Mobile GadgetNewsSmartphone

Qualcomm Snapdragon 855: SoC 7nm dengan Dukungan 5G

Qualcomm baru-baru ini mengumumkan kehadiran SoC kelas premium teranyarnya yang diberi nama Snapdragon 855. Tidak hanya menawarkan performa yang lebih tinggi dibanding generasi sebelumnya, SoC tersebut juga dibekali beragam teknologi yang lebih canggih.

Apa saja peningkatan yang dimiliki oleh Snapdragon 855? Yuk, langsung saja simak:

Sudah mendukung 5G

Dalam rilis pers yang diterima Yangcanggih, Jumat (7/12), Qualcomm menjelaskan bahwa Snapdragon 855 merupakan mobile platform komersial pertama di dunia yang secara kolektif mendukung 5G multi-gigabit.

Snapdragon 855 hadir dengan modem 5G X50. Meski begitu nantinya tidak semua Snapdragon 855 yang dibuat langsung dibekali dengan modem tersebut. Qualcomm tetap memaksimalkan konektivitas 4G multi-gigabit dengan modem LTE Snapdragon X24 yang secara teori mampu memberikan kecepatan download hingga 2 Gbps.

Proses teknologi 7nm

Berbeda dengan Snapdragon 845 yang menggunakan proses teknologi 10nm, Snapdragon 855 kini sudah dibuat dengan proses teknologi 7nm. Tentunya dengan proses 7nm Snapdragon 855 dipercaya dapat lebih hemat daya sekaligus memiliki performa lebih baik.

AI lebih cerdas

Snapdragon 855 didukung oleh generasi keempat multi-core Qualcomm AI Engine yang menawarkan kapasitas total hingga lebih dari 7 trillion operations per second dan 3 kali lipat performa AI dibanding generasi sebelumnya.

Peningkatan di sektor kamera

Snapdragon 855 dibekali ISP terbaru Qualcomm Spectra 380, yang menggabungkan beragam akselerasi perangkat keras dari kapabilitas computer vision (CV), sehingga memungkinkan untuk memberikan fitur komputasi fotografi dan pengambilan video yang lebih canggih.

Yang termasuk dalam CV-ISP ini adalah depth sensing berbasis perangkat keras yang mampu mengambil video, klasifikasi objek, dan segementasi objek di saat yang bersamaan dalam resolusi 4K HDR pada 60fps.

Ini artinya, pengguna dapat merekam video dan di saat yang bersamaan juga mengganti satu objek tertentu ataupun latar belakang di dalam video secara real time dengan resolusi 4K HDR dan pilihan lebih dari 1 miliar warna.

Kryo 485 dan Adreno 640

Snapdragon 855 adalah SoC yang dipersenjatai CPU Kryo 485 octa-core dengan kecepatan hingga 2.84 GHz, dan ditemani GPU Adreno 640. Menurut Qualcomm, SoC ini menawarkan peningkatan performa CPU hingga 45 persen dan peningkatan performa grafis hingga 20 persen dibanding generasi sebelumnya.

Mendukung Qualcomm 3D Sonic Sensor

Snapdragon 855 adalah SoC pertama yang mendukung Qualcomm 3D Sonic Sensor. Ini adalah solusi sidik jari ultrasonik komersial pertama di dunia yang dapat digunakan di bawah layar. Yang canggih, sensor tersebut dapat mendeteksi sidik jari saat tangan basah atau berminyak.

Komentar

Beri komentar

Close