Mobile GadgetReviewSmartphone

Review Samsung Galaxy Note 9: Android Tercanggih untuk Bekerja dan Bermain

Fungsionalitas maksimal
Cek Harga

Meningkatkan kualitas sebuah produk yang sudah bagus bukanlah hal yang mudah. Dan itulah tantangan yang dihadapi Samsung saat merancang Galaxy Note9 yang menggantikan Note8, salah satu smartphone terbaik tahun 2017 silam.

Hadir dengan desain yang hanya sedikit berbeda dengan Note8, Samsung Galaxy Note9 ternyata masih mengemas beragam peningkatan yang cukup menarik.

Desain disempurnakan

Samsung Galaxy Note9 masih mengadopsi layar penuh tanpa poni seperti pada Note8. Satu hal yang paling membedakan Note9 dengan Note8 adalah lokasi sensor sidik jari yang kini di bawah lensa kamera belakang. Walaupun cukup mepet dengan lensa, sensor sidik jarinya kini lebih mudah diakses tanpa melihat. Jadi tidak ada lagi cerita salah pencet yang mengakibatkan lensa kamera belakang (Note8) mudah kotor terkena sapuan jari.

Mirip dengan Note8, desain Note9 termasuk ergonomis. Sudut-sudut halus yang tidak tajam membuatnya terasa enak saat digenggam, baik dengan satu tangan atau dua tangan.

Untuk tombol di samping bodi, terdapat tombol Bixby di sisi kiri. Sayangnya, bagi yang tidak menggunakan Bixby, tombol yang ada di bawah tombol volume ini tidak bisa diganti fungsinya.

Secara keseluruhan, desain Note9 memang amat mirip dengan Note8. Memang ada sedikit perbedaan dari sisi lebar, tinggi, ketebalan, serta bobot bodi. Namun perbedaannya sangat tipis sehingga akan membuat pengguna Note8 sekalipun tidak bisa membedakan keduanya jika melihatnya dari depan.

Performa kencang untuk semua tugas

Mengingat ini adalah ponsel flagship, performa menjadi perhatian Samsung. Note9 menggunakan chipset Exynos 9810 dengan prosesor quad-core serta RAM 6GB (8GB untuk varian 512GB). Ponsel yang kami uji ini merupakan varian 6GB/128GB.


Dari pengujian mencobanya memainkan game, melakukan video streaming serta beragam aplikasi lainnya, kami tidak merasakan ada lag. UI TouchWiz yang dulu dikenal berat, terasa ringan dan lancar. Hasil benchmark Antutu juga mengungkapkan angka yang sangat tinggi, salah satu yang tertinggi untuk saat ini.

Bagi yang ingin menggunakannya sebagai perangkat untuk bekerja, terdapat dukungan DEX. Dengan aksesori ini, Anda bisa menghubungkan Note9 ke monitor atau TV dan menggunakannya seperti komputer berbasis Android, lengkap dengan dukungan keyboard dan mouse. Pengalaman menggunakan Note9 dengan DEX cukup baik dan mulus. Jika dulu Samsung DEX harus dibeli terpisah, sekarang Anda tinggal membeli kabel USB Type C – HDMI untuk menghubungkannya ke TV atau perangkat tampilan dengan koneksi HDMI.

Selain performa, kualitas layar Note9 juga masih yang terbaik. Kontras dan tingkat kecerahan yang superior membuat semua konten, mulai dari video hingga game, dapat ditampilkan dengan amat baik. Ada perubahan sedikit di ukuran layar, yang kini menjadi 6,4 inci (dari 6,3 inci) dengan resolusi Quad HD+ (2960 x 1440 pixel) yang memiliki kerapatan pixel hingga 516ppi.

Kamera ganda dengan dua aperture

Salah satu peningkatan yang kentara ada di kamera gandanya di belakang. Kini Note9 mengadopsi fitur kamera belakang ganda dengan dua aperture (f/1.5 dan f/2.4) seperti pada Galaxy S9+. Secara singkat, adanya pilihan antara dua aperture atau bukaan lensa ini akan memudahkan saat Anda memotret di kondisi minim cahaya atau saat ingin memotret dengan lebih jelas di siang hari.

Jadi jika kondisi cahaya termasuk gelap atau remang-remang, memotret dengan aperture f/1.5 akan membuat hasil foto lebih terang dengan kecepatan rana lebih cepat sehingga hasil foto cenderung akan lebih tajam. Sebaliknya jika ingin menghasilkan foto yang lebih jelas di sisi depan dan belakang subyek, gunakan aperture f/2.4. Kamera Note9 sendiri secara otomatis akan dapat memilih aperture mana yang lebih optimal untuk berbagai kondisi.

Untuk hasil foto, kamera belakang Note9 mampu menghasilkan foto yang tajam dengan warna yang matang. Detail pada obyek dan subyek yang ditangkap kamera juga amat baik, seperti terlihat di foto berikut.

20180825_014046
20180901_104226
20180825_124832

Di kondisi minim cahaya, hasilnya juga baik dan relatif tajam. Apalagi jika difoto dengan menggunakan setting aperture f/1.5. Ada beberapa efek penajaman (sharpening) pada beberapa foto, tapi masih dalam taraf wajar yang tidak terlihat jika gambar tidak diperbesar hingga 100%.

Berikut beberapa contoh hasil foto kamera belakang Note9 di kondisi minim cahaya tanpa proses penyuntingan.

20180906_184149
20180906_182830
20180905_131059
20180909_202843

Berikut hasil foto dengan digital zoom di malam hari:
20180909_191611

Dua kamera belakang Samsung Galaxy Note9 ternyata mampu menghasilkan foto dengan efek bokeh (latar yang kabur) yang cukup rapi.

20180906_183515

20180906_182949

Untuk mendapatkan hasil foto dengan efek bokeh yang baik, Anda perlu melihat subyek dan jarak antara subyek dengan latar. Jika jarak subyek dan latar terlalu dekat, biasanya efek yang didapat akan kurang meyakinkan.

Dengan adanya dua kamera, Anda kini memiliki dua lensa dengan jangkauan berbeda. Sama seperti Galaxy S9+, kamera belakang Note9 seperti memiliki dua lensa. Berikut contoh hasil foto dengan dua kamera belakang yang beda jangkauan.

20180906_182651
20180906_182702

Biasanya lensa dengan rentang fokal (jangkauan) lebih panjang akan cocok untuk memotret subyek manusia

Yang mengejutkan, kamera depannya mampu menghasilkan foto selfie dengan detail yang baik seperti terlihat dari foto ini.

20180831_164514

Untuk di kondisi gelap, hasil foto selfie Note9 langsung menurun kualitasnya. Baik dari sisi warna maupun noise.

Fitur menyenangkan lain juga sama seperti di Samsung Galaxy S9+, yaitu Sticker, AR Emoji dan Super Slow Motion Video. Untuk video slow motion, kini Anda bisa mengaturnya untuk Multi Take atau secara otomatis mengambil momen super lambat selama berkali-kali. Perlu dicatat untuk mendapatkan hasil rekaman video Super Slow Motion yang baik, Anda harus merekamnya dalam kondisi cahaya yang amat baik.

Berikut hasil video Slow Motion 960fps dari Note9.

20180826_081930

Dari pengujian, kualitas hasil fotonya amat identik dengan hasil foto Samsung Galaxy S9+.

Fungsionalitas bertambah

Satu peningkatan yang dibawa Samsung akan ditemukan di S-Pen. Kini stylus Note9 tersebut telah dilengkapi koneksi Bluetooth dan tambahan tombol. Baterai S-Pen ini akan terisi saat tersimpan di tempatnya.

Kegunaan tombol pada S-Pen ini dapat diatur. Misalnya, Anda dapat mengaturnya agar meluncurkan aplikasi jika tombol ditekan. Atau langsung menjalankan kamera dan mengambil gambar. Namun pengaturan yang ada saat ini masih terbatas sehingga S-Pen baru ini lebih berguna jika digunakan sebagai remote shutter untuk mengambil foto group selfie atau melakukan candid.

Tapi peningkatan yang paling berguna adalah ketahanan baterainya. Samsung Galaxy Note9 kini menggunakan baterai berkapasitas 4000mAh, jauh lebih besar dibandingkan baterai Note8.

Dari pengujian kami, Note9 akan dapat bertahan sekitar 15 jam dengan pola pemakaian 5 akun email aktif, serta memotret dan main game cukup sering. Untuk resolusi layar, kami atur pada Full HD dengan tingkat kecerahan 40%. Dengan begitu, baterai Note9 seharusnya akan mampu memenuhi kebutuhan hampir semua pengguna yang aktif sekalipun.

Galaxy Note terbaik

Fitur baru yang ada di Note 9 memang terbilang sedikit jika dibandingkan Note 8. Dengan Galaxy Note 9, Samsung seperti ingin menunjukkan bahwa menyempurnakan produk yang bagus juga dapat dikategorikan sebagai inovasi.

Fokus Samsung meningkatkan pengalaman pengguna terlihat dari ditingkatkannya kapasitas baterai yang kini membuatnya dapat digunakan seharian. Satu perubahan penting lainnya adalah pilihan kapasitas memori internal yang mencapai 512GB. Ini amat penting bagi pengguna yang ingin menjalankan banyak aplikasi atau kurang percaya dengan kartu memori.

Jika Anda pengguna Note 8 yang sering mengeluh karena harus mengisi baterai beberapa kali dalam sehari atau merasa kekurangan memori untuk menyimpan aplikasi, Note 9 merupakan pilihan yang amat mudah.

Untuk siapakah Samsung Galaxy Note 9? Bagi Anda yang membutuhkan smartphone dengan layar, kamera dan performa yang amat baik, serta tidak keberatan dengan harganya, Samsung Galaxy Note 9 merupakan pilihan yang wajib dipertimbangkan.

Yang Canggih:

  • Desain cantik dan ergonomis
  • Performa amat baik
  • Kapasitas memori internal terbesar untuk ponsel Android di Indonesia
  • Daya tahan baterai terbaik untuk kelas flagship
  • Hasil foto selfie termasuk baik di cahaya terang
  • Dua kamera belakang mampu menghasilkan foto amat baik di berbagai kondisi cahaya
  • Multi-Take pada Super Slow Motion membantu
  • Posisi fingerprint sensor lebih baik dibanding pada Note 8

Yang Kurang:

  • Desain agak lebar dan bobot agak berat bagi sebagian pengguna
  • Tidak banyak fitur baru jika dibandingkan Note 8
  • Pengaturan fungsi Bluetooth pada S-Pen masih terbatas
  • Hasil foto selfie pada kondisi minim cahaya kurang oke
  • Super Slow Motion video terbatas durasinya dan kurang oke di kondisi minim cahaya
Seri Galaxy Note Terbaik
Bagi Anda yang membutuhkan smartphone dengan layar, kamera dan performa yang amat baik, serta tidak keberatan dengan harganya, Samsung Galaxy Note 9 merupakan pilihan yang wajib dipertimbangkan.
Fungsionalitas maksimal
Cek Harga

Komentar

Beri komentar

Close