Mobile GadgetReviewSmartphone

Review Honor 7A: Smartphone Terjangkau dengan Kamera Ganda dan RAM 3 GB

Cek Harga

Sebagai nama baru di ranah smartphone Android Indonesia, Honor cukup percaya diri membawa berbagai produk andalannya. Mulai dari perangkat entry-level hingga flagship, semuanya ada. Yang menarik, harga smartphone Honor tergolong cukup kompetitif.

Produk yang akan kami bahas kali ini adalah Honor 7A. Di jajaran produk mereka, Honor 7A bisa dibilang memiliki spesifikasi paling rendah. Namun apakah smartphone tersebut punya kemampuan untuk menggaet hati pecinta Android? Langsung saja simak ulasannya.

Desain lumayan dan tidak murahan

Honor 7A merupakan smartphone berukuran 5,7 inci yang bodinya menggunakan bahan polycarbonate dengan finishing metal yang mampu memberikan kesan premium. Untuk sebuah smartphone dengan harga 1 jutaan, Honor 7A punya kualitas rancang bangun yang amat solid.

Desain smartphone ini cukup sederhana. Tidak banyak aksen-aksen berlebihan baik di depan maupun di belakang, kecuali garis horizontal berwarna silver di bagian atas dan bawah. Bodinya yang ergonomis dengan sudut-sudut melengkung membuat smartphone ini terlihat cantik.

Varian yang kami review adalah yang berwarna biru. Menurut kami, inilah warna Honor 7A yang paling bagus. Birunya agak gelap (navy blue) dengan finishing matte dan terlihat cukup elegan. Ditambah lagi, bagian frame Honor 7A tampak glossy dan cukup menawan ketika terkena cahaya.

Karena mengusung aspect ratio 18:9, meski layarnya besar Honor 7A termasuk mudah dioperasikan dengan satu tangan. Bobotnya juga ringan, nyaman digenggam dan gampang dimasukkan ke dalam saku celana.

Bagian depan smartphone didominasi nyaris seluruhnya oleh layar. Meski begitu, Anda akan menemumkan logo Honor yang terpajang di bagian dagunya yang lumayan lebar. Sementara di belakang, Honor 7A hanya diisi sensor sidik jari dan kamera belakang ganda.

Nilai minus dari smartphone ini adalah mudahnya bagian depan maupun belakang kotor oleh sidik jari. Solusi paling mudah adalah menggunakan softcase. Untuk ketersediaan slot, Honor 7A hadir dengan slot Dual-SIM dan satu slot microSD terpisah.

Layar cukup oke di kelasnya

Seperti disebutkan di atas, Honor 7A mengandalkan layar IPS dengan ukuran 5,7 inci dan aspect ratio 18:9. Resolusinya masih HD+, cukup wajar untuk smartphone di kisaran harganya dan tergolong masih mumpuni untuk mendukung banyak kegiatan.

Yang pasti, layar tersebut sudah mampu untuk menampilkan gambar dengan ketajaman dan warna yang lumayan baik. Tingkat kecerahannya juga oke. Setidaknya, Anda masih bisa menggunakan Honor 7A di bawah sinar matahari.

Anda juga bisa mengatur tingkat kecerahannya baik secara manual ataupun otomatis. Selain itu, ada beberapa opsi Color Mode yang bisa Anda pilih sesuai selera. Bahkan, fitur Eye Comfort untuk menjaga mata agar tidak cepat lelah pun tersedia.

Dari sektor audio, tidak ada fitur spesial yang dibenamkan oleh Honor. Kualitas suaranya standar, tidak terlalu lantang dan bukan juga yang paling jernih. Masih memadai untuk sekadar menemani Anda menonton video atau bermain game.

Ada face unlock dan sensor sidik jari

Honor 7A mengadopsi sistem operasi Android Oreo dengan user interface EMUI 8.0. Kami tidak bisa berbicara terlalu banyak terkait software-nya, karena unit review yang kami coba masih memakai ROM China.

Yang pasti EMUI 8.0 adalah UI yang sederhana. Secara default tidak ada app drawer sehingga Anda cukup menggeser ke samping untuk membuka daftar aplikasi yang tersedia. Tapi asyiknya, Anda punya opsi untuk memunculkan app drawer dengan cara masuk ke Settings > Display > Home Screen Style.

Fitur menarik lainnya adalah soal navigasi. Honor 7A memiliki dua sistem navigasi yang bisa Anda pilih, yakni Navigation Bar yang menggunakan tiga tombol virtual di bawah, atau Navigation Dock yang mengandalkan satu tombol utama yang mendukung berbagai gesture.

Dari sektor keamanan, Honor 7A sudah dibekali fitur face unlock untuk memudahkan membuka smartphone hanya dengan mengarahkan kamera depan ke wajah Anda. Selain itu, sensor sidik jari pun tetap disediakan di bagian belakang ponsel. Kinerja sensor ini cukup cepat dan akurat.

Kamera belakang ganda dengan efek bokeh

Sektor fotografinya pun tak boleh dipandang sebelah mata. Sebagai sebuah smartphone dengan harga tak sampai 2 juta rupiah, Honor 7A ternyata sudah mengusung konfigurasi kamera belakang ganda.

Konfigurasinya adalah sensor 13 megapixel yang didukung PDAF, ditambah sensor kedua 2 megapixel untuk membantu menciptakan foto dengan efek bokeh. Untuk urusan selfie, ada kamera 8 megapixel di depan.

Bagaimana kualitas jepretannya? Bisa dibilang lumayan di kondisi outdoor dengan cahaya yang memadai. Masih cukup tajam untuk dipamerkan ke media sosial, walaupun terkadang exposure dan white balance di mode Auto kurang akurat membaca kondisi pemotretan.

Hasil foto Honor 7A (7)

Hasil foto Honor 7A (12)

Hasil foto Honor 7A (1)

Harus diakui performa kameranya memang kurang gesit, apalagi untung menangani kondisi low light. Dan untuk mendapatkan hasil yang bagus dengan cahaya yang minim ini cukup sulit. Noise pasti banyak terlihat.

Tapi sekali lagi kami ingatkan, harga Honor 7A tidak sampai 2 juta rupiah. Untuk kisaran harganya, kamera Honor 7A tergolong cukup bisa bersaing di kelasnya. Apalagi kamera tersebut sudah ada mode bokeh, meskipun terkadang hasilnya juga kurang rapi untuk memisahkan objek dengan background, bahkan pada cahaya mencukupi sekalipun.

Hasil foto Honor 7A (10)

Hasil foto Honor 7A (2)

Untuk lebih menggambarkan seperti apa kualitas foto Honor 7A, Anda bisa melihat koleksi jepretan kami di akun Flickr Yangcanggih.com.

Performa khas smartphone murah

Honor 7A memiliki komposisi hardware yang lumayan menarik. Di sektor performa memang tidak spesial, hanya berbekal SoC Snapdragon 430 octa-core yang juga masih banyak diadopsi oleh smartphone merek lain di range harga setara.

Walaupun demikian, RAM yang dibenamkan cukup besar di kelasnya, 3 GB, dan memori internalnya 32 GB. Menarik untuk yang gemar multitasking serta menyimpan banyak file. Slot microSD terpisah juga ada jika Anda butuh storage ekstra.

Untuk pemakaian sehari-hari, kinerja Honor 7A lumayan mulus. Menjalankan game pun masih asyik, asal bukan judul-judul yang menuntut performa grafis tinggi. Mobile Legends? Masih bisa dan cukup lancar di setting low!

Berikut beberapa hasil pengujian menggunakan aplikasi benchmark di Honor 7A:

Baterai bisa untuk seharian

Baterai Honor 7A juga tergolong oke di kelasnya. Berbekal kapasitas 3000 mAh dan spesifikasi hardware lainnya yang tidak rakus daya, Honor 7A bisa menemani Anda beraktivitas selama seharian penuh dengan gaya pemakaian normal.

Kesimpulan

Honor 7A bermain di level harga yang paling banyak diminati oleh pengguna di Indonesia. Artinya, saingannya pun amat banyak, dan beberapa merek di antaranya sudah punya nama besar serta populer di kalangan pecinta Android.

Persaingan di kelas ini memang berat. Tapi dengan spesifikasi dan fitur yang menarik seperti kamera ganda, layar 18:9, RAM 3 GB, dan baterai 3000 mAh, menurut kami Honor 7A punya modal yang cukup untuk menggaet hati konsumen.

Dibanderol 1,9 juta rupiah, Honor 7A cocok untuk Anda yang butuh smartphone terjangkau dengan fitur komplit di kelasnya, maupun untuk Anda yang baru ingin beralih dari feature phone ke smartphone.

Yang Canggih:

  • Ramping dan ringan, dengan build quality yang solid
  • Layar sudah mengusung aspect ratio kekinian
  • Kamera ganda dengan efek bokeh
  • Sudah didukung sensor sidik jari dan face unlock
  • RAM 3 GB, cocok untuk multitasking
  • Slot microSD terpisah (bukan hybrid)
  • Baterai cukup awet

Yang Kurang:

  • Bodi mudah kotor oleh sidik jari
  • Efek bokeh dari kamera belakang tidak rapi
  • Performa kurang menarik
Spesifikasi Honor 7A
Layar IPS 5,7 inci 18:9 HD+
SoC Qualcomm Snapdragon 430/435
RAM 3GB
Memori internal 32GB (ada slot microSD terpisah)
Kamera belakang 13 megapixel + 2 megapixel
Kamera depan 8 megapixel
Baterai 3000 mAh
Sistem operasi EMUI 8.0 Android Oreo
Konektivitas 4G LTE, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.2, A-GPS, GLONASS, MicroUSB
Fitur Face Unlock, Sensor sidik jari
Dimensi 152.4 x 73 x 7.8 mm (berat 150 gram)
Honor 7A
Opsi menarik untuk Anda yang mencari smartphone di bawah 2 juta rupiah
Cek Harga

Komentar

Beri komentar

Close