KomputerLaptopReview

Review HP Joy 2 (14-CM0091AU): Laptop Harga 3 Jutaan Rupiah dengan Media Penyimpanan SSD

Terjangkau dengan SSD
Cek Harga

Laptop mainstream dengan harga di bawah 5 juta rupiah masih menjadi primadona penjualan para vendor komputer di Indonesia. Jika dulu rasanya sulit merekomendasikan laptop dengan harga murah akibat performa yang cenderung menguji kesabaran penggunanya, kini laptop dengan harga murah  terus mengalami peningkatan performa.

Dan contoh terbarunya adalah HP Joy 2 (HP 14-CM0091AU), yang merupakan hasil kerjasama HP dan JD.id. Satu hal yang membuat laptop yang masuk ke seri HP Notebook 14 ini amat menarik adalah digunakannya SSD sebagai media penyimpanan. Ini merupakan hal yang cukup jarang mengingat harga SSD (Solid State Drive) yang lebih mahal dibandingkan HDD (Hard Disk Drive).

Desain sederhana tapi solid

Sesuai harganya yang ada di kisaran 4 juta rupiah, desain HP Joy 2 tidak berbeda jauh dengan laptop lain di kelasnya. Bodinya agak tebal, dengan bingkai layar yang cukup besar.

Namun dengan desain bodi yang agak tebal ini, HP Joy 2 mampu memuat port yang cukup lengkap mulai dari USB, HDMI, hingga RJ-45 untuk koneksi jaringan. Meskipun harganya murah, bodi HP Joy 2 terasa kokoh saat digunakan. Bahkan HP menyebutkan bahwa engsel notebook ini telah diuji buka tutup hingga 25 ribu kali.

Untuk mengetik, keyboard HP Joy 2 termasuk nyaman. Ukuran tombolnya termasuk besar dengan jarak tiap tombol yang tidak terlalu rapat. Pengalaman mengetik juga nyaman, dengan respons tombol yang tidak terlalu dangkal. Touchpad juga berukuran cukup lega, walaupun Anda harus menggunakan tombol fisik untuk melakukan klik kanan.

Keunggulan utama HP Joy 2 ada pada bobotnya. Memiliki bobot sekitar 1,4kg, laptop dengan layar 14 inci ini termasuk ringan. Ini penting bagi yang butuh membawa-bawa laptop bepergian selama seharian.

Layar dan performa pas-pasan

HP Joy hadir dengan layar HD berukuran 14 inci. Kualitas tampilannya cukup baik, jika digunakan di dalam ruangan dengan kondisi cahaya yang tidak terlalu terang. Kualitas visual di layar akan langsung menurun begitu cahaya di ruangan terlalu terang atau di luar ruangan pada siang hari.

Kontras layar akan terlihat kurang memadai sehingga warna terlihat pudar dengan gradasi gelap ke terang yang terlalu sempit. Detail warna hitam yang ditampilkan juga akan lebih mendekati ke abu-abu, bukan hitam.

Walaupun begitu, kualitas layarnya tidak lebih buruk dibandingkan laptop lain di harga 3 – 4 jutaan rupiah. Bagi yang sering menggunakannya untuk menampilkan banyak teks, tidak ada masalah dengan ketajaman tampilannya.

Bicara soal performa, performa prosesor AMD APU A4 yang dipadukan dengan RAM 4GB dan SSD M.2 128GB cukup mumpuni untuk kegiatan single-tasking. Dari pengujian, HP Joy 2 ternyata masih dapat digunakan untuk memainkan game. Untuk game keluaran beberapa tahun silam (seperti PES, Asphalt, Modern Combat), HP Joy dapat menjalankannya dengan setting grafis paling bawah.

Menjalankan aplikasi pengolah kata dan browser dengan sedikit tab (3 atau 4 tab) juga dapat dilakoni cukup lancar. Sayangnya, begitu Anda menjelajah Internet cukup intens dengan browser, performa langsung melambat dan menguji kesabaran Anda. Kami juga mendapati beberapa kasus seperti video YouTube (resolusi HD) yang tersendat.

Jadi kunci mendapatkan pengalaman menggunakan HP Joy 2 yang lebih nyaman adalah membatasi jumlah aplikasi yang terbuka secara bersamaan. Jika ingin menggenjot performanya, Anda bisa meningkatkan kapasitas RAM HP Joy 2 menjadi 8GB.

Laptop murah yang naik kelas

Dulu laptop di bawah 5 juta rupiah selalu identik dengan lambat dan kurang nyaman digunakan. HP Joy 2 membuktikan bahwa dengan dana 4 juta rupiah kurang sedikit, Anda bisa mendapatkan laptop yang cukup lumayan dengan jeroan yang sudah up-to-date.

Penggunaan SSD sebagai media penyimpanan menjadi faktor pembeda, ditambah dengan RAM 4GB sebagai standar. HP Joy 2 merupakan langkah lebih maju untuk sebuah laptop di kelas harga 3 – 4 juta rupiah. Tentunya Anda juga harus mengatur ekspektasi bahwa laptop sekelas HP Joy 2 tidak akan cocok untuk bermain game yang berat atau bekerja serius.

Perlu diingat juga, dengan harganya HP Joy 2 sudah dibekali sistem operasi Microsoft Windows 10 orisinil. Jadi bagi Anda yang membutuhkan laptop untuk bekerja mendasar seperti mengolah kata, membuat presentasi atau sekedar bermain game kasual, HP Joy 2 merupakan alternatif terjangkau yang layak dipertimbangkan.

Yang Canggih:

  • Bodi kokoh
  • Bobot ringan
  • Penyimpanan SSD yang cepat
  • Keyboard nyaman
  • Performa cukup cepat, dengan catatan tidak banyak aplikasi dipasang atau dijalankan secara bersamaan
  • Port yang disediakan cukup lengkap
  • Sudah termasuk Windows 10 orisinil
  • Harga terjangkau

Yang Kurang:

  • Kualitas layar pas-pasan, kurang baik saat dipakai di kondisi cahaya yang terang
  • Performa terbatas dan melambat saat menjalankan banyak aplikasi atau membuka tab browser terlalu banyak
  • Suara dari speaker internal standar
  • Hanya ada 1 slot RAM
Review HP Joy 2 (14-CM0091AU)
Mumpuni untuk harganya
Dengan harganya, HP Joy 2 sudah dibekali sistem operasi Microsoft Windows 10 orisinil. Jadi bagi Anda yang membutuhkan laptop untuk bekerja mendasar seperti mengolah kata, membuat presentasi atau sekedar bermain game kasual, HP Joy 2 merupakan alternatif terjangkau yang layak dipertimbangkan.
Terjangkau dengan SSD
Cek Harga

Komentar

Beri komentar

Close