Quantcast
Foto & VideoKamera sakuNews

[Photokina 2018] Zeiss ZX1: Kamera Saku Full Frame Pertama di Dunia dengan Adobe Lightroom

Kamera digital pertama dari Zeiss

Photokina 2018 membawa banyak kejutan di dunia fotografi. Sebut saja seperti kabar aliansi L-Mount dari Leica, Panasonic dan Sigma, generasi terbaru kamera mirrorless medium format 100 megapixels dari Fujifilm, dan pengembangan kamera mirrorless full frame pertama dari Panasonic.

Zeiss ZX1 1
ZEISS ZX1

Tidak ingin ketinggalan, pabrikan lensa lengendaris Zeiss pun ikut memberikan kejutan. Sambutlah Zeiss ZX1 yang merupakan kamera digital paling pertama dari Zeiss.

Tantang Leica Q dan Sony RX1 Series

Debut perdana kamera digital dari Zeiss ini memang langsung mencuri perhatian. Pasalnya, Zeiss ZX1 bukanlah kamera mirrorless atau DSLR. Zeiss ZX1 adalah kamera saku premium yang mengusung sensor full frame. Dengan demikian, Zeiss ZX1 akan menjadi penantang Leica Q dan Sony RX1 Series.

Sensor dan lensa rancangan Zeiss

ZEISS ZX1 4
Zeiss ZX1 dipersenjatai dengan sensor full frame 37.4 megapixel yang dirancang sendiri oleh Zeiss. Untuk memotret, kamera ini menyediakan pengaturan ISO dari ISO 80 hingga ISO 51200. Sementara untuk merekam video Zeiss ZX1 bisa merekam video hingga resolusi 4K 30fps.

Tepat di depan sensornya, Zeiss memasang lensa Zeiss Distagon 35mm f/2 T*. Menurut Zeiss, lensa yang terdiri dari 8 elemen dalam 5 grup ini memang khusus dirancang untuk melengkapi sensornya tersebut agar bisa menghasilkan gambar yang berkualitas sesuai standar Zeiss.

Pertama dengan Adobe Lightroom

ZEISS ZX1 3
Satu fitur tidak biasa yang dibawa oleh Zeiss ZX1 adalah hadirnya dukungan Adobe Photoshop Lightroom CC. Zeiss ZX1 menjadi kamera pertama yang dilengkapi fitur ini. Dengan demikian pengguna bisa menyunting dan mengolah foto RAW di kamera langsung tanpa perlu lagi bantuan komputer.

Ruang penyimpanan masif

Kemudian, fitur tidak biasa lain yang bisa dijumpai di Zeiss ZX1 adalah absennya slot kartu memori SD. Untuk menyimpan semua hasil bidikan foto dan video, Zeiss langsung menyediakan ruang penyimpanan internal dengan kapasitas yang sangat masif yakni 512GB. Artinya, Anda bisa memotret hingga sekitar 6800 foto dengan format RAW (DNG) dan lebih dari 50.000 foto format JPEG.

Untuk fitur lainnya, Zeiss ZX1 hadir dengan layar sentuh 4.3 inci yang resolusinya 1280 x 720 pixel, jendela bidik elektronik OLED Full HD, baterai 3190 mAh, WiFi, Bluetooth dan port USB Type-C.

Walau sudah diumumkan Zeiss masih belum mengungkapkan berapa harga jual Zeiss ZX1. Untuk jadwal ketersediaannya, Zeiss ZX1 dipastikan akan meluncur tahun 2019 nanti.

Back to top button