Acara LokalLiputanMobile GadgetMobile GamingNewsSmartphone

[Hands-On] Kesan Pertama Menggenggam Asus ROG Phone, Ponsel Gaming dengan Sederet Aksesori Keren

Asus Indonesia akhirnya memamerkan smartphone gaming terbarunya yang kabarnya siap masuk ke Tanah Air, yakni ROG Phone. Tidak hanya ponselnya saja, sederet aksesori pendukung gaming pun juga sudah mereka siapkan.

Sebelum diperkenalkan dan dijual resmi di Indonesia, dalam sebuah acara di Jakarta, Selasa (4/12), kami bersama beberapa awak media lainnya terlebih dahulu diberi kesempatan untuk mencoba langsung ROG Phone. Penasaran seperti apa kesan pertama kami? Yuk, langsung saja simak ulasan singkatnya:

Desain keren, khas perangkat gaming

Salah satu cara untuk menyajikan sebuah perangkat kategori gaming adalah dengan menghadirkan desain yang futuristik. Asus ROG Phone demikian. Dilihat sekilas saja, sisi eksterior dari smartphone ini seolah langsung menggambarkan ketangguhannya.

Dari segi konstruksi, ROG Phone tampak solid dengan menggabungkan berbagai material kelas atas. Kedua sisi smartphone ini dilapisi kaca Gorilla Glass dengan desain 2.5D di depan dan 3D di belakang. Jika Anda perhatikan bagian belakangnya, ada desain yang sangat khas pada sisi sebelah kanan yang sekaligus menempatkan lubang ventilasi. Menurut Asus, desain ini terinspirasi dari ‘Tactical Knife’.

Pada bagian belakang Anda juga akan menemukan logo ROG yang bisa menyala karena memiliki lampu LED. Yang lebih menarik, penempatan port USB Type-C untuk mengisi ulang daya terdapat di dua sisi, yakni di bawah dan di samping.

Artinya, ketika Anda bermain game dalam posisi landscape, Anda tetap bisa melakukan charging dengan nyaman karena posisi kabel ada di sisi sebelah bawah dan tidak mengganggu tangan Anda. Port samping ini nantinya juga berguna untuk menghubungkan ROG Phone dengan berbagai aksesorinya.

Sementara di sisi yang satunya (sebelah atas jika Anda memposisikannya landscape) Asus membenamkan dua sensor di kiri dan kanan yang berfungsi sebagai tombol ‘Airtrigger’, untuk memberikan sensasi seperti menggunakan controller konsol. Cocok untuk memainkan game seperti Free Fire atau PUBG Mobile.

Ketika pertama kali mencobanya, kami menyadari ternyata Asus ROG Phone memiliki dimensi yang tidak terlalu besar. Ini akan memudahkan siapa pun menggenggamnya, baik dalam posisi portrait maupun landscape.

Bobotnya pun pas, tidak terlalu berat tapi juga tidak terlalu ringan. Dari segi material sudah tidak perlu diragukan lagi, tangguh namun tetap mengedepankan estetika. Bahkan, Asus mengklaim smartphone ini lebih baik dalam menahan benturan.

Layar 90Hz, SoC super kencang

Selain desain, satu hal yang sangat menarik perhatian kami ketika mencoba smartphone ini adalah layarnya. Ukurannya 6 inci dengan panel AMOLED dan resolusi Full HD+. Namun yang menggiurkan, refresh rate-nya sudah 90Hz, response rate 1ms, mendukung HDR, dan memiliki contrast ratio 100.000:1.

Dengan perpaduan tersebut, layar Asus ROG Phone mampu menyajikan konten dengan jauh lebih baik dibanding layar smartphone biasa, khususnya ketika menjalankan game dengan frame rate tinggi.

Dari sektor audio, Anda disuguhkan speaker stereo yang menghadap ke depan dan terletak tepat di sebelah layar. Asyiknya lagi, ROG Phone sudah mendukung DTS:X Ultra 1.0 untuk memberikan pengalaman 3D Audio pada aplikasi atau game VR/AR, serta dukungan surround sound 7.1.

Untuk urusan performa, ROG Phone mengandalkan SoC Qualcomm Snapdragon 845 dengan kecepatan 2.96 GHz, yang artinya lebih tinggi dibanding Snapdragon 845 versi standar. RAM yang dibenamkan 8 GB, sedangkan storage berkapasitas 512 GB dengan teknologi UFS 2.1.

Smartphone dengan baterai 4000 mAh ini punya cara khusus untuk mengatasi suhu panas yang berpotensi terjadi saat bermain game. Asus menjanjikan sistem pendingin bernama GameCool 3D Vapor Chamber dapat menjaga suhu tetap dalam batas wajar. Jika masih kurang, Anda bisa menambahkan aksesori AeroActive Cooler untuk mempercepat proses pendinginan.

Kesimpulannya, kesan pertama kami terhadap ROG Phone sangat positif. Kami menilai Asus tidak tanggung-tanggung dalam menghadirkan ponsel gaming, baik dari segi desain maupun hardware dan fitur di dalamnya. Intinya, jika Anda mengaku seorang gamer sejati, ROG Phone layak Anda tunggu!

Siap hadir di Indonesia

Bagi yang berminat, Asus memberi bocoran bahwa ROG Phone akan menyambangi Indonesia pada 11 Desember 2018, bersamaan dengan ZenFone Max Pro M2 dan ZenFone Max M2. Sayangnya, belum ada informasi soal harga.

Asyiknya lagi, ROG Phone kemungkinan bakal hadir bersama dengan sederet aksesori canggihnya. Salah satunya adalah seperti yang disebutkan di atas, AeroActive Cooler. Ada pula Mobile Display Dock untuk menampilkan game di monitor dan bisa dimainkan bersama dengan keyboard serta mouse, seperti layaknya PC.

Selain itu, Asus kabarnya juga siap memboyong TwinView Dock, yang menyulap ROG Phone menjadi console handheld dengan layar kedua untuk menampilkan informasi lainnya tanpa mengganggu layar utama. Bagi yang membutuhkan controller fisik, Asus menyediakan Gamevice Controller.

Nah, semakin penasaran kan dengan ROG Phone? Tunggu saja informasi lebih lanjut pada 11 Desember mendatang. Karena itu, pantau terus Yangcanggih.com!

SPESIFIKASI ASUS ROG PHONE
Prosesor Qualcomm Snapdragon 845 2.96GHz octa-core dengan Speed Binning
GPU Adreno 630
Layar AMOLED 6 inci 18:9 (2160 x 1080). Refresh rate 90Hz dengan response time 1ms. Color gamut 108.6% DCI-P3 dan contrast ratio 10000:1. 10-point multi-touch (mendukung Glove Touch). Dukungan HDR
RAM LPDDR4X 8GB
Media Penyimpanan UFS 2.1 128GB/512GB
Sensor Accelerometer, e-compass, proximity sensor, hall sensor, ambient-light sensor, fingerprint sensor, gyroscope, 2x ultrasonic AirTrigger
Side I/O Custom USB mendukung USB 3.1 Gen 1, DP 1.4, Fast Charging (15W), ASUS HyperCharge
Bottom I/O USB-C mendukung USB 2.0, Fast Charging (20W), Direct Charge, 3.5mm Headphone jack
Kamera Utama 12MP + 8MP (120° wide-angle)
Kamera depan 8MP
Audio Dual front facing stereo speaker dengan Smart Amplifier, 24-bit/192KHz Hi-Res Audio, DTS Headphone X 7.1 virtual surround sound, Qualcomm aptX High-Definition Bluetooth wireless audio
Baterai 4000 mAh
Dimensi 158.8mm x 76.2mm x 8.6mm
Bobot 200 gram

Komentar

Beri komentar

Close