrait Mode.

Realme U1

Realme U1

Realme U1

Realme U1

Portrait Mode juga bisa digunakan di obyek non manusia untuk memberikan efek bokeh yang cukup meyakinkan seperti pada contoh foto berikut.

Realme U1

Selain itu, juga ada efek stiker yang imut dan lucu. Efek ini juga ditemukan di ponsel OPPO keluaran terbaru. Pilihan stikernya juga cukup banyak dan bisa diunduh jika ingin menambah. Berikut hasil foto kamera belakang dengan efek stiker.

IMG20181205173132

IMG20181205173151

IMG20181205130708

Untuk memotret dengan kamera belakang di mode biasa, hasil fotonya cukup baik dengan ketajaman dan detail yang terjaga di kondisi cahaya ideal. Warna yang dihasilkan juga matang dengan saturasi dan kontras yang tidak terlalu berlebihan. Berikut beberapa contoh foto kamera belakang Realme U1 dalam kondisi cahaya terang.

IMG20181205131553

Realme U1

Beralih ke kondisi cahaya remang-remang di dalam ruangan, hasil foto kamera belakang Realme U1 masih cukup oke. Noise yang dihasilkan cukup halus dan tidak mengganggu, tapi dengan kompensasi detail yang juga berkurang. Kontras dan saturasi warna tetap terjaga, sehingga warna pada foto tidak terlihat pudar. Hanya saja, akurasi warna kadang melenceng jauh untuk mempertahankan hal itu.

Berikut beberapa hasil foto di kondisi minim cahaya tanpa penyuntingan.

Realme U1

Realme U1

Realme U1

Realme U1

Yang menarik, ponsel seharga 2 jutaan rupiah ini telah dilengkapi Expert Mode. Fitur ini sangat membantu saat memotret di kondisi cahaya gelap. Tentunya pastikan tangan Anda stabil atau gunakan tripod. Berikut beberapa hasil foto malam hari menggunakan Expert Mode langsung dari kamera Realme U1.

Realme U1

Realme U1

Tidak hanya foto, hasil video Realme U1 ternyata cukup lumayan. Berikut hasil video dari kamera depan dan kamera belakang Realme U1.

VID20181205132047

VID20181203184452

Koleksi hasil foto Realme U1 yang lengkap bisa dilihat di akun Flickr resmi YANGCANGGIH.COM.

Secara keseluruhan, kamera depan dan belakang Realme U1 termasuk baik untuk kelasnya. Bahkan kami lebih menyukai hasil foto Realme U1 dibandingkan Realme 2 Pro yang lebih mahal.

Pilihan menarik di kelas harga 2 jutaan rupiah

Sekali lagi konsumen dimanjakan dengan adanya pilihan baru yang menarik di smartphone kelas 2 jutaan rupiah.

Dengan harga 2,5 juta rupiah (3/32GB) dan 2,9 juta rupiah (4/64GB), Realme memberikan sebuah smartphone yang kencang dan nyaman digunakan dengan layar Full HD yang tajam serta kemampuan kamera di atas rata-rata.

Lalu kira-kira siapa yang akan menyukai Realme U1?

Menilik keunggulannya, Realme U1 kami prediksi akan menjadi idola baru di segmen pengguna muda yang membutuhkan ponsel dengan harga terjangkau tapi memiliki fitur dan performa baik. Apalagi dengan kemampuan kamera depannya yang amat baik untuk ponsel sekelasnya. Pengguna yang doyan bermain game tapi memiliki dana terbatas juga akan cocok menggunakan Realme U1.

Yang Canggih:

  • Performa kencang, masih mumpuni untuk main game
  • Warna unik dan menarik
  • Hasil foto selfie baik
  • Efek bokeh pada Portrait Mode cukup meyakinkan
  • Layar Full HD dengan kontras dan kecerahan tinggi
  • Hasil foto kamera belakang termasuk oke
  • Dua slot kartu SIM dan satu slot microSD
  • Harga amat kompetitif untuk spesifikasinya

Yang Kurang:

  • Desain standar, mirip dengan Realme 2 Pro
  • Akurasi warna pada hasil foto saat kondisi gelap kurang
  • Noise mengganggu pada kondisi minim cahaya
  • Efek oversharpening (penajaman) terlihat saat foto di malam hari atau dalam ruangan
  • Beberapa notifikasi dari aplikasi bawaan tidak bisa dimatikan

 

Spesifikasi Realme U1
Chipset Mediatek Helio P70
Layar LTPS IPS 6,4 inci Full HD+ (1080 x 2340 pixel) dengan Corning Gorilla Glass 3
RAM 3GB / 4GB
Memori internal 32GB / 64GB (bisa diperluas dengan microSD hingga 256GB)
Kamera depan 25 MP f/2.0, dengan ukuran sensor 1/2.8" (0.9µm)
Kamera belakang 13 MP, f/2.2 dan 2 MP, f/2.4 (sensor kedalaman)
Baterai Li-Ion 3500mAh
Smartphone selfie yang kencang
Menilik keunggulannya, Realme U1 kami prediksi akan menjadi idola baru di segmen pengguna muda yang membutuhkan ponsel dengan harga terjangkau tapi memiliki fitur dan performa baik. Apalagi dengan kemampuan kamera depannya yang amat baik untuk ponsel sekelasnya. Pengguna yang doyan bermain game tapi memiliki dana terbatas juga akan cocok menggunakan Realme U1.
4.3
Cek Harga

Beri komentar