KomputerLaptopReviewUltraportable

Review HP Spectre 13 (2018): Laptop 13 Inci Paling Tipis di Dunia untuk Tahun 2018

Desain super tipis tanpa mengorbankan performa

Laptop hebat yang cantik
Cek Harga

Kecuali untuk gaming, biasanya pengguna akan menggambarkan laptop idamannya sebagai sebuah laptop dengan dimensi tipis dan ringan tapi dengan performa tinggi dan kapasitas besar. Dikenal akan desainnya yang tidak hanya terlihat mewah, tapi juga kokoh dan inovatif, HP Spectre 13 merupakan contoh yang ideal untuk itu.

Bahkan HP Spectre 13 2018 ini merupakan laptop dengan layar sentuh tertipis di dunia. Seperti apa kecanggihannya? Berikut ulasannya.

Desain tetap mewah dan kokoh

Menggabungkan bahan aluminium dan serat karbon pada bodinya, serta lapisan cat khusus, HP Spectre 13 Ceramic White memiliki finishing matte atau doff warna putih yang halus saat disentuh, tapi tidak mudah menyerap sidik jari.

Melengkapi tampilannya, HP memberikan sentuhan akses warna emas atau yang disebut Pale Gold. Hasilnya, sebuah laptop dengan tampilan klasik sekaligus mewah dalam balutan warna yang eksklusif.

Bicara soal estetika desain, rasanya tidak banyak laptop tipis yang secantik HP Spectre 13 2018. Keindahan desainnya terlihat dari berbagai sudut. Contoh, desain engselnya yang membulat dengan aksen warna yang kontras. Atau warna tepi bodi yang kontras dengan warna bodi utama. Perhatian terhadap detail desain inilah yang membedakan HP Spectre 13 2018 dengan laptop tipis lainnya.

Dibandingkan generasi sebelumnya, HP Spectre generasi terbaru ini sedikit lebih tipis. Port koneksi juga tetap di belakang. Ada 2 port Thunderbolt 3, dan satu port USB Type C 3.1 serta satu jack audio. Untungnya HP telah menyertakan beberapa adaptor USB Type-C di paket pembelian. Dengan demikian, Anda tetap dapat dengan mudah menghubungkan perangkat dengan koneksi USB Type A, HDMI, RJ-45, atau koneksi VGA.

Langkah yang baik mengingat banyak laptop mahal yang tipis tidak dilengkapi adapter sehingga harus membeli terpisah. Ini juga merupakan solusi dari minimnya ruang di bodi yang tipis sehingga sulit untuk menaruh slot dan port konektivitas yang lebih memadai.

Kenyamanan bekerja juga didapatkan dari keyboard HP Spectre 13. Walaupun tipis, ternyata tombol keyboard laptop ini memiliki jarak tekan yang cukup dalam sehingga nyaman saat digunakan mengetik untuk jangka waktu yang lama. Touchpad khas HP yang melebar juga nyaman digunakan dan termasuk akurat saat digunakan.

Satu kekurangan dari dimensinya yang tipis, layar sentuhnya agak mudah bergoyang jika Anda menyentuhnya sedikit kencang.

Performa kencang untuk ukurannya

Walaupun tipis, tidak ada kompromi yang dilakukan HP untuk Spectre 13. Ini terbukti dari prosesor Intel Core i7-8550U quad-core generasi ke-8 terbaru yang digunakannya. Bahkan HP juga memberikan RAM 16GB sebagai standar, dengan pilihan kapasitas SSD antara 512GB dan 1TB.

Dengan performanya, HP Spectre 13 amat nyaman dipakai untuk bekerja ringan maupun berat. Kami mengujinya untuk menyunting foto dan video. Dan HP Spectre 13 2018 mampu melakukannya dengan amat baik.

Namun performanya yang kencang ini menghasilkan panas di bodi yang cukup terasa, terutama di bagian speaker dan bagian belakang yang memuat lubang pembuangan hawa. Hal yang wajar untuk sebuah laptop tipis, namun ini membuatnya kurang nyaman saat diletakkan di pangkuan.

Spesifikasinya ini juga amat mumpuni untuk memutar film resolusi tinggi. Dan layar HP Spectre 13 (versi yang kami coba menggunakan layar Full HD) mampu menampilkan visual yang memukau, dengan reproduksi warna dan kontras yang baik serta tingkat kecerahan yang cukup tinggi.

Bahkan Anda dapat memilih HP Spectre 13 dengan layar beresolusi 4K. Dengan layar 4K, yang dapat menampilkan semua detail pada video beresolusi 4K yang sudah cukup banyak ditemukan di Netflix atau YouTube.

Bicara soal hiburan, speaker B&O yang ada di dekat engselnya mampu menghasilkan audio yang jernih baik untuk film maupun musik. Speakernya juga cukup lantang untuk ruangan kecil kamar tidur atau ruang kerja.

Menurut HP, baterai Spectre 13 dapat bertahan hingga 10 jam. Namun dari pengujian, baterainya hanya mampu bertahan hingga 8 jam saat kami memutar video dan memutar musik sambil bekerja. Pencapaian yang cukup bagus, mengingat dimensinya yang amat tipis.

Kesimpulan

Dengan Spectre, HP sekali lagi membuktikan bahwa laptop tipis tidak selalu harus mengorbankan performa. Untuk harga, HP Spectre 13 2018 dapat dimiliki mulai dari kisaran 24 juta rupiah.

Menurut kami, itu adalah harga yang pantas untuk sebuah produk yang premium dari sisi desain dan performa. Jadi bagi yang membutuhkan laptop yang ultra tipis dan mewah, tapi tetap memiliki performa kencang dan spesifikasi teratas di kelasnya, HP Spectre 13 dengan prosesor Intel Core generasi ke-8 ini bisa menjadi pilihan.

Yang Canggih:
+ Desain cantik yang amat tipis dan ringan
+ Performa kencang untuk berbagai kebutuhan, kecuali gaming
+ Adapter konektivitas yang disertakan termasuk lengkap
+ Kualitas tampilan amat baik
+ Speaker internal termasuk kencang dan jernih
+ Keyboard nyaman untuk mengetik dalam jangka waktu lama
+ Baterai tahan lama

Yang kurang:
– Panas berlebih di bagian speaker dan engsel
– Layar agak mudah goyang jika disentuh tangan agak keras
– Semua port di bodi hanya USB Type C
– Harga masih relatif premium

Review HP Spectre 13-af519tu
Jadi bagi yang membutuhkan laptop yang ultra tipis dan mewah, tapi tetap memiliki performa kencang dan spesifikasi teratas di kelasnya, HP Spectre 13 dengan prosesor Intel Core generasi ke-8 ini bisa menjadi pilihan.
Laptop hebat yang cantik
Cek Harga

Komentar

Beri komentar

Close