KomputerLaptop GamingNewsReview

Review Acer Nitro 5 (AN515-52): Laptop Gaming Terjangkau Untuk Para Gamer Kasual

Harga cukup kompetitif di segmen laptop gaming kelas entry

Tidak semua gamer rela merogoh kocek ekstra untuk membawa pulang laptop gaming berperforma tinggi yang pada umumnya dijual dengan harga relatif mahal. Apalagi untuk tipe gamer kasual yang hanya bermain game di saat waktu luang. Untuk itulah para pabrikan komputasi mulai berlomba-lomba menghadirkan alternatif laptop gaming dengan spesifikasi yang cukup untuk gaming namun harganya lebih murah. Salah satu produk yang bisa ditemukan di pasaran saat ini adalah Acer Nitro 5 (AN515-52).

Desain bongsor dengan aura gaming yang sangat kental

Satu hal yang sangat kami sukai dari Acer Nitro 5 adalah desainnya. Acer Nitro 5 hadir dengan desain yang sangat agresif khas laptop gaming dengan lekukan sudut-sudut bodi yang tegas.

Desainnya sendiri cukup mencuri perhatian dengan paduan warna yang sangat umum di laptop gaming yakni bodi berwarna hitam dan sentuhan aksen merah. Tapi, untuk lebih menonjolkan aura gamingnya bagian luar casing penutup Acer Nitro 5 hadir dengan motif serat karbon.

Sementara di sektor layar, Acer Nitro 5 hadir dengan panel layar IPS Full HD yang dimensinya 15.6 inci. Dengan ukuran layar yang lebar dan resolusi Full HD, layarnya tersebut memang sudah cukup memadai untuk berkerja ataupun menunjang aktivitas gaming.

Secara keseluruhan desain Acer Nitro 5 terasa sangat kokoh. Tapi, dimensinya yang bongsor dengan bobot total sekitar 2.7 Kg menjadikannya kurang ideal untuk diajak bermobilitas. Sisi positifnya, Nitro 5 tidak pelit konektivitas. Di bodinya yang bongsor bisa ditemukan port USB 3.0, satu port USB 3.1 Type-C, dua port USB 2.0, HDMI, port ethernet dan slot pembaca kartu memori SD.

Keyboard cukup nyaman

Beralih ke sektor keyboard, menyesuaikan dimensi bodinya Acer Nitro 5 membawa keyboard berukuran penuh. Ukuran tombol-tombol keyboardnya cukup besar dan menonjol sehingga masih cukup nyaman digunakan untuk mengetik atau bermain game. Kendati demikian, jarak antar tombolnya yang terlalu berdekatan sering kali menyebabkan Typo atau salah ketik.

Sebagai pelengkap keyboardnya ini juga telah dilengkapi dengan lampu backlit berwarna merah. Sayangnya, lampu backlit tersebut memang tidak bisa dikustomisasi dan tingkat kecerahannya pun tidak bisa diatur.

Bergeser ke bagian trackpad, trackpad mouse Acer Nitro 5 hadir dengan ukuran yang cukup besar dengan tombol klik kiri dan kanan yang langsung menyatu dengan bodi.

Saat digunakan respon trackpad mouse Acer Nitro 5 tergolong cukup responsif, hanya saja tombol klik yang menyatu dengan bodinya memang agak terasa keras dan kurang nyaman untuk ditekan. Penempatan trackpad mouse ini yang agak ke kiri juga menjadikannya sering tidak sengaja tersentuh saat mengetik.

Performa lumayan


Acer Nitro 5 hadir dengan beragam spesifikasi. Untuk model yang kami review Acer Nitro 5 (AN515-52) menggunakan prosesor Intel Core i5-8300H, RAM 8GB dan ruang penyimpanan hard disk yang kapasitasnya 1TB. Sementara sektor grafisnya dipercayakan pada kartu grafis Nvidia GeForce GTX 1050 4GB.

Untuk hasil benchmarknya sebagai berikut:

Di pengujian yang sesungguhnya, dengan spesifikasi tersebut Nitro 5 memang sudah mumpuni untuk mendukung produktivitas sehari-hari seperti mengolah dokumen, berselancar di Internet hingga menyunting foto atau video.

Sementara untuk gaming, Acer Nitro 5 juga masih bisa diandalkan untuk beragam judul game kekininan di pengaturan grafis tertentu. Salah satunya adalah game Battlefield 1 yang masih sanggup dijalankannya dengan mulus di pengaturan grafis normal dengan rata-rata 58 fps. Bagi Anda yang tidak terlalu mementingkan kualitas grafis di pengaturan tertinggi, secara keseluruhan performa Acer Nitro 5 memang sudah cukup memuaskan untuk gaming di saat waktu luang.

Untuk mendukung aktivitas gaming Acer Nitro 5 juga telah dilengkapi dengan sistem pendingin Acer Coolboost. Dua kipas yang menjadi teknologi Acer Coolboost ini bisa diatur kecepatannya lewat aplikasi Acer Nitro Sense untuk mengoptimalkan kemampuannya meredam hawa panas saat gaming.

Lalu bagaimana dengan daya tahan baterainya? Di pengujian yang kami lakukan untuk menonton film di resolusi Full HD berdurasi 2 jam, baterainya dari 100% tersisa 55%. Sementara saat mengetik tanpa menyalakan backlit keyboardnya, browsing, terhubung ke hotspot dan tingkat kecerahan layar 50% baterainya masih sanggup bertahan hingga sekitar 4 jam.

Kesimpulan

Acer Nitro 5 (AN515-52) memang bukan laptop gaming dengan performa buas dan banderol harga yang mahal. Jadi jelas laptop ini tidak hadir untuk para hardcore gamer yang mementingkan kualitas visual dengan pengaturan grafis rata kanan saat bermain game.

Dengan performa gamingnya yang cukup mumpuni menjalankan game AAA di pengaturan grafis tertentu, Acer Nitro 5 (AN515-52) cocok untuk para kasual gamer yang tidak terlalu mementingkan kualitas grafis tinggi saat bermain game. Banderol harganya yang di kisaran 11,99 Juta Rupiah juga cukup kompetitif di segmen laptop gaming kelas entry dan bisa jadi alternatif laptop gaming yang lebih murah untuk para gamer dengan dana terbatas.

Yang Canggih:

  • Desain keren
  • Cukup mumpuni menjalankan game AAA di pengaturan grafis tertentu
  • Harga cukup kompetitif di kelas laptop gaming entry

Yang kurang

  • Bodi bongsor kurang ideal untuk diajak bermobilitas
  • Trackpad mouse kurang nyaman digunakan
  • Daya tahan baterai rata-rata
Spesifikasi Acer Nitro 5 (AN515-52)
Prosesor Intel Core i5-8300H
RAM DDR4 8GB, bisa diupgrade hingga 32GB
Kapasitas Hard disk 1TB
GPU Nvidia GeForce GTX 1050 4GB
Layar IPS 15.6 inci, Full HD 1920 x 1080 pixel
Konektivitas port USB 3.0, satu port USB 3.1 Type-C, dua port USB 2.0, HDMI, Ethernet, slot pembaca kartu memori SD, Fast 2×2 802.11ac wireless
OS Windows 10
Acer Nitro 5 (AN515-52)
Banderol harganya yang di kisaran 11,99 Juta Rupiah cukup kompetitif di segmen laptop gaming kelas entry dan bisa jadi alternatif laptop gaming yang lebih murah untuk para gamer dengan dana terbatas.

Komentar

Beri komentar

Close