2-in-1 notebookKomputerLaptopReview

Review HP Envy x360 13: Laptop Langsing Berbasis AMD Ryzen Mobile untuk Pencipta Konten

Ideal untuk pencipta konten
Cek Harga

Salah satu dilema yang dihadapi pencipta konten seperti videografer, video editor, graphic designer, atau ilustrator saat berkreasi adalah memilih alat bantu untuk berkarya. Hal ini juga berlaku saat memilih laptop. Rupanya memilih laptop yang cocok untuk menemani aktivitas para pekerja kreatif bukanlah hal yang mudah. Belum lagi jika salah satu kriteria tidak hanya performa tapi juga desain yang tipis dan ringan.

Ditujukan bagi pencipta konten, HP ENVY x360 13 tampil percaya diri dengan memadukan desain ringkas dengan performa dari platform Ryzen Mobile terbaru dari AMD.

Desain cantik khas jajaran ENVY

Bagi yang mengenal jajaran HP ENVY, pasti tahu bahwa estetika desain selalu diperhatikan. Tradisi tersebut juga diteruskan dengan HP ENVY x360. Saat menyentuhnya, Anda akan dapat mengapresiasi kualitas rancangan HP di ENVY x360.

Bodi aluminium dalam balutan warna abu-abu tua, menampilkan kesan minimalis sekaligus elegan. HP menyematkan nama produk di engselnya, suatu tradisi baru untuk laptop HP.

Tidak hanya tampil cantik, HP ENVY x360 13 juga dirancang untuk tampil kuat. Ini penting mengingat Anda dapat menggunakan ENVY x360 dalam 4 mode penggunaan yaitu laptop, tablet, stand dan tent seperti layaknya laptop convertible yang lain. Selain pada materi bodinya, kekuatan ini juga ditemukan di engselnya yang memiliki mekanisme buka tutup yang halus.

Kenyamanan mengetik juga berhasil diberikan keyboard ENVY x360. Tombolnya memiliki kedalaman yang pas, tidak terlalu dangkal, sehingga cocok digunakan Anda yang bisa mengetik 10 jari dengan cepat. Sentuhan kecil, ukuran tombol navigasi empat arahnya yang ada di pojok kanan bawah termasuk besar sehingga lebih nyaman bagi yang sering menggunakannya.

Fungsionalitas lebih dengan pena stylus

Bobotnya yang hanya 1,3kg amat berpengaruh saat kami menggunakannya sebagai tablet. Dengan bobot yang ringan, HP ENVY x360 13 masih nyaman digunakan saat dipegang dengan satu tangan. Begitu dilipat, keyboard langsung tidak berfungsi. Jadi Anda tidak perlu cemas akan mengetik dengan tidak sengaja dalam mode tablet.

HP telah menyertakan pena stylus aktif di dalam paketnya. Selain responsif dan akurat, penanya ini juga nyaman digunakan. Dari pengalaman, para pencipta konten yang suka menggambar, mewarna atau hanya sekedar ingin menambahkan tulisan tangan akan sangat terbantu dengan pena ini.

Layar sentuhnya sendiri juga amat responsif terhadap sentuhan. Dipadukan dengan pena bawaannya, akurasi saat menggambar cukup baik dan akan memuaskan pengguna kebanyakan. Layarnya juga telah dilapisi Corning Gorilla Glass NBT sehingga lebih kuat menahan benturan dan goresan. Kualitas tampilan dari layar Full HD miliknya juga patut diacungi jempol dengan tingkat kecerahan dan kontras yang baik. Saat memutar film favorit di layar HP Envy x360, kami yakin HP ENVY x360 akan dapat menjadi pusat hiburan yang handal saat pengguna bepergian.

Bicara soal hiburan, semburan suara dari speaker internalnya yang bekerjasama dengan Bang & Olufsen juga patut dipuji. Kualitas suara yang jernih dan relatif cukup nyaring akan dapat dinikmati saat memutar musik dan video, berkat penempatan speaker di bawah layar.

Performa amat baik untuk produktivitas

HP ENVY x360 hadir dalam dua pilihan prosesor dan GPU yaitu varian AMD Ryzen 5 2500U dengan GPU Radeon Vega 8 dan varian AMD Ryzen 7 2700U dengan GPU Radeon RX Vega 10. Kedua varian ini sama-sama telah mengemas RAM DDR4 8GB dan SSD 512GB. Berikut nilai benchmark untuk HP ENVY x360 13 dengan prosesor AMD Ryzen 7 2700U.

Dari pengujian pemakaian sesungguhnya, HP ENVY x360 13 mampu menyajikan performa yang baik saat menjalankan aplikasi produktivitas seperti Adobe Photoshop, Premiere, serta Lightroom. Menyunting foto dan video yang tidak terlalu kompleks dapat dituntaskan dengan lnacar di laptop ini. Bagi yang suka menggambar, kami mencoba menjalankan Autodesk Sketchbook. Hasilnya juga memuaskan, apalagi saat dipadukan dengan pena stylus bawaannya.

Lalu bagaimana dengan bermain game? HP ENVY x360 13 memang tidak masuk kategori laptop gaming, tapi tetap dapat menjalankan berbagai game terbaru dengan baik. Tapi dengan catatan, kualitas grafisnya harus disetel maksimal di tengah dan tidak bisa rata kanan. Game seperti PES 2019 atau Star Control Origins bisa dijalankan dengan baik di tingkat menengah.

Tidak ada panas berlebih saat menggunakan HP ENVY x360. Suara kipas memang agak cukup keras saat laptop bekerja dengan maksimal, tapi tidak sampai merusak mood bekerja. HP juga memasukkan aplikasi khusus yaitu Thermal Profile untuk mengatur performa dan kipas sehingga sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pengguna.

Satu lagi kelebihan Ryzen Mobile terletak pada efisiensi dayanya. HP ENVY x360 13 dapat digunakan hingga sekitar 8 jam untuk menonton video nonstop. Untuk menjalankan aplikasi yang lebih ringan seperti Microsoft Office dan browser, baterainya akan bisa bertahan hingga 9 jam. Gunakan untuk aplikasi lebih berat seperti Photoshop dan Premiere, baterainya bisa bertahan hingga sekitar 5-6 jam. Catatan waktu yang amat baik untuk sebuah laptop setipis ini.

Babak baru AMD di ranah laptop

Satu hal yang menjadi perhatian kami adalah peningkatan yang dimiliki platform Ryzen Mobile. Selain lebih irit daya dibandingkan seri AMD-FX, performanya juga patut diacungi jempol. Disandingkan dengan kepiawaian HP meracik laptop yang berdesain keren, HP ENVY x360 13 merupakan salah satu laptop terbaik HP di tahun 2018.

Namun tentunya juga ada beberapa kekurangan, seperti ketergantungan pada adapter (untungnya telah disertakan) untuk beberapa port, RAM 8GB yang tidak bisa ditingkatkan lagi, serta pilihan warna yang terbatas. Tentunya kekurangan ini cukup minor jika dibandingkan kelebihan HP ENVY x360 13 seperti performa prima, layar kinclong, pena stylus responsif, desain ringan dan keren, serta harga yang cukup kompetitif. Bahkan HP ENVY x360 13 merupakan salah satu laptop dengan SSD 512GB yang paling terjangkau saat ini.

Jadi bagi Anda yang mencari laptop dengan desain ringan dan menawan, serta memperdulikan performa, atau bagi yang butuh laptop untuk menciptakan konten keren di mana pun, HP ENVY x360 13 layak menjadi pertimbangan.

Yang Canggih:

  • Desain mewah dan ringan
  • Performa baik untuk aplikasi produktif
  • Kapasitas SSD besar
  • Kualitas tampilan amat baik
  • Keyboard dan touchpad nyaman digunakan
  • Port cukup lengkap & adaptor sudah disertakan
  • Sudah termasuk pena stylus aktif
  • Harga relatif bersaing

Yang Kurang:

  • Kapasitas RAM tidak bisa ditambah
  • Daya tahan baterai tidak selama klaimnya
Review HP ENVY x360 - 13 (AMD Ryzen 7 2700U)
Namun tentunya juga ada beberapa kekurangan, seperti ketergantungan pada adapter (untungnya telah disertakan) untuk beberapa port, RAM 8GB yang tidak bisa ditingkatkan lagi, serta pilihan warna yang terbatas. Tentunya kekurangan ini cukup minor jika dibandingkan kelebihan HP ENVY x360 13 seperti performa prima, layar kinclong, pena stylus responsif, desain ringan dan keren, serta harga yang cukup kompetitif. Bahkan HP ENVY x360 13 merupakan salah satu laptop dengan SSD 512GB yang paling terjangkau saat ini. Jadi bagi Anda yang mencari laptop dengan desain ringan dan menawan, serta memperdulikan performa, atau bagi yang butuh laptop untuk menciptakan konten keren di mana pun, HP ENVY x360 13 layak menjadi pertimbangan.
Ideal untuk pencipta konten
Cek Harga

Komentar

Beri komentar

Close