Mobile GadgetReviewSmartphone

Review Asus ZenFone Max Pro M1 6 GB: RAM Lebih Lega, Kamera Lebih Menarik

Cek Harga

Seperti diketahui Asus menyediakan beberapa varian untuk smartphone kelas mainstream andalannya, ZenFone Max Pro M1. Di antara sederet pilihan tersebut, yang paling menggiurkan adalah yang dibekali dengan RAM 6 GB.

Ya, ini adalah varian ZenFone Max Pro M1 paling tinggi yang dijual di Indonesia. Selain memperbesar kapasitas RAM, Asus juga membenamkan konfigurasi kamera yang sedikit berbeda dibanding varian lainnya.

Penasaran seperti apa kecanggihannya? Yuk, langsung saja simak ulasan kami

Catatan: Karena kami sudah pernah mengulas tuntas ZenFone Max Pro M1, pada artikel kali ini kami hanya akan melakukan review singkat dengan fokus pada performa dan kamera saja. Jika Anda ingin membaca penilaian kami terkait desain, layar, dan user interface, langsung saja klik tautan berikut ini.

Lebih asyik untuk multitasking

Sekadar mengingatkan, Asus ZenFone Max Pro M1 dipersenjatai SoC Snapdragon 636 dengan CPU octa-core Kryo 260 yang terdiri dari 4-core performa tinggi dan 4-core hemat daya, serta GPU Adreno 509.

Dipasangkan dengan RAM 6 GB dan memori internal 64 GB, Anda tidak hanya disuguhkan performa yang apik untuk berbagai kebutuhan (termasuk gaming), tetapi juga multitasking yang lebih mengasyikkan.

Ya, RAM yang lebih besar membuat Anda lebih leluasa melakukan banyak hal sekaligus. Selain itu, kapasitas penyimpanan data sebesar 64 GB sudah cukup untuk menampung banyak file. Jika masih kurang, Anda bisa menambahkan microSD.

Lalu, bagaimana efek RAM yang lebih besar ini kepada hasil pengujian menggunakan aplikasi benchmark? Tentu saja. Skor yang dihasilkan menjadi sedikit lebih tinggi, walaupun tidak secara signifikan meningkat jika dibandingkan varian dengan RAM 3 GB. Kalau penasaran, langsung saja simak hasilnya di bawah ini:

Beralih ke urusan daya, Asus masih membenamkan baterai berkapasitas 5000 mAh, sama seperti varian yang lainnya. Snapdragon 636 yang kencang dan hemat daya ditambah baterai 5000 mAh, hasilnya adalah Anda bisa main game lebih lama.

Untuk pemakaian sehari-hari dengan gaya normal, ZenFone Max Pro bisa menyala sampai 2 hari. Hasil pengujian menggunakan aplikasi PCMark di review terdahulu juga amat memuaskan, mencapai lebih dari 15 jam.

Kamera lebih menarik

Berbeda dengan varian di bawahnya yang didukung kamera belakang 13 megapixel + 5 megapixel, ZenFone Max Pro M1 6 GB menawarkan konfigurasi 16 megapixel + 5 megapixel. Sementara untuk kamera depan, meningkat cukup signifikan dari 8 megapixel menjadi 16 megapixel.

Kamera ini dibekali beberapa fitur pendukung, seperti Depth Effect untuk menciptakan efek bokeh, mode HDR, Sports, Flowers, dan pastinya beautify. Bahkan, kamera depannya pun ada Depth Effect sehingga bisa digunakan menciptakan foto selfie bokeh.

Hasil Foto Asus ZenFone Max Pro M1 6 GB (5)

Hasil Foto Asus ZenFone Max Pro M1 6 GB (7)

Hasil Foto Asus ZenFone Max Pro M1 6 GB (2)

Hasil Foto Asus ZenFone Max Pro M1 6 GB (6)

Ya, secara resolusi memang lebih tinggi. Namun apakah hal itu akan membuat hasil jepretan ZenFone Max Pro M1 6 GB lebih baik? Ternyata ya. Kamera belakang smartphone ini lebih tajam dengan kemampuan fokus yang tetap cepat. Di kondisi cahaya yang memadai, hasilnya tergolong cukup baik di kelasnya dan mampu menampikan reproduksi warna yang natural.

Hasil Foto Asus ZenFone Max Pro M1 6 GB (8)

Yang tak kalah menarik adalah kamera selfie-nya. Foto yang dihasilkan jauh lebih tajam dengan warna yang cukup baik pada pemotretan outdoor. Kamera depan ini juga dibekali mode portrait untuk menghasilkan foto dengan efek bokeh, meski hanya berbekal satu kamera saja. Hasilnya lumayan, meski agak kurang akurat memotong antara objek dengan background.

Kesimpulan

Dengan harga yang lebih mahal, Asus ZenFone Max Pro M1 6 GB tetap menjadi opsi yang menarik di kelasnya. RAM yang lebih lega dan peningkatan pada sektor kamera menjadi dua alasan utama untuk lebih memilih varian ini dibanding varian di bawahnya.

Dibanderol 3 jutaan rupiah, Asus ZenFone Max Pro M1 6 GB cocok untuk Anda yang mencari smartphone terjangkau dengan performa mumpuni dan baterai yang tahan lama (5000 mAh).

Yang Canggih:

  • Desain ramping dan elegan, berbahan metal
  • Layar lebar 6 inci Full HD
  • Android 8.1 murni
  • Performa mantap berkat Snapdragon 636
  • Daya tahan baterai memuaskan
  • Kamera tergolong cukup baik di kondisi cahaya memadai
  • Ada slot microSD terpisah (bukan hybrid)
  • Harga amat menarik

Yang kurang:

  • Bodi bagian belakang agak licin
  • Proses charging cukup lama
  • Di sisi lain, penggunaan Android murni membuat banyak fitur menarik khas ZenUI hilang
Asus ZenFone Max Pro M1 6 GB
Dengan RAM yang lebih besar, multitasking pun lebih leluasa
Cek Harga

Komentar

Beri komentar

Close