KomputerMonitorNewsReviewUltraportable

Review Lenovo IdeaPad 720s: Laptop Ringkas dan Ringan Berbasis AMD Ryzen 7

Performa andal untuk berbagai tugas

Cek Harga

Tidak hanya Lenovo Legion yang hadir untuk segmen gaming dan Lenovo YOGA di kategori laptop konvertibel, laptop di kategori tipis dan ringan kembali menjadi fokus Lenovo di tahun 2018.

Ini dibuktikan Lenovo dengan hadirnya Lenovo IdeaPad 720s yang berhasil mencuri perhatian kami dengan filosofi Less is More yang diusungnya. Ingin tahu bagaimana kehebatan laptop yang ditenagai teknologi APU AMD Ryzen terbaru ini? Simak ulasannya sebagai berikut.

Sangat mudah diajak bermobilitas

Tipis dan ringan menjadi 2 poin utama dari IdeaPad 720s. Secara fisik IdeaPad 720s yang mengusung bodi alumunium ini memang relatif ramping dengan ketebalan bodi sekitar 13.6mm. Bobotnya juga sangat ringan dengan bobot total hanya 1.14 kg. Dimensinya ini sangat ringkas dan ideal untuk pengguna yang bermobilitas tinggi.

Tapi, imbas dari bodinya yang ramping dan ringan tersebut tidak banyak port konektivitas yang bisa kami temukan di IdeaPad 720s.

Di bodinya ini hanya bisa ditemukan 2 port USB 3.0, 1 port USB Type-C Thunderbolt, 1 port USB Type-C yang mendukung fitur always-on charging, dan headphone jack. Bahkan, Lenovo juga meniadakan slot pembaca kartu memori SD yang memang akan cukup merepotkan untuk sebagian pengguna.

Layar 13.3 inci yang menawan

Bodinya yang tipis dan ringan datang dengan membawa layar IPS berukuran 13.3 inci. Layarnya tersebut belum dilengkapi dengan fitur sentuhan. Kendati demikian, layarnya cukup istimewa dengan bingkai layar yang terlihat tipis.

Saat digunakan bekerja atau menonton film kami juga puas dengan tampilan yang tersaji di layarnya tersebut. Layarnya ini mampu menghadirkan visual yang nyaman di mata dengan tingkat kontras, warna dan ketajaman yang amat baik di resolusi Full HD 1920 x 1080 pixel.

Disokong dengan speaker dari pabrikan JBL yang lengkap dengan fitur Dolby Atmos, tidak hanya untuk bekerja saja IdeaPad 720s juga cocok untuk teman hiburan di perjalanan.

Keyboard yang sangat nyaman digunakan

Beralih ke sektor keyboard, IdeaPad 720s datang dengan keyboard yang bergaya chiclet. Tombol-tombol keyboard yang dibawanya berukuran relatif cukup besar dan tidak terlalu rata dengan bodi. Ini menjadikan keyboardnya sangat nyaman sekali digunakan untuk mengetik.

Anda pun tidak perlu khawatir saat mengetik di kondisi cahaya yang temaram. Pasalnya, Lenovo telah menyematkan lampu backlit berwarna putih yang bisa dinyalakan saat gelap. Tepat di bawah keyboardnya Lenovo juga telah menyediakan sensor sidik jari yang berguna sebagai pengaman tambahan.

Sama seperti keyboardnya, area touchpad IdeaPad 720s yang berukuran cukup besar juga sangat nyaman digunakan. Touchpad mouse tersebut sangat respon dengan sentuhan jari. Kedua tombol klik di touchpad mouse ini pun sangat nyaman untuk ditekan.

Cocok untuk produktivitas, daya tahan baterai cukup lama

Di balik bodinya yang tipis dan ringan, Lenovo IdeaPad 720s yang kami review ini dibekali dengan APU AMD Ryzen seri tertinggi yakni Ryzen 7 2700U dengan Radeon RX Vega 10 Graphics. Kinerjanya juga disokong RAM 8GB dan ruang penyimpanan SSD dengan kapasitas yang sangat lapang yakni 512GB.

Hasil benchmarknya sebagai berikut:

Yang cukup disayangkan, IdeaPad 720s hadir dengan konfigurasi RAM single channel yang tidak bisa diupgrade. Jadi Anda harus puas dengan RAM 8GB yang dibawanya. Ini menjadikan kinerjanya akan kurang ideal untuk gaming mengingat Radeon RX Vega 10 memang lebih optimal dengan konfigurasi dual channel memory. Hal ini menurut kami pun cukup wajar karena memang IdeaPad 720s dihadirkan bukan untuk menyasar para gamer.

Walau begitu, dengan spesifikasinya tersebut Lenovo IdeaPad 720s berhasil menjadi laptop yang sangat bisa diandalkan untuk beragam kebutuhan dari produktivitas seperti mengolah dokumen, berselancar di Internet, menyunting video dan mengolah foto sederhana hingga hiburan seperti menonton video atau mendengarkan musik.

Apalagi, laptop ini juga tergolong cukup hemat daya. Dari pengujian kami, dengan skema tingkat gelap terang 50%, terhubung ke WiFi hotspot, dan digunakan untuk mengetik, dan sesekali menonton video di youtube, IdeaPad 720s bisa menemani kami bekerja hingga sekitar 6 jam.

Kesimpulan

Secara keselurhan IdeaPad 720s dengan APU AMD Ryzen 7 2700 yang dijual dengan harga 14,99 Juta Rupiah Rupiah ini menawarkan performa yang sangat bisa diandalkan.

Laptop ini memang bukan dirancang untuk gaming. Kendati demikian, disokong dengan daya tahan baterai yang relatif tahan lama dan rancangan bodinya yang sangat ringkas dan ringan, IdeaPad 720s adalah pilihan laptop yang paling tepat untuk para mahasiswa, entrepreneur atau eksekutif muda untuk menunjang produktivitasnya sehari-sehari di mana saja.

Yang Canggih:
+ Performa memuaskan
+ Bodi alumunium yang ringkas dan ringan
+ Layar IPS Full HD menawan dengan bezel tipis
+ Kapasitas SSD besar
+ Keyboard Backlit
+ Dilengkapi sensor sidik jari
+ Kinerja relatif senyap
+ Daya tahan baterai relatif lama

Yang Kurang:
– Tidak tersedia slot pembaca kartu memoriSD
– RAM single channel tidak bisa diupgrade
– Agak hangat di area tengah keyboard saat beban komputasi tinggi

Lenovo IdeaPad 720s
Laptop yang sangat ideal untuk menunjang produktivitas Anda sehari-sehari di mana saja.
Cek Harga

Komentar

Beri komentar

Close