Mobile GadgetNewsWearable

Qualcomm Snapdragon Wear 3100: Chipset Untuk Jam Tangan Pintar yang Lebih Hemat Daya

Hadir sebagai pengganti Qualcomm Snapdragon Wear 2100

Setelah 2 tahun kemunculannya dan berhasil menjadi chipset favorit di jam tangan pintar berbasis Android Wear, chipset Qualcomm Snapdragon Wear 2100 akhirnya resmi digantikan. Penggantinya, Snapdragon Wear 3100, kini diklaim lebih hemat daya.

Lebih efisien dengan co-prosesor

Chipset Qualcomm Snapdragon 3100 terdiri dari 3 komponen utama. Komponen yang dibawanya terdiri dari CPU A7 ARM Cortex berkecepatan 1.2 GHz, DSP (Digital Signal Processor) baru yang hemat energi, dan sebuah co-prosesor bernama QCC1110.

Menurut Qualcomm, berkat co-prosesor inilah Snapdragon Wear 3100 bisa lebih efisien dan hemat daya. Co-prosesor ini hanya membutuhkan daya yang 20 kali lebih sedikit dibandingkan prosesor utamanya CPU Cortex-A7. Mengingat daya yang dibutuhkannya lebih sedikit, co-prosesor tersebut nantinya akan menangani fungsi-fungsi dasar sebuah jam tangan pintar.

Singkatnya, Chipset Qualcomm Snapdragon 3100 menjanjikan peningkatan daya tahan baterai yang cukup signifikan dibandingkan Chipset Qualcomm Snapdragon 2100. Dengan Qualcomm Snapdragon 3100 jam tangan pintar kini bisa mendapat tambahan waktu guna sekitar 4 hingga 12 jam.

Fitur lain yang ditawarkan, Qualcomm Snapdragon 3100 juga telah membawa modem Snapdragon X5 LTE untuk terhubung ke jaringan selular, WiFi, Bluetooth, NFC, dan GPS. Chipset ini juga telah dilengkapi chip grafis Adreno 304 yang mendukung layar dengan resolusi 640 x 480 pixel.

Kabar baiknya, meski baru diumumkan kehadirannya tercatat sudah ada beberapa vendor yang sudah berminat dengan chipset Qualcomm Snapdragon 3100. Kedepannya, Fossil Group, Louis Vuitton dan Montblanc dikabarkan akan meluncurkan jam tangan pintar perdananya dengan chipset ini.

Komentar

Beri komentar

Close