Quantcast
KomputerLaptopNews

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Lenovo IdeaPad 720s

Laptop yang tipis dan ringan memang menjadi dambaan siapa saja. Apalagi diimbangi dengan performa yang juga bertenaga. Nah, di kategori ini Lenovo punya satu jagoan yaitu Lenovo IdeaPad 720s. Sebelum Anda memutuskan untuk meminang laptop ini berikut kelebihan dan kekurangannya yang wajib Anda ketahui.

Lenovo IdeaPad 720s 1

Kelebihan

1. Bodi alumunium yang ringkas dan ringan
Secara fisik IdeaPad 720s yang mengusung bodi alumunium ini memang relatif ramping dengan ketebalan bodi sekitar 13.6mm. Bobotnya yang hanya 1,14 Kg juga sangat ringan. Dimensinya ini sangat ringkas dan ideal untuk pengguna yang bermobilitas tinggi.

2. Layar IPS Full HD menawan dengan bezel tipis
Lenovo IdeaPad 720s datang dengan layar IPS berukuran 13.3 inci. Tampilannya sangat menawan dengan bingkai layar yang sangat tipis. Layarnya ini mampu menghadirkan visual yang nyaman di mata dengan tingkat kontras, warna dan ketajaman yang amat baik di resolusi Full HD 1920 x 1080 pixel. Sayangnya, layarnya ini memang belum dilengkapi dengan fitur sentuhan.

3. Keyboard Backlit yang sangat nyaman digunakan
Lenovo IdeaPad 720s 4
Beralih ke sektor keyboard, IdeaPad 720s datang dengan keyboard yang bergaya chiclet. Tombol-tombol keyboard yang dibawanya berukuran relatif cukup besar dan tidak terlalu rata dengan bodi. Ini menjadikan keyboardnya sangat nyaman sekali digunakan untuk mengetik. Untuk mendukung kegiatan mengetik di kondisi gelap, Lenovo juga telah menambahkan lampu backlit di keyboard tersebut.

4. Dilengkapi sensor sidik jari
Tepat di bawah keyboardnya ini Lenovo juga telah menyediakan sensor sidik jari yang berguna sebagai pengaman tambahan.

5. Performa memuaskan
Lenovo IdeaPad 720s ditenagai APU AMD Ryzen seri tertinggi yakni Ryzen 7 2700U dengan Radeon RX Vega 10 Graphics yang kinerjanya disokong RAM 8GB.

Lenovo IdeaPad 720S 1

Dengan spesifikasinya ini Lenovo IdeaPad 720s berhasil menjadi laptop yang sangat bisa diandalkan untuk beragam kebutuhan dari produktivitas seperti mengolah dokumen, berselancar di Internet, menyunting video dan mengolah foto sederhana hingga hiburan seperti menonton video atau mendengarkan musik. Selain itu, kinerja juga relatif senyap sehingga sangat nyaman diajak berkerja di mana saja.

6.Kapasitas SSD besar
Meski punya bodi yang ramping, Anda pun tidak perlu khawatir akan cepat kehabisan ruang penyimpanan. Pasalnya, Lenovo telah melengkapinya dengan ruang penyimpanan SSD dengan kapasitas yang sangat lapang yakni 512GB.

7. Daya tahan baterai relatif lama
Bagi Anda yang sering berkerja di luar ruangan, laptop ini juga sangat hemat daya. Dari pengujian kami, dengan skema tingkat gelap terang 50%, terhubung ke WiFi hotspot, dan digunakan untuk mengetik, dan sesekali menonton video di youtube, IdeaPad 720s bisa menemani kami bekerja hingga sekitar 6 jam.

Yang Kurang

1. Tidak tersedia slot pembaca kartu memori SD

Demi mengejar desain bodi yang tipis dan ringan memang cukup banyak kompromi yang dilakukan oleh Lenovo. Salah satunya adalah absennya slot pembaca kartu memori SD yang akan cukup merepotkan untuk sebagian pengguna.

2. RAM single channel tidak bisa diupgrade
Lenovo IdeaPad 720s hadir dengan konfigurasi RAM single channel yang tidak bisa diupgrade. Jadi Anda harus puas dengan RAM 8GB yang dibawanya.

Ini menjadikan kinerjanya akan kurang ideal untuk gaming mengingat Radeon RX Vega 10 memang lebih optimal dengan konfigurasi dual channel memory. Kendati demikian, menurut kami hal ini masih cukup wajar karena memang IdeaPad 720s dihadirkan bukan untuk menyasar para gamer.

3. Agak hangat di area tengah keyboard saat beban komputasi tinggi
Kompromi lain dari laptop berdesain tipis dan ringan adalah manajemen thermal. Saat beban komputasi tinggi, Anda akan merasakan sedikit rasa hangat di area tengah keyboard. Kendati demikian, sensasi hangat yang timbul masih dalam batas wajar dan untunglah tidak menggangu performanya secara keseluruhan.

Back to top button