Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Berminat dengan Oppo F9? Yuk, Simak Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Oppo F9 hadir di Indonesia dengan membawa berbagai fitur menarik di kelasnya yang beberapa di antaranya lebih canggih dibanding F7. Masih dibanderol di angka yang kompetitif, tidak heran jika smartphone ini langsung menjadi buruan para pengguna begitu dilepas ke pasaran.

Nah, bila Anda termasuk orang yang berminat membeli F9 dalam waktu dekat, ada baiknya Anda membaca terlebih dahulu apa saja kelebihan utama dan kekurangannya. Dengan begitu, kami berharap Anda bisa lebih yakin untuk meminang perangkat cantik ini.

Yang Canggih

1. Desain menawan dengan warna gradasi

OPPO F9 starry purple hand

Seolah menyempurnakan desain yang sudah bagus pada F7, Oppo melakukan beberapa perubahan untuk menghadirkan tampilan yang lebih fresh pada F9. Bagian belakangnya dihiasi dengan Floral Pattern dan akan berkilau seperti berlian ketika terpapar cahaya. Tidak hanya sedap dipandang, kilauan tersebut sekaligus membuat Oppo F9 tampak lebih mewah.

Oppo F9 Twilight Blue dan Sunrise Red

Menariknya lagi, F9 hadir dalam tiga pilihan warna yang sangat eye-catching, yakni Sunrise Red yang terinspirasi dari waktu matahari terbit, Twilight Blue yang menyajikan warna saat senja di sore hari menjelang malam, serta Starry Purple yang terinspirasi dari keindahan langit penuh bintang.

2. Layar lega, poni minimalis

Beralih ke bagian depan, Oppo juga melakukan sedikit perombakan dengan memangkas poni pada layar menjadi lebih kecil. Oppo menyebut desain ini dengan nama Waterdrop Screen. Pada bagian poni tersebut, Oppo hanya membenamkan kamera selfie dan sensor proximity saja. Dipadukan dengan bezel yang tipis, hasilnya rasio screen-to-body Oppo F9 mencapai 90,8 persen!

Oppo F9 4

Layar pada Oppo F9 sendiri berukuran 6,3 inci yang memiliki resolusi Full HD+ dan aspect ratio 19.5:9. Kurang lebih kualitas layarnya sama seperti F7, tajam denga keluaran warna yang begitu memanjakan mata saat digunakan untuk menampilkan beragam konten.

3. Didukung VOOC Flash Charge

Bagi yang belum tahu, VOOC merupakan teknologi pengisian ulang daya secara cepat dengan tegangan rendah yang telah dikembangkan Oppo sejak 2014 dan memiliki 500 inovasi yang sudah dipatenkan.

Oppo F9 vooc

Berkat VOOC, Oppo F9 dapat mengisi daya hingga empat kali lebih cepat dibandingkan dengan pengisian daya konvensional, sehingga pengguna bisa mendapatkan waktu bicara selama dua jam hanya dengan mengisi daya selama lima menit.

VOOC Flash Charge juga dilengkapi dengan lima lapisan pelindung yang terdapat pada bagian adaptor, kabel USB, charging port, baterai, dan konektor baterai, Dengan begitu, perangkat akan tetap aman digunakan walaupun sedang diisi daya.

4. Performa oke untuk berbagai kebutuhan

Oppo F9 dibekali hardware dengan kombinasi SoC MediaTek Helio P60 yang ditemani RAM 4 GB dan memori internal 64 GB. Khusus untuk varian warna Starry Purple, OPpo menyediakan opsi RAM yang lebih besar, yakni 6 GB.

Dengan hardware seperti ini, Anda bisa menikmati pengoperasian yang mulus tanpa kendala ketika menjalankan berbagai aplikasi. Untuk gaming juga tidak ada masalah. Game-game populer seperti Mobile Legends, Arena of Valor, dan PUBG Mobile bisa dimainkan dengan lancar serta stabil.

Bahkan, selama kami menjalankan game tersebut suhu Oppo F9 tetap terjaga dengan baik. Tidak ada peningkatan suhu panas yang pengalaman bermain.

5. Kamera cukup baik di kelasnya

Oppo F9 mempercayakan konfigurasi kamera belakang ganda yang terdiri dari kamera utama 16 megapixel dengan lensa f/1.8 dan kamera kedua 2 megapixel dengan lensa f/2.4. Smartphone ini pun menjadi anggota F-series pertama yang mengusung konfigurasi dual-camera.

Sedikit catatan, kamera 2 megapixel berfungsi untuk mengatur kedalaman ruang pada mode Portrait (bokeh). Untuk urusan selfie, OPPO F9 masih mengandalkan kamera 25 megapixel dengan lensa f/2.0 dan sensor HDR.

Hasil foto Oppo F9 (13)

Hasil foto Oppo F9 (10)

IMG20180820070545

Untuk mendukung terciptanya foto yang bagus, Oppo F9 kembali dibumbui fitur-fitur pendukung kamera seperti AI Scene Recognition, AI Beauty 2.1, AR Sticker, dan Super Vivid Mode. Tambahan lain, ada fitur Slow-Motion 120fps untuk perekaman video.

OPPO F9

Hasil fotonya? Menurut kami cukup baik di kelasnya dan warnanya pun terlihat matang. Kinerja fokus baik, termasuk dalam kondisi minim cahaya. Selain itu, efek bokeh kamera belakang cukup rapi dan noise relatif tidak mengganggu pada kondisi minim cahaya.

6. Baterai tahan lama

Tidak hanya cepat sangat charging, baterai dari Oppo F9 pun juga tergolong awet. Dengan kapasitas yang sedikit lebih besar dari F7, yakni 3500 mAh, baterai ini dapat mendukung F9 untuk menemani Anda beraktivitas seharian penuh sejak pagi hingga malam.

7. ColorOS 5.2 ringan dan kaya fitur

Oppo F9 hadir dengan ColorOS 5.2 berbasis Android 8.1 Oreo. Sama seperti versi sebelumnya, ColorOS tetap menyajikan pengoperasian yang ringan serta dibanjiri segudang fitur menarik.

Anda bisa menjalankan dua aplikasi sekaligus di satu layar melalui fungsi Split-Screen. Mendengarkan musik meski layar padam pun bukan masalah. Ada pula Google Lens yang bisa Anda akses langsung saat sedang membuka aplikasi kamera. Bagi yang belum tahu, Google Lens dapat mengenali objek yang tertangkap kamera dan menyajikan penelusuran terkait dari objek tersebut.

Tak ketinggalan, F9 kini dibekali dengan fitur bernama Game Space. Bukan hanya mengatur agar notifikasi tidak menutupi layar, Game Space juga didukung fungsi Graphics Acceleration untuk meningkatkan performa gaming.

Yang Kurang

1. Bodi belakang mudah kotor oleh sidik jari

Dibalik desainnya yang cantik, sayangnya bodi bagian belakang dari Oppo F9 masih menjadi magnet sidik jari. Agar tidak mudah kotor, Anda bisa memasang softcase yang untungnya sudah termasuk dalam paket penjualannya.

OPPO F9 starry purple prop

2. Pengendalian noise terkadang terlalu agresif

Untuk pemotretan di kondisi low light, kamera Oppo F9 tergolong masih cukup baik di kelasnya. Noise juga relatif minim terlihat. Namun jika dicermati lebih dekat, detail pada foto juga ikut terkikis oleh pengendalian noise yang terkadang terlalu agresif.

3. Reproduksi warna sesekali terlihat berlebihan

Kamera Oppo F9 mampu menyajikan warna pada foto dengan matang. Sayangnya, sesekali kami melihat warna yang dihasilkan terlihat berlebihan, alias terlalu matang.

Itulah berbagai kelebihan dan kekurangan dari Oppo F9. Jika masih penasaran, Anda bisa membaca review lengkapnya di tautan berikut ini. Sekadar informasi tambahan, saat ini F9 dibanderol dengan harga Rp4.299.000. So, tunggu apa lagi?

Back to top button