Quantcast
Mobile GadgetNewsPilihanSmartphone

[Hands-On] Mencoba Kamera OPPO F9 di Asian Games 2018

Kamera Belakang Ganda dengan Mode Portrait

Setelah sekitar 5 bulan silam meluncurkan F7, OPPO kembali meluncurkan seri F terbarunya yaitu OPPO F9. Dari sisi spesifikasi, F9 cukup mirip dengan F7. Namun dari sisi kamera, ada perbedaan yang cukup signifikan yaitu kamera ganda di belakang.

Oppo F9 4

Kini OPPO F9 hadir dengan dua kamera belakang yaitu kamera belakang utama 16 megapixel dengan lensa f/1.8 dan kamera kedua 2 megapixel dengan lensa f/2.4. Sedangkan di depan OPPO F9 masih mengandalkan kamera 25 megapixel dengan lensa f/2.0 dan sensor HDR.

Kami mendapatkan kesempatan singkat dari OPPO Indonesia untuk mencoba kemampuan kamera OPPO. Dan kami memutuskan untuk membawanya menemani kami menonton badminton di ajang Asian Games 2018. Perlu dicatat, firmware OPPO F9 yang digunakan masih belum final atau belum versi yang sama seperti versi penjualan.

OPPO F9

Foto selfie tetap prima

Langit agak mendung saat kami memasuki area Gelora Bung Karno pada Senin siang. Mengingat ini hari kerja, suasana GBK terlihat lengang. Tidak ada antrian saat kami memasuki area melalui Pintu 5 di seberang FX Mall.

Mengingat ini adalah kali pertama saya memasuki GBK setelah Asian Games 2018 dibuka, rasanya foto selfie wajib dilakukan.

OPPO F9

Seperti OPPO F7, hasil foto selfie OPPO F9 juga amat baik. Detail pada wajah terlihat jelas, dengan reproduksi warna yang matang. Kamera depan OPPO F9 memiliki lensa dengan diafragma f/2.0. Ini berarti kamera depan akan tetap oke jika mengambil swafoto pada malam hari atau kondisi minim cahaya. Namun ini juga berarti Anda harus memperhatikan posisi semua subyek saat mengambil group selfie. Subyek yang berada sedikit di belakang subyek utama (terdepan) akan terlihat kurang tajam karena DOF (Depth of Field) yang lumayan tipis.

Berikut hasil swafoto OPPO Fpada kondisi minim cahaya di malam hari, dengan mengaktifkan mode Depth Effect.

IMG20180820074945

Seperti yang terlihat, kamera depan OPPO F9 dapat memberikan efek bokeh yang baik. Namun jika dicermati, ada bagian yang terpotong kurang rapi. Ini masih wajar, mengingat smartphone kelas atas sekalipun juga belum mampu meghasilkan efek bokeh yang sempurna.

Dari pengujian singkat ini, kamera depan OPPO F9 mampu menghasilkan foto selfie yang baik. Bahkan lebih baik dibandingkan OPPO F7, terutama di kondisi minim cahaya.

Kamera belakang lebih baik

Menuju ke Istora Senayan, tempat babak perempat final cabang olahraga Badminton Asian Games 2018 digelar, saya sempat mengabadikan suasana di sekitar Istora dengan mode Panorama. Penggunaannya kini lebih mudah dengan penyambungan gambar yang lebih baik dibandingkan seri F sebelumnya, seperti terlihat di foto berikut ini.

OPPO F9

Dengan sudut pandang ekstra lebar dan panoramik, suasana GBK yang masih lengang dapat terekam dengan baik. Perlu diingat, mode Panorama ini membutuhkan kecepatan rana (shutter speed) yang cukup tinggi. Ini berarti hasil foto panoramik akan jauh lebih baik jika diambil di siang hari di luar ruangan.

Reproduksi warna kamera belakang OPPO F9 terlihat lebih matang (vivid) dibandingkan OPPO F7. Respons fokus dan akurasi exposure juga lebih baik. Sesampai di Istora, tidak lupa saya mengambil foto gedung dan tiket untuk diunggah ke sosial media sebagai bukti nyata bahwa saya ada di sana.

OPPO F9
OPPO F9

Memasuki Istora, saya disambut dengan kondisi cahaya yang amat kontras. Lampu sorot yang kuat menerangi lapangan, sementara bagian penonton cenderung gelap. Hal ini memudahkan jika kita ingin memotret kondisi lapangan seperti contoh foto berikut.

OPPO F9

Tantangan yang sulit diatasi adalah jauhnya jarak antara tempat duduk dan lapangan. Namun resolusi 16 megapixel sudah cukup besar untuk melakukan cropping pada hasil foto jika diperlukan.

Selesai pertandingan, saya berkeliling area GBK untuk menikmati Senin sore yang cerah sambil mencari obyek foto menarik. Ternyata kamera belakang OPPO F9 mampu menghasilkan foto malam hari atau minim cahaya yang lebih baik jika dibandingkan F7. Tapi masih di bawah kamera belakang Find X yang jauh lebih premium harganya.

OPPO F9 dapat menemukan fokus dengan lumayan cepat dan akurat, termasuk dalam kondisi cahaya temaram. Saturasi warna tidak terlalu turun dengan detail yang masih cukup jelas. Noise akan terlihat jelas jika foto diperbesar. Tapi untuk sekedar konsumsi media sosial, hasil fotonya masih termasuk oke.

Berikut beberapa hasil foto OPPO F9 tanpa penyuntingan pada kondisi minim cahaya.

OPPO F9
IMG20180820065855
IMG20180820065417
IMG20180820070545

Sama seperti OPPO F7, memotret di malam hari atau kondisi cahaya minim akan lebih efektif jika menggunakan Expert Mode. Dengan mode ini, Anda akan membutuhkan tripod atau penyangga lain untuk mendapatkan foto yang tajam.

Berikut suasana GBK di malam hari yang masih ramai oleh pengunjung dan atlet mancanegara, menggunakan Expert Mode dengan setting ISO 100 dan kecepatan rana (shutter speed) sekitar 1 detik.

IMG20180820073257
IMG20180820072626

Untuk mendapatkan efek sinematik, saya juga memanfaatkan aspect ratio Fullscreen yang lebih lebar. Pilih opsi ini jika ingin mendapatkan foto ekstra lebar, tanpa menggunakan mode Panorama, seperti foto berikut.

IMG20180820075428

Fitur Portrait Mode yang atraktif

Sama seperti Find X, OPPO F9 hadir dengan kamera belakang ganda dan fitur Portrait. Dengan fitur ini, pengguna bisa memilih efek pencahayaan untuk menghasilkan foto dengan subyek manusia yang lebih menarik.

Berikut contoh beberapa foto yang menggunakan Portrait Mode dengan pengaturan berbeda.

OPPO F9
OPPO F9

Tiap setting pencahayaan akan menghasilkan foto dengan warna kulit (skin tone) yang berbeda. Tinggal disesuaikan dengan selera pengguna. Melihat banyaknya wajah manis bertebaran di Asian Games 2018, saya sempat mencoba Portrait Mode dengan berbagai setting pencahayaan.

OPPO F9
OPPO F9
OPPO F9

Seri F naik kelas

Kemampuan kamera sebuah ponsel masih menjadi pertimbangan utama konsumen saat memilih ponsel. Dan hal itu rupanya dipahami OPPO saat merancang F9. Peningkatan spesifikasi dan fitur kamera untuk menghasilkan foto lebih baik ini akan menjadi andalan OPPO F9 untuk menarik konsumen.

Dari pengujian yang amat singkat ini, saya cukup puas dengan performa kamera OPPO F9. Hasil kamera depan dan belakang termasuk baik untuk beberapa kondisi cahaya yang umum dijumpai pengguna smartphone. Dipadukan dengan fitur fotografi yang berguna seperti Portrait Mode, OPPO F9 merupakan pengganti OPPO F7 yang amat layak. Nantikan ulasan lengkap kami di bulan mendatang.

Back to top button