Mobile GadgetReviewSmartphone

Review Realme 2: Standar Baru untuk Smartphone Android di Bawah 2 Juta Rupiah

Murah tapi canggih
Cek Harga

Kecanggihan teknologi biasanya menetes ke bawah. Artinya, seiring waktu fitur canggih yang ada di sebuah produk teknologi tercanggih (yang biasanya mahal) akan “menetes” turun ke produk di kelas bawahnya yang lebih terjangkau.

Salah satu contoh terbaru adalah Realme 2. Walaupun merek ini baru resmi masuk Indonesia bulan Oktober 2018, tapi sebenarnya Realme sudah cukup terkenal di India. Nah, untuk pasar Indonesia, Realme 2 merupakan produk perdananya yang dijual di sini.

Seperti apa kelebihannya? Mampukah Realme 2 bersaing dengan brand lain yang sudah mapan? Berikut ulasan Realme 2 dari YANGCANGGIH.COM.

Desain lebih mahal dari harganya

Satu hal yang langsung membedakan Realme 2 dari kompetitor di kelas harganya (2 juta rupiah ke bawah) adalah desainnya. Realme 2 menggunakan pola wajik (diamond) untuk bodi bagian belakang. Terdapat pilihan warna biru, merah dan hitam. Untuk biru dan hitam, pola wajik tersebut membuat ponsel terlihat lebih mahal.

Saat dipegang, bodinya juga solid dengan finishing yang halus. Desainnya terasa rapi dengan sudut-sudut tumpul yang nyaman di tangan. Saat memegangnya, saya merasakan kualitas bodinya ada di atas ponsel kelas pemula lainnya.

Ini sejalan dengan visi Realme yang membidik anak muda sebagai target pasarnya. Dengan desainnya yang terasa dan terlihat mewah untuk kelasnya, Realme 2 berhasil menaikkan standar desain smartphone kelas pemula di kisaran harga 2 juta rupiah.

Spesifikasi di atas rata-rata

Beralih ke performa, Realme 2 yang kami uji menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 450. Spesifikasinya ini termasuk tangguh di kelasnya, mengingat chipset SD450 memiliki performa cukup identik dengan SD625 keluaran tahun lalu. Dipadukan dengan RAM 3GB, menavigasi menu atau beralih antar aplikasi bisa dijalankan dengan mulus oleh Realme 2.

Untuk game terbaru seperti Asphalt 9, Arena of Valor atau PUBG, kinerja Realme 2 sudah cukup memadai untuk menjalankan game-game baru tersebut dengan baik. Bahkan saat kami mengatur grafis Asphalt 9 ke setting tertinggi, Realme 2 dapat menjalankannya dengan baik dan tanpa kendala. Demikian juga dengan game Arena of Valor dan PUBG. Untuk PUBG, kami dapat memainkannya dengan lancar di setting grafis Medium.

Performa yang lancar ini sudah diantisipasi, mengingat layar Realme 2 yang hanya beresolusi HD+ akan mudah ditangani oleh chipset SD450 yang bisa menangani layar hingga Full HD+. Tapi tidak hanya itu. Realme 2 juga memiliki fitur Game Space yang dapat menggenjot performa saat main game serta mematikan notifikasi yang mengganggu sehingga pengguna tetap dapat berkonsentrasi ke game. Saat kami mencobanya untuk bermain game dalam waktu cukup lama, Realme 2 tidak terasa panas di tangan dan tetap nyaman.

Untuk UI atau antarmuka, Realme 2 menggunakan ColorOS 5.1 berbasis Android 8 (Oreo). Ini membuat tampilannya mirip seperti ponsel OPPO, termasuk untuk menunya. Bahkan untuk menu kamera, tidak ada perbedaan dengan UI kamera OPPO seri A seperti A3s. Bagi yang belum pernah menggunakan OPPO, tampilan menunya cukup mirip dengan iPhone. Oleh karena itu, UI bisa jadi nilai tambah atau nilai minus bagi sebagian pengguna.

Performa baterai Realme 2 yang berkapasitas 4230mAh patut diacungi jempol. Untuk pengguna kebanyakan yang sering ngobrol dengan aplikasi perpesanan dan aktif mengakses media sosial, cukup sering foto-foto serta mengecek email, baterai Realme 2 akan bertahan sekitar 15 jam. Bagi pengguna yang suka menonton video streaming seperti YouTube atau main game online, baterainya akan bisa bertahan sekitar 8 – 10 jam. Sekali lagi, angka ini akan berubah sejalan dengan kualitas jaringan dan tingkat kecerahan layar. Namun dari pengujian kami, baterai Realme seharusnya akan lebih dari memadai untuk kebanyakan pengguna.

Hasil foto lumayan

Adanya dua kamera di belakang menjadi salah satu hal yang membedakan Realme 2 dengan kebanyakan ponsel di kelas harganya. Kamera 2 megapixel kedua ini hanya berfungsi mengukur kedalaman untuk efek bokeh pada Portrait Mode. Untuk kualitas foto di kondisi cahaya ideal, kamera Realme 2 ternyata cukup dapat diandalkan.

Secara umum, hasil foto kamera belakang Realme 2 cukup tajam dengan reproduksi warna cukup baik untuk sebuah ponsel 2 juta rupiah, seperti contoh berikut ini.

IMG20180928174353
IMG20180928161717
IMG20180926143403
IMG20180928172145

Juga ada Beauty Mode yang mampu menghaluskan kulit seperti contoh berikut. Untuk hasilnya, dikembalikan ke selera pengguna.

IMG20180928130002

Begitu kondisi cahaya meredup dan agak gelap, kualitas foto juga menurun. Warna agak memudar dan detail terkikis oleh noise. Namun hasil fotonya masih cukup bagus jika hanya untuk dilihat di layar ponsel yang relatif kecil atau dibagikan ke media sosial.

Berikut hasil foto Realme 2 dalam kondisi minim cahaya tanpa editing.

IMG20181009184737
IMG20180926212917
IMG20180926144352

Hasil foto selfie dari kamera depan termasuk oke, jika kondisi cahaya cukup. Begitu cahaya meredup, hasil fotonya langsung ikut menurun. Fitur bokeh cukup halus, walaupun kadang mengaburkan telinga dan rambut sehingga terlihat kurang alami. Anda juga dapat bermain-main dengan mode Sticker yang menambahkan atribut imut ke wajah saat bosan mengambil foto selfie biasa. Berikut hasil foto selfie dalam berbagai mode dengan kamera depan Realme 2.

IMG20180928165803
IMG20180928152617
IMG20180928152652

Standar baru smartphone di kelas 2 juta rupiah

Selalu menarik melihat jika melihat sebuah merek berani melakukan lebih dan tidak mengekor kompetitornya untuk menembus pasar. Dan itulah yang kami rasakan dari Realme saat mengulas Realme 2. Semua pakem yang lazim digunakan untuk sebuah brand baru rasanya dilanggar oleh Realme.

Realme 2 berhasil menaikkan standar baru untuk smartphone di kelas 2 juta rupiah. Paduan performa, spesifikasi, serta desain yang atraktif sepertinya akan mampu menarik hati calon konsumen yang dibidiknya. Ditambah dengan baterai berkapasitas besar, serta pemindai sidik jari dan Face Unlock. Semua fasilitas yang sebelumnya masih absen untuk ponsel di kelas harganya ini dapat ditemukan di Realme 2.

Tentunya masih ada hal yang bisa ditingkatkan. Kualitas suara dari speaker internal misalnya. Walaupun lantang, tapi masih terdengar tipis dan kurang jernih. Kualitas kameranya cukup oke tapi masih kurang saat kondisi cahaya redup. Namun kekurangan tersebut rasanya tidak cukup mengurangi kilau Realme 2 yang kami prediksi akan laris manis di pasar Indonesia.

Jadi bagi yang memiliki dana 2 juta rupiah atau lebih sedikit, serta mendambakan smartphone dengan desain keren, performa cukup oke serta baterai tahan lama, tapi tidak terlalu mementingkan kamera, Realme 2 amat layak Anda pertimbangkan. Realme 2 tersedia dalam dua spesifikasi; versi dengan RAM 3G dan ROM 32GB seharga Rp1.999.000 serta versi dengan RAM 4GB dan ROM 64GB seharga Rp2.399.000.

Yang Canggih:

  • Desain keren dan terlihat mewah
  • Layar besar dengan bingkai tipis
  • Baterai berkapasitas besar
  • Fingerprint scanner dan Face Unlock cepat
  • Hasil foto oke di kondisi cahaya ideal
  • Harga amat menarik untuk spesifikasinya

Yang Kurang:

  • Pengaturan kamera terbatas
  • Suara dari speaker internal kurang oke
  • Hasil foto di kondisi minim cahaya masih bisa ditingkatkan
Review Realme 2
Standar baru smartphone 2 jutaan rupiah
Jadi bagi yang memiliki dana 2 juta rupiah atau lebih sedikit, serta mendambakan smartphone dengan desain keren, performa cukup oke serta baterai tahan lama, tapi tidak terlalu mementingkan kamera, Realme 2 amat layak Anda pertimbangkan.
Murah tapi canggih
Cek Harga

Komentar

Beri komentar

Close