Mobile GadgetReviewSmartphone

Review Oppo A3s: Smartphone Layar Besar dengan Desain Menawan dan Baterai Tahan Lama

Cek Harga

Oppo punya satu jagoan andalan untuk menggaet pasar entry-level di Indonesia. Melalui produk bernama A3s, Oppo menawarkan smartphone dengan harga di bawah 2 juta rupiah yang dibekali hardware dan fitur menggiurkan di kelasnya.

Meski harganya ramah di kantong, bisa dibilang Oppo A3s datang dengan fitur ala smartphone kelas menengah. Nah, penasaran apa saja hal menarik yang membuat Anda wajib melirik smartphone yang satu ini? Yuk, langsung saja simak ulasan lengkapnya!

Desain menawan

Tak bosan-bosannya kami menyebut bahwa Oppo selalu mengedepankan sektor desain di setiap produknya, termasuk yang bersaing di kelas bawah. Terbukti, Oppo A3s punya penampilan yang menawan.

Smartphone ini mengadopsi desain glossy dengan pilihan warna Merah (varian yang kami review) dan Ungu Tua. Material bodi bagian belakangnya menggunakan bahan komposit berjenis tempered glass.

Bukan cuma mampu membuat jauh-jauh kesan murahan, material ini juga mampu menyajikan refleksi yang memukau saat terkena cahaya. Jika dibandingkan dengan kompetitornya di harga yang sama, desain OPPO A3s terasa lebih mewah.

Pada bagian depan Anda disuguhkan layar berukuran 6,2 inci yang bisa dibilang salah satu yang terbesar di kelasnya. Tambahan notch atau poni di bagian atas layar turut membuat smartphone ini terasa lebih kekinian.

Oppo A3s tergolong masih nyaman dioperasikan dengan satu tangan. Bodinya tidak licin dan terasa mantap di genggaman. Selain itu, Oppo A3s juga memiliki bobot yang lumayan ringan, hanya 168 gram, sehingga tidak membebani ketika di sisipkan ke saku celana.

Walaupun secara keseluruhan Oppo A3s menawarkan bagian eksterior dengan cukup baik dan tergolong menonjol jika dibandingkan dengan para pesaingnya, sayangnya ada satu hal yang kami kurang suka.

Bagian belakang smartphone ini mudah kotor oleh sidik jari. Solusinya sebenarnya sederhana, cukup pasang softcase bening yang untungnya sudah termasuk dalam paket penjualannya.

Sedikit membahas soal ketersediaan slot, Oppo A3s menyediakan dua slot SIM-card dan satu slot microSD terpisah. Artinya, Anda tidak harus mengorbankan salah satu nomor Anda jika ingin menambahkan memori eksternal.

Layar besar, asyik untuk menonton video

Seperti disebutkan di atas, Oppo A3s hadir dengan layar FullScreen 6,2 inci. Resolusinya HD+ dengan aspect ratio 19:9. Untuk sebuah smartphone di bawah 2 juta rupiah, penawaran ini tergolong menggiurkan.

Dengan layar yang besar tentunya Anda akan lebih nyaman menikmati konten seperti video atau games. Selain itu, untuk urusan multitasking ketika ingin membuka dua aplikasi sekaligus pun lebih optimal.

Tingkat kecerahan layarnya memang tergolong standar, tapi masih memungkinkan untuk penggunaan di bawah sinar matahari. Selain itu, layar Oppo A3s sudah didukung fitur Night Shield agar lebih nyaman dilihat di malam hari, sekaligus mengurangi emisi cahaya biru.

Beralih ke sektor audio, Oppo tidak membenamkan fitur khusus untuk mendongkrak kualitasnya. Yang pasti, speaker pada A3s masih mencukupi untuk sekadar menemani menonton video dari YouTube atau bermaing games.

Sistem keamanan dengan face unlock

Oppo A3s mengadopsi sistem operasi ColorOS 5.1 berbasis Android 8.1 Oreo. Pada dasarnya, user interface-nya tetap sama dengan smartphone Oppo lainnya, yakni sederhana, ringan, dan mudah menggapai berbagai fitur yang ada di dalamnya.

Bicara soal fitur, Anda disajikan beragam hal menarik dan pastinya berguna untuk sehari-hari, misalnya fungsi gesture seperti memulai fitur split-screen dengan menggeser tiga jari dari bawah ke atas, Quiet Time jika tidak ingin diganggu notifikasi, Kids Space, Private Space, serta Game Space.

Untuk sistem keamanan, Anda bisa memanfaatkan fitur face unlock (face recognition). Sejauh kami mencobanya, kemampuan mengenali wajah terasa cukup responsif, sehingga proses membuka kunci pun lebih cepat.

Sayangnya, Oppo A3s belum dilengkapi dengan sensor sidik jari. Fitur yang sebenarnya termasuk standar untuk sebuah smartphone di level harganya.

Kamera cukup oke di kondisi cahaya ideal

Sama seperti smartphone Oppo lainnya, A3s tetap mengedepankan sektor kamera sebagai sajian utamanya. Kamera selfie tetap jadi senjata andalan. Oppo menanamkan kamera 8 megapixel di depan yang sudah dilengkapi teknologi AI Beauty 2.0.

Namun yang paling menarik adalah kamera belakangnya. Meski harganya tak sampai 2 juta rupiah, Oppo A3s sudah didukung kamera ganda dengan konfigurasi 13 megapixel + 2 megapixel yang dibekali teknologi AI alias kecerdasan buatan.

Kombinasi kedua kamera ini memungkinkan pengguna menciptakan foto dengan efek bokeh melalui mode Portrait. Selain itu, ada pula mode lainnya seperti Time-Lapse, Panorama, dan pastinya beautify.

Hasil fotonya menurut kami cukup oke. Untuk sebuah smartphone dengan harga kurang dari 2 juta rupiah, Oppo A3s mampu menangkap gambar dengan baik di kondisi cahaya yang ideal. Hasil fotonya tajam dan warnanya juga natural.

Hasil Foto Oppo A3s (10)

Hasil Foto Oppo A3s (7)

Hasil Foto Oppo A3s (19)

Hasil Foto Oppo A3s (20)

Untuk pemotretan di tempat yang temaram pun tetap memungkinkan, meski hasilnya tentu tidak bisa disebut maksimal. Intinya, kemampuan low light-nya masih sangat layak untuk sekadar Anda pamerkan di media sosial.

Masih penasaran dengan kamera Oppo A3s? Langsung saja lihat koleksi foto yang lebih lengkap di akun Flickr resmi Yangcanggih.com.

Performa mulus, bisa untuk main game

Selain berbagai keunggulan baik dari sektor desain, layar, kamera, dan baterai di atas, nilai jual lainnya dari Oppo A3s ada di sisi performa. OPPO membenamkan chipset Snapdragon 450 octa-core yang tidak hanya menjanjikan performa mulus untuk berbagai kebutuhan, tetapi juga konsumsi daya yang irit.

Ada dua pilihan kapasitas RAM yang ditawarkan, yakni 2 GB dengan memori internal 16 GB, dan 3 GB dengan memori internal 32 GB. Tinggal Anda tentukan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk urusan gaming, dari pengujian kami OPPO A3s masih lancar saat digunakan bermain berbagai game populer seperti Mobile Legend dan Clash Royale. Bermain PUBG Mobile pun masih bisa, asal menggunakan pengaturan grafis terendah.

Yang lebih menarik, Oppo A3s memiliki fitur bernama Game Space. Singkatnya fitur ini sangat berguna untuk mendukung game berjalan lebih lancar, dan Anda pun tidak terganggu oleh banyaknya notifikasi masuk.

Jika ingin tahu lebih lanjut soal performa dari Oppo A3s, simak saja beberapa hasil pengujian memakai aplikasi benchmark di bawah ini:

Baterai awet

Sektor daya juga tak kalah menggiurkan. Smartphone ini didukung baterai 4230 mAh, paling besar di kelas harga di bawah 2 juta rupiah. Dengan kapasitas baterai tersebut A3s memiliki daya tahan hingga 2 hari saat diuji dengan kondisi pemakaian normal.

Daya tahan baterai Oppo A3s yang panjang tidak lepas dari dukungan AI Battery Management yang secara pintar akan mengatur daya yang dibutuhkan dengan lebih efisien. Jadi daya tahan baterainya akan membaik setelah fitur AI ini menganalisa pola pemakaian penggunanya.

Untuk lebih jelasnya, tak lupa kami suguhkan hasil pengujian baterai menggunakan aplikasi PCMark:

Kesimpulan

Sebagai sebuah smartphone yang dijual dengan harga mulai dari Rp1.999.000, Oppo A3s adalah opsi yang menarik untuk dibeli. Desain dan varian warna yang bagus, performa yang oke, kamera yang cukup baik di kelasnya, serta baterai besar menjadi sederet alasannya.

Menurut kami, Oppo A3s cocok untuk Anda generasi muda yang mencari smartphone dengan harga terjangkau, tapi ingin tetap mendapatkan pengalaman penggunaan yang menyenangkan untuk berbagai kebutuhan.

Yang Canggih:

  • Desain menawan
  • Layar termasuk sangat besar di kelasnya
  • Performa bisa diandalkan
  • ColorOS yang ringan dan kaya fitur
  • Kamera cukup oke di kondisi cahaya memadai
  • Baterai tahan lama
  • Harga kompetitif

Yang Kurang

  • Tidak dibekali sensor sidik jari
  • Bagian belakang smartphone mudah kotor
Spesifikasi Oppo A3s
Layar FullScreen 6,2 inci HD+ 19:9
SoC Qualcomm Snapdragon 450
RAM 2 GB atau 3 GB
Memori internal 16 GB atau 32 GB
Kamera belakang 13 megapixel + 2 megapixel
Kamera depan 8 megapixel dengan AI Beauty
Baterai 4230 mAh
Sistem operasi ColorOS 5.1 (Android 8.1 Oreo)
Fitur Facial Unlock
Oppo A3s
Opsi menarik untuk Anda yang mencari smartphone dengan desain bagus, layar besar, dan baterai yang tahan lama
Cek Harga

Komentar

Beri komentar

Close