Aksesoris KomputerKomputerNews

Western Digital Purple, Hard Drive Untuk Video Pengawasan Dengan Dukungan AI

Mampu Mempelajari Video Untuk Mengenali Ancaman

Selama manusia masih memiliki barang yang dianggap berharga, maka keamanan akan selalu dibutuhkan. Itu sebabnya teknologi pengawasan melalui kamera CCTV atau kamera dengan resolusi tinggi lainnya menjadi perhatian perusahaan yang memiliki aset berharga. Selain kameranya, perangkat yang digunakan untuk menyimpan data pengawasan tersebut tidak kalah pentingnya.

Untuk itu, Western Digital selaku produsen storage ternama di dunia meluncurkan Western Digital Purple, Hard Drive yang dirancang khusus untuk membantu penyimpanan data pengawasan. Bukan hanya ukurannya yang begitu besar, mulai dari 1TB hingga 12TB, tetapi HDD ini juga memiliki beberapa fitur yang menarik untuk diketahui.

Pertama adalah Western Digital Purple mampu digunakan untuk menyimpan hingga 64 kamera secara bersamaan. Dengan begitu, skala pengawasan keamanan yang terhubung dengan HDD ini menjadi begitu besar, dan di saat bersamaan tidak membutuhkan banyak biaya karena hanya butuh satu HDD saja.

Fitur lainnya yang sangat menarik adalah dilibatkannya Artificial Intelligence atau AI di dalam HDD tersebut. Gambar yang disimpan di dalam Western Digital Purple akan secara otomatis dianalisa dan secara bersamaan HDD akan melakukan Deep Learning. Akibatnya, HDD ini akan semakin pintar dalam mengenali beragam benda yang tertangkap di dalam data.

“Sistem-sistem perekaman video semakin cerdas,” ujar Brendan Collins, Vice President Product Marketing, Devices Business Unit di Western Digital. “Video NVR berteknologi AI sedang didesain untuk berbagai GPU dan CPU terbaru agar meningkatkan kapabilitas deep-learning secara keseluruhan, dan untuk mempercepat algoritma yang berkaitan dengan pengenalan objek dan deteksi wajah,” tambahnya.

Potensi yang dimiliki Western Digital Purple tentu saja sangat besar. Semua video yang ditangkap oleh NVR dengan Deep Learning membutuhkan kapasitas perangkat penyimpanan yang lebih besar dan pemrosesan yang lebih canggih. Kemudian, video tersebut akan diproses secara analitik untuk mempelajari lokasi mana saja seseorang yang wajahnya tertangkap video telah datangi untuk memecahkan kejahatan. Proses data tersebut juga bisa digunakan untuk membuat peta kemacetan lalu lintas dari perekaman video pengawasan di jalanan dan toko di pinggir jalan retail selama berbulan-bulan.

Berkat Western Digital Purple, kini sistem alarm otomatis dapat mengenali apakah yang bergerak adalah pelanggar atau hanya binatang dan pohon yang tertiup angin. Semakin lama AI mempelajari hasil video pengawasan, maka semakin pintar pula sistem ini dapat menentukan apakah ada bahaya yang datang.

Western Digital Purple yang dirancang khusus untuk sistem berbasis AI tersebut akan tersedia di jaringan retail Indonesia pada September 2018. Harga yang ditawarkan oleh produsen adalah Rp6.300.000 untuk kapasitas 10TB, dan Rp7.800.000 untuk HDD dengan kapasitas 12TB.

Spesifikasi Western Digital Purple
Kapasitas 1TB hingga 12TB
Interface SATA 6Gb/s
Form Factor 3.5 inci
Disk Speed 5400 rpm dan 7200 rpm
Dimensi 147mm x 101.6mm x 26.1mm
Berat 0.66 kg sampai 0.75 kg

Komentar

Beri komentar

Close