Mobile GadgetNewsPilihanSmartphone

11 Tips Memotret Lebih Baik dengan Vivo V11 Pro

Fitur kamera pada smartphone kini semakin canggih. Tidak hanya dilengkapi dengan beberapa kamera sekaligus, kemampuan fotografi ponsel juga mengandalkan teknologi AI atau Artificial Intelligence.

Manfaat dari AI pada kamera Vivo V11 Pro adalah untuk mengoptimalkan hasil foto berdasarkan obyek yang dibidik dan kondisi cahaya saat memotret. Ditambah dengan opsi fotografi yang dimilikinya, kamera Vivo V11 Pro amat menyenangkan saat digunakan.

Merujuk pada pengalaman kami menggunakannya, berikut 11 tip dan trik untuk menghasilkan foto lebih keren dengan Vivo V11 Pro.

1. Aktifkan AI Portrait Framing
Fitur unik yang dimiliki Vivo V11 Pro ini bekerja seperti mentor fotografi yang dapat mengusulkan komposisi terbaik. Cara kerjanya amat sederhana dan mudah dipahami. Saat hendak memotret, akan ada bulatan yang muncul di layar. Jika komposisi foto kurang oke, maka akan muncul petunjuk yang meminta Anda menggeser ponsel ke arah bulatan. Dengan mengikuti arahan ini, hasil foto Anda akan lebih menarik sesuai dengan ilmu dasar fotografi.

2. Cari obyek atau latar dengan warna cemerlang
Kamera Vivo V11 Pro mampu mereproduksi warna yang matang dan menarik. Ini membuat latar atau obyek yang penuh warna dapat diabadikan dengan cemerlang, seperti hasil foto berikut ini.

IMG_20180928_161825

3. Mendekat untuk menangkap lebih banyak detail
Dengan jarak fokus yang cukup dekat, Anda bisa menangkap detail lebih banyak dari obyek yang difoto. Contohnya, saat Anda memotret makanan, detail dan tekstur makanan akan dapat ditangkap dengan apik seperti pada foto bebek bakar berikut ini.

AI Scene : Food

4. Gunakan Live Photo untuk menandai momen
Dengan mode Live Photo, kamera Vivo V11 Pro akan merekam adegan beberapa detik sebelum kamera dijepret. Jadi nanti akan ada dua hasil setelah menjepret; yaitu foto dan video.

Cara pemakaiannya amat mudah. Pilih ikon bulat di bagian atas (kedua dari bawah di ilustrasi ini).

5. Eksperimen dengan bokeh
Dengan dua kamera belakang, Vivo V11 Pro bisa menghasilkan foto dengan latar yang blur atau juga disebut dengan bokeh. Selain lebih menarik, foto dengan latar yang kabur juga bisa jadi solusi untuk mengaburkan latar yang terlalu sibuk. Untuk hasil terbaik, pastikan jarak antara kamera dan subyek tidak lebih dari 2 meter.

Berikut perbandingan foto dengan dan tanpa efek bokeh. Untuk mengaktifkan mode bokeh, pilih ikon bulat dengan siluet orang di bagian atas saat kamera aktif.

IMG_20180909_105824

IMG_20180909_105832

Berikut contoh mode bokeh yang digunakan untuk menyamarkan obyek di latar yang mengganggu.

Portrait mode

6. Pakai mode Monochrome Background untuk hasil selfie lebih artistik
Fitur Selfie Lighting pada Vivo V11 Pro telah dilengkapi mode Monochrome Background. Dengan mode ini, hasil foto selfie akan langsung mengenali wajah di dalam lingkaran dan mengubah latar menjadi hitam putih.

Hasilnya bisa dilihat di foto berikut:

IMG_20180928_162525

7. Matikan AI untuk hasil foto yang berbeda
Dengan AI Scene Recognition, kamera Vivo V11 Pro bisa mengenali obyek dan kondisi saat memotret. Misalnya jika kita memotret matahari terbenam, akan mnucul ikon Sunset di sudut kiri. Begitu juga dengan obyek lain seperti gedung, pemandangan, makanan dan sebagainya.

Salah satu pengaturan yang sering dilakukan oleh AI Camera V11 Pro adalah menaikkan saturasi dan mengaktifkan HDR. Walaupun hasilnya cukup oke, tapi mungkin sebagian pengguna tidak selalu cocok dengan foto bersaturasi tinggi. Untuk itu, Anda bisa beralih ke mode Professional. Atur semua setting di mode ini ke Auto, dan Anda akan dapat menghasilkan foto dengan warna lebih alami.

Berikut perbedaan foto dengan AI dan tanpa AI.

IMG_20180908_142404

IMG_20180908_142359

8. Tempatkan wajah di tengah saat selfie dengan efek Rainbow Light
Satu lagi efek menarik pada Selfie Lighting adalah Rainbow Light. Saat menggunakan efek ini, akan muncul efek pelangi dari samping.

Trik menggunakan efek ini, pastikan subyek berada agak di tengah. Jika terlalu ke pinggir, maka efek pelangi akan seperti menempel di pipi.

Rainbow Light

Lighting Selfie: Rainbow Light

9. Perhatikan waktu dan cahaya saat memotret pemandangan
Mengikuti prinsip fotografi, kualitas cahaya tetap menjadi faktor penentu utama. Yang perlu dicermati, perbedaan waktu akan memberikan hasil yang berbeda.

Misalnya, memotret pada waktu matahari terbenam akan memberikan mood yang berbeda dibandingkan siang hari. Jika foto berikut dipotret lebih awal atau lebih terlambat, warna langit akan berbeda dan tidak dramatis. Sebagai catatan, foto ini dipotret dengan mode Auto dan tanpa melalui proses penyuntingan sama sekali.

IMG_20180928_180029

10. Selfie dengan tripod
Salah satu trik menghasilkan foto selfie lebih baik saat sendiri adalah dengan bantuan tripod. Trik ini akan menghilangkan kesan foto selfie yang membosankan karena posisi lengan yang terlihat sama. Selain itu, Anda juga bisa maju atau mundur lebih leluasa sehingga hasilnya lebih menarik.

Tidak perlu khawatir akan kesusahan harus menekan tombol jepret (shutter). Vivo V11 Pro dapat menjepret dengan perintah suara atau gerakan tangan.

11. Manfaatkan mode Professional untuk foto low-light lebih baik
Untuk hasil foto malam hari atau low-light lebih optimal, gunakan mode Professional pada Vivo V11 Pro. Dalam mode ini, Anda bisa mengatur shutter speed, ISO, serta White Balance.

Untuk memotret kembang api, misalnya, dibutuhkan pengaturan kecepatan rana secara manual agar hasilnya oke seperti contoh berikut:

IMG_20180716_112909

IMG_20180716_112916

Dengan 11 tips praktis tersebut di atas, hasil foto dari Vivo V11 Pro akan lebih menarik saat dibagikan ke media sosial. Selamat mencoba ya!!

Bagi yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai Vivo V11 Pro, bisa mengunjungi tautan berikut. Sedangkan untuk informasi harga dan promo pembelian, langsung ke mitra e-commerce berikut.

Komentar

Beri komentar

Close