Mobile GadgetNewsSmartphone

Tertarik Membeli Huawei P20 Pro? Simak Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Huawei belum lama ini menghadirkan produk flagship andalannya di Indonesia, yakni P20 Pro. Sebagai perangkat kelas premium, smartphone tersebut hadir dengan beragam fitur canggih, khususnya pada sektor fotografi.

Dengan harga 12 jutaan rupiah, Huawei yakin P20 Pro mampu menggaet hati para pengguna. Nah, jika Anda termasuk orang yang tertarik membeli smartphone ini, ada baiknya Anda menyimak dulu kelebihan dan kekurangannya:

Yang Canggih:

1. Desain memukau dengan warna Twilight

Huawei P20 tampil dengan desain yang terbilang sederhana tapi elegan. Lekukan bodinya amat pas dengan kontur tangan dan membuatnya mudah dioperasikan. P20 Pro mengusung frame aluminium yang dipadukan dengan kaca pada sisi depan maupun belakang. Smartphone ini sudah mengikuti tren masa kini berkat penggunaan layar berponi (notch).

Keputusan Huawei untuk menghadirkan warna Twilight menurut kami sangat tepat. Gradasi dari biru ke ungu ketika terkena cahaya membuat P20 Pro tampil berbeda dibanding lawan-lawannya. Mungkin cukup wajar jika kami menyebut warna ini sebagai salah satu finishing paling cantik yang pernah ada di smartphone.

2. Layar memanjakan mata

Huawei P20 Pro mengusung layar AMOLED berukuran 6,1 inci 18.7:9 dengan resolusi Full HD+. Layar ini mampu menyajikan kontras yang baik, hitam yang lebih gelap, serta warna-warna yang lebih matang. Tak heran jika semua konten yang Anda tampilkan di layar menjadi sedap dipandang, baik itu foto maupun video. Tak ketinggalan, layar P20 Pro juga sudah mendukung HDR10.

3. Kualitas foto amat baik dengan tiga kamera Leica

Huawei P20 Pro mengusung tiga kamera Leica di belakang, yang terdiri dari 1 modul kamera dengan sensor RGB 40 megapixel dan lensa berdiafragma F/1.8, 1 kamera dengan sensor monokrom 20 megapixel dan lensa F/1.6, serta 1 kamera dengan sensor 8 megapixel yang dilengkapi lensa telefoto atau zoom.

IMG_20180729_122026

Hasil foto low light Huawei P20 Pro (1)

Night Mode

Menurut kami tiga kamera tersebut bukan sekadar gimmick belaka. Terbukti, foto yang dihasilkan membuat kami harus mengakui bahwa Huawei P20 Pro adalah salah satu smartphone dengan kamera terbaik saat ini. Pemotretan low-light dan mode zoom-nya patut diacungi jempol. Jika Anda penasaran dengan kualitas kameranya, Anda bisa membaca ulasan lengkap kami di tautan berikut ini.

4. Performa oke untuk berbagai kebutuhan

Huawei P20 Pro dipersenjatai SoC Kirin 970 dengan prosesor octa-core dan GPU Mali-G72 MP12. Ditemani RAM 6 GB dan memori internal 128 GB, secara teori kombinasi tersebut sangat mumpuni untuk menjalankan berbagai kebutuhan, termasuk gaming.

Kinerja P20 Pro amat gesit untuk penggunaan standar. Saat kami mencoba game-game berat seperti PUBG Mobile pun tidak ada masalah. Bagi yang gemar game MOBA seperti Mobile Legends atau Arena of Valor, P20 Pro sudah mendukung high frame rate mode.

5. Daya tahan baterai cukup baik

Masalah yang sering dihadapi oleh smartphone flagship adalah daya tahan baterai yang tidak sebaik produk-produk di kelas menengah. Hardware yang lebih gahar memang menuntut konsumsi baterai yang lebih besar pula.

Untungnya, Huawei P20 Pro dibekali baterai 4000 mAh yang sudah mendukung fast charging. Dengan gaya pemakaian normal, kapasitas tersebut sangat memungkinkan smartphone bisa menyala seharian penuh. Penggunaan resolusi yang ‘hanya’ Full HD+ tampaknya cukup membantu efisiensi daya. Pengisian dayanya juga cepat. Dari kondisi di bawah 10 persen hingga 100 persen penuh cuma butuh waktu 1,5 jam saja.

Yang Kurang:

1. Bodi mudah kotor dan licin

Sayangnya keindahan warna Twilight harus terganggu oleh mudah kotornya kaca belakang Huawei P20 Pro. Material ini memang magnet bagi sidik jari. Solusinya adalah memasang casing bening jika tidak ingin warna Twilight-nya tertutupi, yang untungnya sudah tersedia di dalam paket penjualannya.

Satu lagi kekurangannya, Huawei P20 Pro adalah perangkat yang licin. Saking licinnya, smartphone ini sangat mudah tergelincir baik ketika digenggam maupun saat diletakkan. Lagi-lagi solusinya adalah menggunakan casing tambahan.

2. Suhu panas saat bermain game

Walaupun kencang, sayangnya ketika hardware P20 Pro diajak melakukan pekerjaan yang butuh komputasi tinggi, peningkatan suhunya cukup terasa pada bodi bagian belakang. Terkadang suhu panasnya bisa sampai pada titik yang membuat kami kurang nyaman menggenggam P20 Pro, dan sedikit menimbulkan lag pada game yang sedang dimainkan.

3. Pengaturan ISO otomatis terkadang terlalu agresif

Walaupun secara keseluruhan kamera P20 Pro mampu menghasilkan foto yang bagus di kondisi low light, akan ada saatnya di kondisi tertentu kamera mengangkat ISO terlalu tinggi demi mencapai hasil foto yang lebih terang. Ini berpotensi menimbulkan noise yang banyak. Akibatnya, software akan bekerja lebih agresif meredam noise sehingga detail foto menurun dan terlihat seperti cat air.

Solusinya adalah memaksimalkan mode Pro yang memungkinkan Anda mengatur ISO, shutter speed, EV (exposure value), autofocus mode, dan white balance sesuai kebutuhan.

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Huawei P20 Pro. Semoga artikel kali ini bisa membantu Anda membulatkan tekad untuk meminang smartphone tersebut, atau mungkin sebaliknya. Selamat berbelanja!

Komentar

Beri komentar

Close