Quantcast
AudioHome GadgetNews

HP Mindframe, Headphone Yang Bisa Mendinginkan Telinga

Satu masalah terbesar yang kerap dihadapi pengguna headphone dengan earcup yang menutupi telinga adalah panas. Karena area sekitar telinga akan tertutup rapat oleh bantalan earcup, maka ketika menggunakannya untuk waktu lama suhunya akan semakin meningkat. Apalagi pada daerah tropis yang lembab, panasnya bisa sampai membuat kulit telinga iritasi.

HP Mindframe 001
Headphone HP Mindframe mampu mendinginkan telinga ketika digunakan dalam waktu lama.

Untuk mengatasi masalah yang selalu menghantui pengguna headphone tersebut, HP memperkenalkan headphone dengan kemampuan pendingin telinga bernama HP Mindframe. Headphone canggih ini diperkenalkan bersamaan dengan acara HP Gaming Festival di Beijing.

Berbeda dengan headphone berpendingin lain yang menggunakan kipas dan gel pendingin di dalam bantalan earcup, HP Mindframe menggunakan teknologi pendinginan thermoelectric yang dipatenkan. Perangkat thermoelectric di earcup headphone akan membuang panas yang terjadi di ruang akustik dan membuangnya ke luar earcup.

Hasilnya, ruang di dalam earcup menjadi dingin seperti di dalam ruangan ber-AC. Dengan demikian, penggunanya akan tetap merasa dingin telinganya, bahkan pada sesi gaming yang sangat lama atau di ruangan yang panas sekalipun. HP Mindframe juga bisa menjadi penyejuk ketika penggunanya sedang berada di bawah terik matahari.

HP Mindframe 002
HP Mindframe menggunakan teknologi penyaluran panas thermoelectric yang dipatenkan.

Kemampuan HP Mindframe dalam menghasilkan suara berkualitas juga dijamin oleh HP. Headphone tersebut dilengkapi oleh teknologi 7.1 virtual surround sound, noise cancelling untuk menghilangkan gangguan suara dari luar, 3D spatial awareness supaya penggunanya bisa menentukan posisi suara di dalam musik dan game, dan unidirectional microphone. Ada pula suspensi beban ringan yang bisa mengatur dengan sendirinya, supaya keseimbangan berat kedua earcup tetap terjaga.

HP Mindframe sayangnya masih belum mendapatkan tanggal pasti rilis di pasaran. HP hanya mengatakan akan merilisnya pada pertengahan kedua 2018. Begitu juga dengan harganya, HP masih belum memberikan angka pasti.

Back to top button