Mobile GadgetNewsSmartphone

Google Resmi Umumkan Pixel 3 dan Pixel 3 XL

Google akhirnya secara resmi mengumumkan generasi terbaru dari smartphone andalannya yang diberi nama Pixel 3 dan Pixel 3 XL. Dibanding pendahulunya, tentunya kedua perangkat ini membawa berbagai peningkatan menarik.

Layar lebih besar, hadir dengan poni

Kedua smartphone anyar dari Google ini sama-sama menggunakan panel OLED. Bedanya, Pixel 3 mengandalkan ukuran 5,5 inci 18:9 dengan resolusi Full HD+. Sementara Pixel 3 XL menawarkan layar lebih besar yakni 6,3 inci 18.5:9 dengan resolusi 1,440 x 2,960 pixel.

Perbedaan lainnya adalah khusus untuk Pixel 3 XL Google mengedepankan desain layar berponi yang belakangan memang marak digunakan oleh berbagai produsen smartphone di dunia. Meski sedikit berbeda, masing-masing layar Pixel 3 dan Pixel 3 XL sudah mendukung HDR, Always-On Display, dan dilindungi Gorilla Glass 5.

Yang menarik, Pixel 3 dan Pixel 3 XL kini memiliki sertifikasi IP68 untuk daya tahan air yang lebih baik. Meningkat dari generasi sebelumnya yang sertifikasinya masih IP67 saja. Ada tiga varian warna yang disediakan Google, yakni Just Black, Clearly White, dan Not Pink.

Performa kencang, masih andalkan kamera tunggal

Dari sektor performa, Pixel 3 dan Pixel 3 XL menjanjikan performa super kencang berkat pengguna SoC terbaik Qualcomm, Snapdragon 845. Sayangnya opsi RAM hanya 4 GB saja, sementara opsi memori internal terdiri dari 64 GB dan 128 GB tanpa slot microSD.

Untuk urusan fotografi, kamera belakang kedua smartphone ini masih mengandalkan konfigurasi kamera tunggal. Google hanya membenamkan sensor 12.2 megapixel yang sudah didukung OIS dan aperture f/1.8.

Fitur utama seperti HDR+ masih tersedia, bersama dengan Top Shot. Nama yang disebut belakangan adalah fitur berbasis AI yang akan memastikan semua orang dalam foto sudah terkunci fokus, tersenyum, dan mata terbuka.

Fungsi AI lainnya juga bisa dinikmati lewat mode Super Res Zoom, yang dihadirkan Google sebagai solusi tidak adanya lensa tele untuk optical zoom pada Pixel 3 dan Pixel 3 XL. Untuk yang gemar selfie, Google justru menyajikam kamera depan ganda 8 megapixel dengan lensa berbeda, yakni wide-angle 97 derajat dan normal 75 derajat.

Soal daya, karena berukuran lebih besar Pixel 3 XL juga dibekali baterai yang lebih besar pula, yakni 3430 mAh. Sementara untuk Pixel 3, pengguna hanya ditawarkan baterai 2915 mAh saja. Kedua ponsel ini sudah mendukung fast charging dan wireless charging.

Lalu, kapan Pixel 3 dan Pixel 3 XL dilepas ke pasaran? Untuk Amerika Serikat Google menjadwalkannya di tanggal 19 Oktober 2018 dan menyusul Eropa pada 2 November mendatang. Harga Pixel 3 mulai dari US$799 atau sekitar 12,1 juta rupiah, sedangkan Pixel 3 XL mulai dari US$899 atau sekitar 13,7 juta rupiah.

Komentar

Beri komentar

Close