KomputerLaptopReview

Review Acer Aspire 3 Ryzen 5: Laptop 7 Jutaan untuk Kerja dan Main Game

Cek Harga

Acer belum lama ini meluncurkan lini laptop terbarunya yang dibekali dengan AMD Ryzen generasi ke-2. Ada cukup banyak varian yang disediakan oleh Acer, mulai dari yang mengusung prosesor Ryzen 3, hingga yang termahal dengan Ryzen 7.

Pada dasarnya seri Aspire 3 sendiri merupakan keluarga laptop terjangkau, yang ditujukan untuk para pengguna yang memiliki budget terbatas. Meski harganya cukup ramah kantong, Acer Aspire 3 menawarkan berbagai keunggulan yang menarik.

Penasaran apa saja? Yuk, langsung saja simak ulasan kami berikut ini:

Layar 15,6 inci, bobot cukup ringan

Dari beberapa seri Aspire 3 yang dirilis oleh Acer di tahun 2018, varian yang kami review adalah Aspire 3 A315-41-R97J dengan AMD Ryzen 5 2500 U. Pada daftar harganya, bisa dibilang posisinya berada di tengah. Bukan yang termurah, bukan juga yang paling mahal.

Acer Aspire 3 A315-41-R97J dibekali layar 15,6 inci dengan resolusi HD 1366 x 768 pixel. Dimensinya lumayan lebar, dengan ketebalan yang masih dalam batas wajar laptop sejenis di kelas harga yang sama. Bobotnya pun di kisaran 2,1 kilogram, yang artinya lumayan ringan.

Dengan kombinasi seperti itu, Acer Aspire 3 A315-41 tergolong cukup mudah untuk dimasukkan ke dalam tas dan dibawa bepergian. Cocok untuk Anda yang sering bekerja secara mobile. Apalagi desainnya pun cukup apik dan tidak terkesan murahan berkat pola brush cross-hair yang halus.

Asyiknya lagi, dengan layar 15,6 inci Anda bisa bekerja dengan lebih leluasa. Walaupun kualitas layarnya biasa saja, resolusi tidak terlalu tinggi, dan view angle-nya tidak terlalu luas, untuk menikmati hiburan seperti menonton film menurut kami sudah lebih dari cukup.

Acer tidak lupa membenamkan speaker stereo pada laptop ini. Kualitas audionya sendiri tergolong lumayan. Cukup lantang dan jernih untuk menemani Anda yang malas menggunakan headphone atau earphone.

Acer Aspire 3 A315-41 juga menawarkan ketersediaan port yang cukup komplit. Di sebelah kiri Anda akana menemukan 1x USB 3.0, 1x card reader, 1x HDMI, 1x RJ-45, dan 1x kensington security lock. Sementara di sisi yang satunya, ada 2x port USB 2.0, 1x audio combo, serta lubang pengisian daya.

Nilai plus lainnya, Acer menawarkan akses cepat menuju RAM dan storage, sehingga memudahkan Anda yang ingin melakukan upgrade.

Keyboard lumayan oke

Untuk Anda yang sehari-harinya sering mengetik, Acer Aspire 3 A315-41 termasuk perangkat yang cocok untuk mendukung kegiatan tersebut. Pasalnya, keyboard bergaya chiclet pada laptop ini lumayan oke dengan jarak antar tombol yang pas dan feedback yang mendukung untuk pengetikan cepat.

Tidak hanya itu, Acer Aspire 3 A315-41 memilki keyboard penuh lengkap dengan numpad di sisi sebelah kanan. Namun ada satu hal yang kami kurang suka, yaitu tidak adanya lampu backlit sehingga menyulitkan kami untuk mengetik di ruangan gelap.

Untuk touchpad-nya, ukurannya cukup pas untuk penggunaan sehari-hari sebagai pengganti mouse, dan sudah mendukung multitouch. Dimensi touchpad ini juga membuat Anda leluasa melakukan gesture control.

Bisa untuk kerja dan main game

Seperti disebutkan di atas, Acer Aspire 3 A315-41 yang kami review kali ini dibekali prosesor AMD Ryzen 5 2500U dengan GPU bawaan Radeon Vega 8. RAM yang dibenamkan dual-channel 2x 4GB DDR4, serta storage HDD berkapasitas 1 TB.

Perpaduan antara performa dan harga yang cukup seimbang, dan tergolong cukup oke untuk mendukung berbagai pekerjaan standar. Tidak hanya itu, laptop ini juga cocok untuk Anda yang gemar bermain game.

Judul-judul seperti Counter Strike: Global Offensive dan DOTA 2 bisa dijalankan dengan lancar. Yang lebih menarik, game berat seperti Rise of the Tomb Raider (rata-rata 30 fps) dan PUGB pun masih bisa berjalan dengan cukup stabil di pengaturan grafis rendah. Bahkan, suhu laptop pun terbilang normal ketika di ajak kerja keras.

Lalu, bagaimana dengan daya tahan baterainya? Memang tidak istimewa. Dengan moadl baterai 52 Wh, Acer Aspire 3 A315-41 bisa diajak melakukan berbagai pekerjaan ringan sehari-hari hinga 4,5 jam.

Kesimpulan

Sebagai sebuah laptop kelas mainstream, Acer Aspire 3 A315-41 yang dipersenjatai Ryzen 5 2500U dengan GPU bawaan Radeon Vega 8 merupakan opsi yang amat menarik, jika dibandingkan dengan para pesaingnya di level harga yang setara.

Dibanderol Rp7.499.000 (belum dibekali OS Windows 10), laptop ini cocok untuk Anda mahasiswa, pelajar, atau pekerja kantoran yang membutuhkan perangkat untuk bekerja dan main game dengan harga terjangkau.

Yang Canggih:

  • Desain cukup elegan
  • Bobot lumayan ringan, asyik diajak bepergian
  • Performa oke, untuk gaming pun bisa
  • Akses ke RAM dan storage mudah
  • Harga menarik

Yang Kurang:

  • Keyboard belum dibekali lampu backlit
  • Daya tahan baterai kurang menggiurkan
Acer Aspire 3 Ryzen 5
Penawaran yang menarik di kelas mainstream
Cek Harga

Komentar

Beri komentar

Close