Quantcast
Aksesoris KomputerKomputerNews

ASUS Luncurkan ASUS FX HDD, External Hard Drive Pertama Dengan Hiasan Cahaya RGB

Perangkat gaming kerap dihubungkan dengan hiasan pencahayaan RGB di body eksternalnya. Mulai dari keyboard, mouse, bahkan sampai kepingan memory RAM dan kipas cooling system juga tidak luput dari hiasan cahaya tersebut. ASUS mencoba untuk tampil beda dengan memberikan hiasan RGB pada HDD eksternal terbarunya, ASUS FX HDD.

ASUS FX HDD 001

HDD eksternal ASUS FX merupakan perangkat penyimpanan data yang ditujukan untuk gamer. Bermodalkan ukuran yang cukup compact, yaitu 128mm x 80mm x 16.7mm, HDD eksternal 2.5 inci ini pastinya tidak akan membuat malu gamer yang menggunakannya. Menariknya lagi, ASUS FX hanya memiliki berat 145 gram, sehingga sangat mudah untuk dibawa.

Body eksternal dari ASUS FX dibuat dengan ramping, serta dibalut oleh lapisan hairline finish. Pada bagian bawahnya, kamu bisa menemukan adanya lapisan anti-selip untuk mencegah HDD eksternal ini bergeser di mejamu.

Lapisan luar yang membungkus ASUS FX juga dijanjikan tidak akan meninggalkan bekas sidik jari ketika dipegang. Berkat permukaannya yang bergaris tipis setebal rambut, HDD eksternal ini juga dapat dipengang dengan mantap tanpa perlu takut selip di antara jarimu.

Tentu saja, fitur utama dari ASUS FX adalah kemampuannya untuk menghasilkan pencahayaan RGB ala gaming. Lampu yang terdapat pada HDD eksternal ini bisa kamu atur dengan leluasa menggunakan software Aura Sync. Ditambah lagi, lampu di HDD tersebut bisa pula diselaraskan dengan perangkat gaming ASUS lainnya yang memiliki Aura Sync.

Lalu bagaimana dengan kemampuannya? ASUS FX memiliki slot USB 3.1 Gen 1 berkecepatan tinggi, hingga 5Gbps. Ditambah lagi pada bagian dalamnya dilengkapi oleh ASMedia ASM1153E1 controller, yang memiliki 8-bit micro-processor disertai program RAM dan ROM yang terintegrasi. Singkatnya, HDD eksternal ini sangat cepat dalam memproses data yang masuk dan keluar.

ASUS FX juga dipersenjatai dengan software backup. Jadi, penggunanya dapat menghindari tugas membosankan untuk membuat cadangan data. Hanya dengan membuat jadwal, HDD ini secara otomatis akan membuat backup data dari sistem, media sosial, cloud storage, dan data mobile wireless.

Ada pula opsi untuk menambahkan enkripsi AES 256-bit supaya data pengguna dapat dilindungi dengan password. Dengan begitu tidak sembarang orang bisa membuka isi HDD eksternal ASUS FX.

Untuk masalah kompatibilitasnya, ASUS FX bisa digunakan pada OS Windows 7, 8, dan 10 dari Microsoft. Bila kamu menggunakan sistem Apple, kamu juga bisa menggunakan HDD eksternal ini selama versi Mac OS X 10.8 atau lebih tinggi terpasang.

Kapasitas yang ditawarkan ASUS FX ada dua, yaitu EHD-A1T untuk varian 1TB. Sedangkan untuk varian 2TB adalah EHD-A2T. Sayangnya, ASUS masih belum memberikan kepastian harga jual HDD eksternal yang gamer banget ini.

[table] Spesifikasi;ASUS FX HDD
Interface;USB 3.1 Gen1 x 1 (Support USB 2.0)
Warna;Hitam
Kapasitas;1TB/2TB
System Requirements;Windows® 10, Windows® 8, Windows® 7, Mac OS X 10.8
Dimensi;128 x 80 x 16.3 mm
Berat;145 g
Paket penjualan;ASUS FX Hard Drive, USB 3.1 Gen1 Cable, Quick Start Guide
[/table]
Back to top button