Mobile GadgetReviewSmartphone

Review Realme 2 Pro: Penantang Baru dengan Keseimbangan Harga , Fitur dan Performa Terbaik

Cepat dan hemat di dompet

Pendekatan harga terjangkau masih menjadi strategi yang efektif bagi produsen smartphone untuk menarik minat konsumen di Indonesia. Tentunya harga hanyalah menjadi satu faktor saja. Kualitas tetap menjadi prioritas bagi konsumen.

Mencoba memberikan keseimbangan antara harga dan kualitas produk, Realme memulai debut di Indonesia dengan dua produk. Salah satu adalah Realme 2 Pro yang hadir di kelas menengah dengan 3 varian.

Desain menawan di kelasnya

Dari sisi estetika dan ergonomi, Realme 2 Pro berhasil tampil menawan melebihi pesaingnya di kelas harga 2 jutaan ke atas.

Kesan positif langsung didapat saat menggenggam bodinya yang berlapis kaca di bagian belakang. Namun walaupun terlihat keren, finishing kilapnya ini juga menyerap sidik jari dengan mudah sehingga harus rajin dibersihkan atau memakai case.

Di bawah flash kamera belakangnya, terdapat sensor sidik jari bulat yang ukurannya cukup besar sehingga mudah dijangkau jari saat akan membuka kunci layar. Selain sidik jari juga ada Face Unlock yang dapat membuka kunci layar dengan cepat.

Beralih ke sisi depan, layar dengan poni minimalis berbentuk tetesan air diadopsi untuk memberikan bezel atau bingkai yang tipis. Konsep desainnya ini cukup mirip dengan OPPO F9, yang memang masih memiliki hubungan “saudara” dalam satu grup.

Bodi Realme 2 Pro tidak licin, sehingga dapat digenggam dengan nyaman. Bahkan tanpa case sekalipun. Bingkai tipisnya juga membuatnya tetap oke saat dioperasikan dengan satu tangan.

Performa terbaik untuk ponsel 2 jutaan rupiah

Dengan chipset Qualcomm Snapdragon 660, Realme 2 Pro sukses mengungguli ponsel pesaingnya di kelas harga 2 jutaan rupiah. Pada rentang harga 2-3 juta rupiah, saat ini kebanyakan ponsel keluaran 2018 masih dibekali Snapdragon 636 yang masih di bawah Snadragon 660.

Maka tidak heran jika performanya saat memainkan game sangat positif. Loading game dapat dilakukan dengan gegas, begitu juga saat memainkan game. Kami mengujinya dengan memainkan game populer seperti PUBG Mobile dan Arena of Valor. Hasilnya, semua game dapat berjalan lancar. Bahkan pada setting Graphics High, PUBG Mobile tetap bisa dimainkan dengan mulus. Selain itu, kami tidak merasakan ponsel menjadi terlalu panas saat bermain game.

Antarmuka atau UI Realme 2 Pro masih mengadopsi ColorOS seperti pada ponsel OPPO. Maka tidak heran jika menu dan setting Realme 2 Pro amat mirip dengan OPPO F series. Ini bisa menjadi nilai plus atau minus bagi masing-masing pengguna. UI ColorOS memang dikenal terlihat sederhana dan mudah digunakan, tapi dikritisi kurang lengkap pengaturannya.

Bagi yang suka nonton video di ponsel, layar Realme 2 Pro yang telah beresolusi Full HD+ sudah amat memadai. Walaupun agak kurang terang pada setting brightness tertinggi, detail dan warna yang dipertontonkan layarnya termasuk baik. Sayangnya, kualitas suara dari speaker internal cenderung kurang oke dan terdengar tipis. Namun bagi yang sering menggunakan earphone atau headphone untuk mendengar musik atau menonton drama Korea, misalnya, hal itu tidak akan berpengaruh.

Daya tahan baterai Realme 2 Pro juga cukup lumayan. Dengan pola penggunaan normal – mengakses media sosial, foto-foto, main game sesekali – Realme 2 Pro dapat bertahan sekitar 12 jam. Pencapaian ini termasuk rata-rata.

Hasil foto lumayan

Sama seperti menunya, UI kamera Realme 2 Pro juga identik dengan UI kamera OPPO karena sama-sama menggunakan ColorOS. Bagi yang belum akrab dengan ColorOS, pengaturan kameranya amat sederhana dan mudah dikuasai. Opsi fotografi ada di bagian atas untuk dipilih, sementara di bagian bawah untuk memilih mode pemotretan mulai dari Portrait, Panorama, Time Lapse, dan sebagainya.

Untuk hasil fotonya, kamera Realme 2 Pro dapat menghasilkan foto tajam dengan detail dan reproduksi warna yang baik pada kondisi cahaya ideal. Kecepatan dan akurasi fokusnya juga baik, walaupun ada beberapa kasus saat kami harus mengompensasi eksposur yang terlalu terang.

Berikut beberapa hasil foto Realme 2 Pro tanpa proses penyuntingan.

IMG20181009143125
IMG20180104071140

Realme 2 Pro juga memiliki Portrait Mode. Walaupun kurang rapi, tapi setidaknya cukup memadai jika ingin menciptakan foto dengan efek bokeh. Untuk hasil maksimal, pastikan jarak ke subyek tidak terlalu jauh.

Saat kondisi cahaya meredup atau di malam hari, noise yang mengikis detail mulai terlihat. Ketajaman juga menurun. Meskipun begitu, saturasi warna tetap terjaga.

IMG20181011190906
IMG20181011191151
IMG20181021175642

Untuk memotret di bawah cahaya lampu di dalam ruangan, hasilnya cukup oke. Exposure yang dihasilkan juga cukup akurat, seperti terlihat di hasil foto berikut.

IMG20180104083444
IMG20180104071524
IMG20181008183708

Bagi yang suka memotret di malam hari, tersedia juga Expert Mode yang memberikan pengaturan kamera secara manual. Dengan kecepatan rana yang lambat serta setting ISO paling rendah, kami bisa menghasilkan foto malam hari yang menarik seperti foto berikut.

IMG20181009185932
IMG20181009184511

Walaupun kualitasnya tidak jauh di atas ponsel lain di kelas harga 2 jutaan rupiah, hasil foto dari kamera depan belakang Realme 2 Pro termasuk baik dan masih cukup oke untuk dibagikan ke media sosial atau bahkan dicetak ukuran kecil. Untuk galeri hasil foto Realme 2 Pro, bisa dilihat di akun Flickr resmi YANGCANGGIH.COM.

Ponsel kelas menengah dengan harga dan spesifikasi terbaik

Realme 2 Pro berhasil mengagetkan pengamat dan pengguna smartphone di Indonesia. Jika dulu Xiaomi dikenal sebagai merek ponsel yang menyajikan spesifikasi terbaik di kelas harganya, kini gelar itu harus direlakan terbang ke Realme. Ini juga membuktikan betapa ketatnya persaingan di ranah smartphone mainstream.

Dengan desain menawan dan performa terbaik di kelas harga 2 jutaan rupiah, Realme 2 Pro memberikan lebih dibandingkan pesaingnya. Performanya juga menjadikan Realme 2 Pro sebagai ponsel yang ideal untuk bermain game. Bahkan Realme 2 Pro dengan konfigurasi RAM 8GB dan ROM 128GB yang dijual seharga 3,8 juta rupiah juga merupakan yang paling terjangkau saat ini. Jadi walaupun Realme 2 Pro dijual mulai dari harga 2,9 juta rupiah untuk konfigurasi RAM 4GB dan ROM 64GB, kami anjurkan Anda membeli varian tertinggi yang merupakan penawaran terbaik.

Singkat kata, bagi yang membutuhkan ponsel berdesain keren dengan performa kencang dan layar Full HD+ yang tajam, namun dengan harga yang paling terjangkau untuk spesifikasinya, Realme 2 Pro amat layak menjadi pilihan.

Yang Canggih:

  • Desain menawan yang terasa mewah
  • Performa terbaik untuk ponsel di kelas 2 juta
  • Layar dengan resolusi Full HD+ yang tajam
  • Poni minimalis pada layar tidak mengganggu
  • Hasil foto bagus untuk kelas harganya
  • Face Unlock cepat
  • Slot Dual Nano SIM + MicroSD
  • Harga paling murah untuk spesifikasinya

Yang Kurang:

  • Bodi belakang mudah menyerap bekas sidik jari
  • Layar agak kurang terang
  • Hasil foto selfie terlalu “palsu”
  • Hasil foto kamera belakang di kondisi minim cahaya agak kurang
  • Suara dari speaker internal terdengar tipis
Ponsel dengan performa terbaik di kelas 2 - 3 juta rupiah untuk 2018
Singkat kata, bagi yang membutuhkan ponsel berdesain keren dengan performa kencang dan layar Full HD+ yang tajam, namun dengan harga yang paling terjangkau untuk spesifikasinya, Realme 2 Pro amat layak menjadi pilihan. Walaupun Realme 2 Pro dijual mulai dari harga 2,9 juta rupiah untuk konfigurasi RAM 4GB dan ROM 64GB, kami anjurkan Anda membeli varian tertinggi yang merupakan penawaran terbaik.
Cepat dan hemat di dompet

Komentar

Beri komentar

Close