Melihat dari dekat kamera popup 32 megapixel Vivo V15


Tertarik dengan Oppo F7? Inilah Kelebihan dan Kekurangannya

Oppo F7 sudah resmi meluncur di Indonesia. Dalam artikel review kami sebelumnya, kami menyebut F7 sebagai produk terbaik Oppo untuk pasar Indonesia saat ini. Tak heran karena Oppo memang membenamkan banyak sekali peningkatan dibanding generasi sebelumnya.

Nah, bagi Anda yang tertarik dengan Oppo F7 tapi masih ragu untuk membelinya, berikut kami sajikan beberapa kelebihan dan kekurangan dari smartphone ini:

Yang Canggih:

1. Desain elegan dan ramping

Dibanding pendahulunya, Oppo F7 menawarkan perubahan desain yang lumayan signifikan. Anda bisa langsung melihatnya dari depan berkat layar 6,23 incinya yang memiliki poni. Tampilan depannya bersih, tanpa tombol apapun. Bezelnya juga tipis sehingga membuat rasio screen-to-body mencapai 88 persen.

Baik bagian belakang maupun bagian depan dari Oppo F7 dilindungi oleh Gorilla Glass 5. Desainnya sederhana sehingga terlihat lebih elegan. Apalagi, Oppo menyediakan varian warna yang menawan, yaitu Solar Red, Moonlight Silver, dan Diamond Black.

Solar Red memiliki gradasi warna lebih mendalam dibanding versi merah F5. Sementara Moonlight Silver mengandalkan tekstur bergaris yang hanya akan muncul dari sudut pandang tertentu. Terakhir, Diamond Black, hadir dengan pola potongan berlian pada bagian belakangnya yang akan muncul dari sudut tertentu.

2. Layar memanjakan mata, poni bisa disembunyikan

Seperti disebut di atas, Oppo F7 mengusung layar Super Full Screen IPS 6,23 inci. Aspect ratio-nya 19:9, dan resolusinya sudah Full HD+. Tidak hanya tajam, tetapi saturasi warna dan tingkat kecerahannya merupakan salah satu yang paling memanjakan mata di kelasnya.

Bagian layar di kiri dan kanan poninya cukup lebar untuk menampilkan informasi seperti indikator baterai, jam, jaringan, dan sebagainya. Yang lebih menarik, saat membuka aplikasi seperti YouTube, area layar sisa ini bisa disetel menampilkan notifikasi dari SMS atau telepon atau pesan Whatsapp.

Tak hanya itu, jika saat menikmati konten ada bagian yang tertutup oleh notch atau poni tersebut, Anda memiliki opsi untuk menonaktifkannya. Ya, poninya bisa disembunyikan!

3. Hasil kamera selfie bagus

Oppo F7 menjadi smartphone pertama yang dibekali kamera depan dengan sensor Sony IMX576 25 megapixel. Kamera selfie dengan aperture f/2.0 ini didukung banyak fitur keren. Salah satunya adalah HDR di sensor (hardware) yang memiliki dynamic range lebih baik dibandingkan HDR versi software. Selain itu ada fitur Depth Effect (bokeh) dan A.I. Beauty 2.0 yang bertujuan untuk menghasilkan foto portrait lebih baik.

A.I Beauty 2.0 mampu mendeteksi 296 titik wajah (meningkat 20 persen dibanding generasi sebelumnya). Bahkan, A.I. Beauty 2.0 dapat mengenali subjek dan memperhalus wajah secara terpisah, baik itu pria maupun wanita, dalam sebuah group selfie.

IMG20180417150415

Hasilnya, kamera selfie ini mampu menghasilkan foto yang bagus. Bisa dibilang, salah satu yang terbaik di kelasnya. Selain itu, Oppo tak lupa menyediakan fitur AR Sticker untuk membuat foto-foto selfie terlihat lebih menyenangkan.

4. Kamera belakang bisa diandalkan, ada Vivid Mode

Untuk kamera belakangnya, Oppo membenamkan sensor 16 megapixel dengan lensa f/1.8 dan LED flash. Meski tidak dual-camera, kamera belakang F7 tetap dibekali efek bokeh (mengandalkan algoritme software).

Setelah kami coba di berbagai kondisi cahaya, hasil fotonya juga termasuk salah satu yang terbaik di kelas harganya. Pengendalian noise juga cukup netral, tidak terlalu agresif sehingga detail tetap terjaga saat memotret di malam hari atau cahaya redup.

OPPO F7

Fitur baru lain yang ditemukan di OPPO F7 adalah Super Vivid Mode. Dengan mengaktifkan mode ini, hasil foto akan memiliki warna lebih matang dengan saturasi tinggi.

5. Performa bertenaga

Selain kamera, salah satu sektor paling menggiurkan dari Oppo F7 adalah performanya. Smartphone ini menjadi salah satu yang pertama mengadopsi SoC Helio P60 terbaru. Ditemani RAM 4 GB dan memori internal 64 GB (ada pula varian 6GB/128GB), Oppo F7 tergolong mumpuni untuk semua kebutuhan.

Oppo F7 mampu menyajikan performa hingga 80 persen lebih baik dibanding F5. Kami sempat mencoba judul-judul populer seperti Arena of Valor, Mobile Legends, Tekken Mobile, dan PUBG Mobile. Hasilnya, semua game bisa ditangani dengan baik tanpa ada kendala lag berarti selama permainan.

6. Baterai cukup awet

Oppo F7 didukung baterai 3400 mAh yang di atas kertas termasuk standar untuk penawaran smartphone masa kini. Yang menarik, melalui fitur bernama A.I. Battery Management, F7 bisa menyesuaikan daya pemrosesan sesuai dengan kebutuhan, sehingga konsumsi daya lebih efisien. Terbukti baterai ini mampu membuat F7 menyala seharian penuh untuk pemakaian normal.

7. Harga menarik, terutama versi 128 GB

 

Di tingkat harganya, Rp4.199.000, bisa dibilang Oppo F7 adalah salah satu opsi paling menarik yang bisa Anda beli sekarang. Bahkan OPPO F7 128GB yang dijual seharga Rp5.499.000 merupakan smartphone Android dengan RAM 6GB dan memori internal 128GB paling terjangkau saat ini di Indonesia.

Yang Kurang

1. Bodi mudah kotor

Dibalik desainnya yang elegan dan tampak mewah, kaca bagian belakang dari Oppo F7 ternyata mudah kotor karena menjadi magnet sidik jari. Solusi paling mudah, gunakan softcase yang sudah termasuk dalam paket penjualan.

2. Efek A.I. Beauty dan HDR kadang berlebihan

A.I. Beauty memang diciptakan untuk memberikan pengaturan kamera paling optimal di berbagai kondisi. Nilai minusnya, terkadang efek yang ditampilkan agak berlebihan sehingga membuat foto kurang natural.

Tak hanya itu, efek HDR-nya pun beberapa kali kami dapati membuat foto terlalu terang. Soal AR Sticker, akan lebih menarik jika pengguna ditawarkan pilihan sticker yang lebih banyak dan bervariasi.

3. Belum didukung VOOC

Dengan baterai yang bisa diandalkan, Anda memang tidak bakal sering-sering membutuhkan sumber listrik atau power bank. Tapi andai saja F7 sudah mendukung VOOC flash charge, tentunya akan jauh lebih bermanfaat karena bisa mengisi daya lebih cepat.

Solar Red, gradasi warna yang lebih dalam dibandingkan warna merah F5

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari Oppo F7. Bagaimana? Sudah membulatkan tekad untuk menjadikan F7 sebagai smartphone Anda selanjutnya? Semoga artikel kami kali ini bisa membantu, ya!

Beri komentar