Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Apple Resmi Umumkan iPhone XS dan iPhone XS Max

Sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, Apple akhirnya mengumumkan jajaran ponsel terbarunya, yakni iPhone XS dan iPhone XS Max. Bila dilihat dari namanya, keduanya merupakan penerus dari iPhone X yang artinya masih mengedepankan layar berponi sebagai salah satu nilai jual utamanya.

iPhone dengan layar terbesar sepanjang sejarah Apple

Apple iPhone XS dan iPhone XS Max 3

Menurut penjelasan Apple, iPhone XS Max adalah perangkat dengan layar AMOLED 6,5 inci yang memiliki resolusi 1,242 x 2,688 pixel dan aspect ratio 19.5:9. Perangkat ini tercatat sebagai iPhone dengan ukuran layar terbesar dalam sejarah mereka. Sementara untuk iPhone XS, layarnya lebih kecil yakni 5,8 inci dengan resolusi 1,125 x 2,436 pixel.

Apple menyebut layar pada iPhone XS dan iPhone XS Max dengan nama New Super Retina yang menawarkan 458ppi. Menariknya lagi, layar sentuhnya sudah mendukung 120Hz meski user interface-nya masih di-render di 60fps. Apple mengklaim dengan perpaduan seperti itu, pengoperasian akan terlihat lebih smooth. Tak ketinggalan, Apple juga membenamkan fitur HDR10 dan Dolby Vision. Dynamic range dari layar ini juga ditingkatkan hingga 60 persen.

Apple A12 Bionic

Untuk urusan performa, iPhone XS dan iPhone XS Max mengandalkan chipset Apple A12 Bionic yang lebih bertenaga dari generasi sebelumnya. Kabarnya, chipset ini sudah menggunakan fabrikasi 7nm (pertama di pasaran), dengan konfigurasi CPU 6-core (2 big + 4 little), 4-core GPU, dan 8-core neural engine.

Apple iPhone XS dan iPhone XS Max 4

Di sektor fotografi, kedua iPhone baru ini hadir dengan kamera belakang ganda bersensor kembar 12 megapixel. Kamera utamanya memakai lensa dengan aperture f/1.8, sementara kamera yang satunya menggunakan lensa tele f/2.4 dengan 2x optical zoom serta dukungan OIS. Untuk selfie, Apple menyajikan kamera depa 7 megapixel.

Apple iPhone XS dan iPhone XS Max 2

Tidak hanya diklaim mampu menghasilkan foto yang lebih baik dari pendahulunya, akhirnya kini iPhone XS dan iPhone XS Max sudah mendukung perekaman video dengan audio stereo. Sementara untuk urusan keamanan, Apple kembali meninggalkan fitur Touch ID dan secara penuh bergantung pada Face ID dengan kemampuan 3D face scanner yang diklaim lebih cepat dan akurat dibanding generasi pertamanya.

Akhirnya mendukung Dual-SIM

Ponsel dengan sertifikasi IP68 ini rencananya akan mulai dijual secara pre-order pada 14 September 2018 dengan harga US$999 atau sekitar 14,7 juta rupiah untuk iPhone XS varian 64 GB, dan US$1099 atau sekitar 16,2 juta rupiah untuk iPhone XS Max varian 64 GB. Perlu diketahui juga, kedua iPhone baru tersebut sudah mendukung dual-SIM menggunakan eSIM untuk pasar AS, dan dua slot SIM-card fisik untuk pasar China.

Apple iPhone XS dan iPhone XS Max 5

Sekadar informasi tambahan, baik iPhone XS maupun iPhone XS Max sama-sama menawarkan pilihan kapasitas memori hingga 512 GB. Soal pilihan warnanya, Apple menyediakan opsi Silver, Space Gray, dan Gold. Belum ada keterangan apakah nantinya warna Red kembali akan dirilis atau tidak.

[table]Spesifikasi;iPhone XS;iPhone XS Max
Layar;AMOLED 5,8 inci 1,125 x 2,436 pixel;AMOLED 6,5 inci 1,242 x 2,688 pixel
Chipset;Apple A12 Bionic;Apple A12 Bionic
Storage;64 GB hingga 512 GB;64 GB hingga 512 GB
Kamera belakang;12 megapixel f/1.8 + 12 megapixel tele;12 megapixel f/1.8 + 12 megapixel tele
Kamera depan;7 megapixel;7 megapixel
Fitur;IP68, Face ID;IP68, Face ID
[/table]
Back to top button