KomputerLaptopReview

Review ASUS VivoBook S430UN: Laptop dengan Aksen Warna Unik yang Tetap Mementingkan Performa

Tampil unik
Cek Harga

Untuk konsumen usia muda, pemberian aksen warna yang tidak mainstream pada produk teknologi menjadi salah satu strategi untuk menarik minat target pasar. Tidak hanya produsen smartphone, merek laptop juga menggunakan strategi ini.

Contoh terbarunya adalah ASUS VivoBook S430 yang memberikan aksen warna di sekeliling bodinya. Selain tampil beda, laptop ini ternyata juga memiliki spesifikasi yang andal.

Desain solid dengan warna berbeda

Satu hal yang langsung menarik perhatian dari unit review kami adalah aksen warna kuning di sekeliling samping bodi warna peraknya. Selain tampil beda, aksen warna yang kontras ini mmeberikan nuansa segar untuk desain laptop yang biasanya kurang berani bereksperimen dengan warna-warna non primer.

Garis-garis desain minimalis membulat di ujung-ujung bodi laptop, selaras dengan desain tombol keyboard yang berbentuk kotak membulat di ujung. Selain halus saat disentuh, konsep desain ini juga enak dilihat.

Meskipun bobotnya ringan, kualitas bodinya terasa solid. Tidak ada kesan ringkih saat menekan bodi laptop dengan agak bertenaga. Penempatan port juga cukup ideal. Dua port USB Type A dan slot microSD card diletakkan di kiri. Sedangkan di kanan terdapat satu port USB Type A, satu port USB Type C, satu port HDMI serta jack headphone. Dengan penempatan lubang ventilasi di bawah bodi dan dekat engsel layar, tidak ada hawa panas bagi pengguna mouse baik di sisi kanan maupun kiri laptop.

Aspek desain lain yang unik dari VivoBook S430 dapat ditemukan di engselnya. Desain engsel yang disebut ErgoLift ini akan menaikkan posisi keyboard saat layar dibuka. Selain memberikan kenyamanan ekstra saat mengetik, bagian bawah laptop yang terangkat juga memberikan ventilasi yang lebih baik. Hawa hangat hanya terasa di sisi atas keyboard yang dekat dengan lobang ventilasi.

Tidak hanya nyaman saat mengetik, kedalaman tombol keyboard yang cukup serta jarak antar tombol yang tidak terlalu rapat mampu meningkatkan kecepatan dan akurasi. Namun ada dua hal yang mengganggu dari keyboard VivoBook S430UN. Peletakan tombol power di atas tombol Backspace dan tombol Delete akan membuat sebagian pengguna salah pencet dan mengirim laptop ke mode “Sleep”. Penempatan tombol Page Down, Page Up, End, Home yang ada di tombol F9-F12 juga akan membuat sebagian pengguna kurang nyaman karena letaknya yang tidak lazim.

Secara keseluruhan ASUS VivoBook S430 tidak hanya tampil lebih segar berkat tambahan aksen warna yang unik, tapi juga memiliki rancangan yang solid dan nyaman digunakan.

Performa andal untuk berbagai kebutuhan

Saat dicoba menjalankan berbagai aplikasi berat seperti penyunting foto dan video, VivoBook S430UN mampu menyajikan performa yang baik. Tidak terlalu mengejutkan mengingat laptop ini telah dilengkapi prosesor Intel Core i7-8550U, RAM 8GB dan GPU Nvidia GeForce MX150. Performa andalnya ini membuatnya cocok untuk menemani bekerja saat di perjalanan. Lalu bagaimana dengan performa untuk gaming?

Game kasual seperti Star Control Origins bisa dijalankan dengan lancar pada tingkat grafis menengah. Untuk game lebih berat seperti Hitman 2 dan Assassin’s Creed Oddysey, VivoBook S430UN mampu menjalankannya saat disetel di resolusi dan tingkat grafis rendah. Jadi performanya memang cukup untuk diajak main game, tapi pada tingkat yang rendah saja. Ingat, ini bukan laptop gaming sehingga jangan berharap akan dapat difungsikan menjadi laptop gaming tipis.

Bagi yang doyan menonton video di laptop, akan suka dengan layarnya yang memiliki finishing matte. Dengan tipe layar ini, obyek terang seperti lampu ruangan tidak akan terpantul di layarnya. Untuk kualitas suara, speaker yang ada di bagian bawah bodi terasa kurang lantang dan terdengar tipis.

Untuk ketahanan baterai, laptop dengan prosesor Intel Core generasi 8 ini mampu bertahan sekitar 10 jam untuk penggunaan ringan dan 8 jam jika intens digunakan untuk menonton video dengan setting kecerahan 50%. Pencapaian ini sudah cukup bagi yang ingin membawanya sebagai teman kerja.

Saatnya laptop lebih berwarna

Jika smartphone tampil dengan semburat warna yang lebih variatif, laptop masih bertahan dengan pilihan warna yang “aman” seperti gold, hitam, atau silver. ASUS VivoBook S430UN merupakan satu langkah ke arah laptop yang tampil lebih ceria, sambil tetap mempertahankan performa yang baik dan desain yang fungsional.

Untuk varian dengan prosesor Intel Core i7 yang kami ulas ini, ASUS VivoBook S430UN dijual seharga 15 juta rupiah. Harga yang cukup premium. Tapi jika mempertimbangkan spesifikasinya, terutama media penyimpannya yang memadukan SSD 256GB dan HDD 1TB yang luas, harga jualnya masih termasuk rata-rata.

Lalu untuk siapa ASUS VivoBook S430UN ini? Dengan mempertimbangkan performa dan desainnya, laptop ini akan cocok digunakan bagi pencipta konten atau pekerja kantoran yang membutuhkan laptop kencang tapi tetap ingin tampil beda.

Yang Canggih:

    • Performa kencang untuk aplikasi produktif
    • Layar matte minim pantulan dengan kualitas yang baik
    • Desain ringan dan menarik dengan warna yang unik
    • Keyboard nyaman dengan konsep desain ErgoLift
    • Kapasitas penyimpanan besar
    • Port lengkap
    • Daya tahan baterai panjang

Yang Kurang:

    • Tombol power mudah terpencet tidak sengaja
    • Peletakan tombol PgDn, PgUp, End, Home kurang lazim
    • Suara dari speaker internal kurang nyaring dan tipis
Review ASUS VivoBook S430UN
Dengan mempertimbangkan performa dan desainnya, laptop ini akan cocok digunakan bagi pencipta konten atau pekerja kantoran yang membutuhkan laptop kencang tapi tetap ingin tampil beda.
Tampil unik
Cek Harga

Komentar

Beri komentar

Close