Quantcast
Mobile GadgetSmartphoneTips

7 Tips Mudik dan Libur Lebaran Lebih Menyenangkan dengan OPPO F7

Sudah menjadi tradisi sebagian besar masyarakat Indonesia untuk mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri tiba. Kami yakin, beberapa dari Anda pun telah merencanakan jadwal liburan ke kampung halaman bersama dengan keluarga.

Perjalanan mudik bisa jadi amat melelahkan. Penyebabnya beragam, mulai kondisi jalan yang padat, pesawat yang mungkin mengalami delay penerbangan, dan masih banyak lagi. Untuk menyiasatinya agar tidak bosan dan tetap menikmati perjalanan, Anda membutuhkan smartphone yang tepat sebagai sarana hiburan sekaligus perangkat utama untuk mengabadikan momen.

Nah, jika sudah punya, langsung saja simak beberapa tips yang bisa Anda lakukan dengan smartphone Anda untuk membuat perjalanan mudik lebih menyenangkan:

1. Siapkan daftar film untuk ditonton selama perjalanan

Saat ini sudah banyak aplikasi video streaming yang menawarkan ribuan judul film seru dengan biaya langganan yang amat terjangkau, misalnya HOOQ, Netflix, VIU, atau iFlix. Sebelum berangkat, kami sarankan Anda menyiapkan daftar lalu mengunduh (tonton offline) film-film tersebut untuk ditonton selama perjalanan.

Oppo F7 4

Agar puas menonton film, ponsel dengan layar berukuran besar seperti OPPO F7 tentunya punya keuntungan tersendiri. Oppo F7 menawarkan layar 6,23 inci dengan aspect ratio 19:9 serta resolusi FullHD+. Dengan layar yang lega seperti ini, film yang Anda tonton akan tampil lebih maksimal. Yang menarik, meski ukurannya besar, ratio screen-to-body Oppo F7 yang mencapai lebih dari 80 persen membuat dimensi perangkat secara keseluruhan tetap ramping.

2. Download game-game seru

Selain menonton film, bermain game jadi cara yang paling ampuh untuk mengatasi kejenuhan di tengah perjalanan mudik yang panjang. Jangan lupa untuk mengunduh terlebih dahulu (kalau bisa ketika terhubung ke WiFi) game-game keren yang banyak tersedia di Google Play Store, seperti PUBG Mobile, Mobile Legends, dan Tekken Mobile. Selain ketiga game populer tersebut, kami merekomendasikan Anda untuk mencoba juga Durango: Wild Lands dan Jurassic World Alive. Kedua game ini tak kalah seru!

Oppo F7 6

Untuk memberikan pengalaman gaming yang mulus, pastikan juga smartphone Anda dibekali chipset yang bertenaga, contohnya Helio P60 seperti yang tersedia di Oppo F7. Helio P60 mampu menjalankan game-game papan atas yang menuntut kinerja grafis tinggi dengan lancar. Dibanding F5, performa F7 meningkat hingga 80 persen.

Oppo F7 2

Selain itu, pastikan pula smartphone Anda masih memiliki ruang penyimpanan data yang lega. Pasalnya, game-game zaman sekarang memakan memori cukup besar. Bahkan sudah banyak game yang menghabiskan memori lebih dari 1 GB. Jika ingin lebih leluasa, Oppo F7 memiliki varian dengan memori internal 128 GB yang dibanderol Rp5.199.000.

F7 WhatsApp

Asyiknya lagi, Oppo F7 memiliki fitur bernama Game Acceleration yang untuk mendukung pengalama gaming lebih lancar dan minim gangguan. Selama bermain, tidak akan notifikasi yang muncul menutupi layar. Anda pun bisa langsung membalas pesan WhatsApp melalui jendela kecil yang akan terbuka jika icon WhatsApp di notch (poni) disentuh. Bahkan, mengangkat telepon pun tidak akan mengganggu permainan!

3. Pastikan membawa power bank dan car charger

Ini yang paling penting. Percuma jika Anda sudah menyiapkan film dan game favorit namun ternyata baterai smartphone Anda sudah mau habis di awal-awal perjalanan. Sebelum berangkat, pastikan daya smartphone sudah terisi penuh dan jangan sampai power bank serta car charger ketinggalan.

Oppo F7 AI Battery Management

Namun jika Anda malas mengisi ulang daya smartphone berkali-kali dalam satu hari, Oppo F7 yang dibekali baterai 3400 mAh sudah didukung AI Battery Management. Fitur pintar ini bisa menyesuaikan daya pemrosesan sesuai dengan kebutuhan, sehingga pada akhirnya konsumsi daya menjadi lebih efisien. Anda pun bisa lebih lama menggunakannya tanpa harus sering-sering nge-charge.

4. Navigasi dengan Google Maps

Meski sudah berkali-kali melakukan perjalanan darat dengan kendaraan pribadi ke kampung halaman, ada kalanya Anda tetap membutuhkan bantuan navigasi. Apalagi, saat menemui kemacetan dan Anda butuh panduan untuk mencari jalur alternatif.

F7 Navigation

Google Maps selalu siap sedia membantu Anda. Nah, di ColorOS 5.0 miliki Oppo F7 yang berbasis Android 8.1 Oreo, Google Maps bisa digunakan dalam mode picture-in-picture. Jadi, saat Anda sedang membutuhkan navigasi tapi ingin membuka aplikasi lain (misalnya WhatsApp), Google Maps secara otomatis akan menjadi jendela kecil di pojok bawah. Sangat berguna untuk mendukung multitasking. Tapi ingat, jangan coba-coba jika Anda berada di belakang kemudi ya!

5. Ajak keluarga selfie di berbagai kesempatan

oppo f7 selfie 3 hdr

Tak lengkap rasanya jika kembali ke kampung halaman dan bertemu dengan semua sanak keluarga tanpa mengabadikan momen berharga tersebut. Jangan lupa untuk sering-sering selfie bersama keluarga besar Anda di berbagai kesempatan. Misalnya saat sedang berkumpul di rumah orangtua, jalan-jalan mengunjungi tempat wisata, atau sedang makan bersama.

IMG20100105180354

OPPO F7

Untuk tips yang satu ini, Oppo F7 menjanjikan tangkapan gambar yang bagus dan layak Anda pamerkan di media sosial. Kamera selfie F7 dibekali sensor Sony IMX576 25 megapixel f/2.0 serta dukungan A.I Beauty 2.0 yang tidak hanya mampu mendeteksi 296 titik wajah, tetapi juga dapat mengenali subjek dan memperhalus wajah secara terpisah, baik itu pria maupun wanita, dalam sebuah group selfie.

6. Abadikan perjalanan Anda dengan kamera belakang

Oppo F7 AI Scene Recognition

Jangan lupa juga untuk mengabadikan berbagai momen dari perjalanan mudik Anda dengan kamera belakang. Sepanjang perjalanan, Anda bisa memotret pemandangan indah, makanan khas daerah, kebudayaan setempat, kejadian-kejadian seru, dan sebagainya. Sama seperti selfie, Anda bisa langsung mengunggah foto-foto Anda ke Facebook atau Instagram.

OPPO F7

OPPO F7

Bila Anda ingin mudah menciptakan foto yang keren untuk mendapat banyak Like di media sosial,Anda bisa mengandalkan Oppo F7 yang dibekali sensor 16 megapixel dengan lensa f/1.8 dan LED flash. Meski tidak dual-camera, kamera belakang F7 tetap dibekali efek bokeh (mengandalkan algoritme software).

Ada pula Super Vivid Mode yang mampu menghasilkan foto berwarna lebih matang dengan saturasi tinggi, serta A.I. Scene Recognition yang membuat kamera bekerja lebih pintar untuk secara akurat mengenali hingga 16 scene dan objek yang berbeda, secara real-time. Hasilnya, algoritma Oppo F7 mampu menemukan keseimbangan tingkat kecerahan, exposure, warna, dan kontras dari tiap gambar yang diambil.

(Kalau Anda penasaran dengan kameranya, simak ulasan lengkap kami di artikel review ini)

Oppo F7 3

Dengan teknologi A.I. Recognition pula Oppo F7 mampu mengidentifikasi 128 titik pada wajah, sehingga dapat membantu Anda mengelompokkan foto-foto di Gallery berdasarkan wajah (orang yang ada di dalam foto), lokasi pemotretan, dan momen-momen tertentu misalnya liburan. Kemampuan ini akan sangat berguna ketika Anda sudah menyimpan ratusan atau bahkan ribuan foto. Selain terlihat lebih rapi, pengelompokkan foto juga memudahkan Anda menemukan foto-foto yang Anda inginkan melalui masing-masing folder.

7. Jangan lupa nge-vlog

Nah, ini yang belakangan sedang populer di Indonesia. Ketika mendatangi tempat-tempat yang menarik, sempatkan diri untuk membuat vlog pribadi. Jelaskan apa yang berkesan dari tempat tersebut. Tidak harus diunggah ke YouTube, Anda juga bisa membuat vlog-vlog singkat di Instagram Stories atau Facebook. Siapa tahu, dengan sering nge-vlog, Anda bisa jadi vlogger terkenal.

oppo f7 black

Anda pun dapat melakukan editing video terlebih dahulu sebelum mengunggahnya ke media sosial. SoC Helio P60 yang menjadi andalan Oppo F7 sudah mampu mendukung proses tersebut dengan cepat dan lancar. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi editing video seperti Adobe Premiere Clip, KineMaster, FilmoraGo, atau Power Director langsung dari Google Play Store.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat mudik Lebaran nanti. Apapun jalur perjalanan yang Anda pilih; darat, laut, maupun udara; pastikan selalu berhati-hati, menjaga kesehatan, serta mengutamakan keselamatan. Semoga perjalanan mudik Anda tahun ini menyenangkan!

Back to top button