Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S9+

Setelah mengulas berbagai fitur yang tersedia di Samsung Galaxy S9+ dalam sebuah artikel review, seperti biasanya Yangcanggih.com membuat tulisan terpisah yang khusus berisi berbagai kelebihan dan kekurang dari smartphone flagship tersebut.

Galaxy S9

Tujuan dari artikel seperti ini adalah untuk memudahkan Anda para calon pengguna yang masih bimbang agar bisa segera memutuskan akan membeli Galaxy S9+, mengalihkan target ke versi non-Plus, atau justru mengurungkan niat.

Yuk, langsung saja simak berbagai kelebihan dan kekurangan dari Samsung Galaxy S9+:

Yang Canggih

1. Tetap memukau dengan Infinity Display

Walaupun Samsung tidak memberikan banyak perubahan di sektor ini, terbukti Infinity Display Galaxy S9+ masih tetap memukau dan memanjakan mata. Layar Super AMOLED ini berukuran 6,2 inci dengan aspect ratio 18.5:9 dan resolusi 1440 x 2960 pixel, lengkap dengan dukungan HDR10.

Semua konten yang Anda saksikan di Galaxy S9+ akan terasa memuaskan. Selain itu, Anda juga tetap bisa mengubah resolusi layar ke Full HD+ atau HD+ untuk menghemat konsumsi daya.

Galaxy S9 Lilac Purple 10

2. Dual-speaker stereo yang menggelegar

Samsung untuk pertama kalinya menanamkan dual-speaker stereo yang posisinya ada di atas dan di bawah. Kedua speaker ini disetel langsung oleh AKG, dan kualitas suaranya 1,4 kali lebih bertenaga dibanding generasi sebelumnya. Ditambah dukungan Dolby Atmos, menonton film atau bermain game di Galaxy S9+ terasa jauh lebih hidup

3. Hasil foto bagus di kondisi terang dan gelap

Galaxy S9+ dibekali dua kamera 12 megapixel, yang salah satunya mendukung dual-aperture yakni f/1.5 dan f/2.4. Sederhananya, smartphone ini dapat menghasilkan foto yang tajam baik di kondisi cahaya terang maupun temaram.

Ketika cahaya terlalu terang misalnya di bawah sinar matahari yang terik, Anda bisa menggunakan f/2.4. Sebaliknya jika di tempat gelap (cahaya di bawah 100 lux), f/1.5 akan sangat membantu.

Samsung Galaxy S9+

Hasil foto Galaxy S9+ (2)

Hasil fotonya tak perlu diragukan lagi. Bisa dibilang, Galaxy S9+ adalah salah satu smartphone dengan kamera terbaik saat ini. Ditambah ini, kamera gandanya didukung fitur Live Focus untuk menciptakan efek blur yang natural.

4. Super Slow-Mo untuk membuat video epik

Berbeda dengan mode slow motion biasa, Super Slow-Mo merekam video di 960fps dengan resolusi 720p. Galaxy S9+ akan merekam gambar 32 kali lebih lambat dari video normal, dan 4 kali lebih lambat dari video slow motion biasa di kebanyakan smartphone lainnya. Super Slow-Mo akan membuat momen 0,2 detik menjadi video berdurasi sekitar 6 detik.

https://www.instagram.com/p/BhIPWJ4nGcm/?taken-by=yossiedwip

Fitur ini cocok untuk Anda yang ingin menciptakan video-video dengan efek dramatis pada momen sehari-hari seperti olahraga, melompat ke kolam, berlari, dan sebagainya. Tapi perlu diingat, sinar matahari yang terang jadi syarat utama untuk membuat video Super Slow-Mo yang bagus.

5. AR Emoji cukup seru

Dengan AR Emoji, Anda bisa menciptakan emoji yang mirip dengan Anda. Caranya mudah, cukup masuk ke kamera dan aktifkan AR Emoji. Nantinya, Galaxy S9+ akan menganalisa gambar wajah pengguna secara 2 dimensi dan memetakan lebih dari 100 ciri wajah untuk menciptakan model 3 dimensi.

samsung galaxy s9 ar emoji
AR Emoji

Emoji yang Anda buat bisa dimodifikasi sesuai keinginan, misalnya mengganti gaya rambut, mengganti pakaian, atau menambahkan kacamata. Sekali Anda membuatnya, Galaxy S9+ akan langsung menyediakan beberapa pilihan emoji sekaligus dengan berbagai ekspresi yang berbeda, yang bisa Anda kirim ke orang lain dalam format GIF.

6. Intelligent Scan yang cepat dan akurat

Intelligent Scan merupakan kolaborasi antara fitur iris scanner dengan face recogntion. Keduanya bekerja bersamaan dan saling melengkapi serta menutupi kekurangan masing-masing. Hasilnya, Anda bisa membuka kunci Galaxy S9+ di berbagai kondisi hanya dengan mengarahkan smartphone ke wajah.

7. Bixby berbasis AR

Bixby kini bekerja dengan lebih pintar serta didukung kemampuan Augmented Reality. Salah satu fitur yang sangat berguna adalah Live Translation. Fitur ini sangat bermanfaat ketika Anda berada di luar negeri, dan ingin mengetahui arti dari tulisan di papan penunjuk jalan, menu restoran, dan sebagainya.

galaxy s9 ar translation bixby vision

Bedanya dengan fitur serupa sebelumnya adalah kemampuan AR memungkinkan semua bahasa asing yang ditangkap oleh kamera akan langsung diubah ke bahasa yang Anda pilih secara real-time.

8. Performa mantap

Kelebihan yang satu ini tidak perlu dijelaskan panjang lebar. Smartphone flagship Samsung selalu dipersenjatai dengan hardware pendukung performa yang super kencang. Di Galaxy S9+, Anda akan menemukan SoC Exynos 9810 yang ditemani RAM 6 GB. Dengan komposisi tersebut, gaming 3D yang menuntut kinerja grafis tinggi bukan masalah!

Yang Kurang

1. Desain amat mirip dengan Galaxy S8+

Galaxy S9 Lilac Purple 5

Samsung tidak mengubah penampilan Galaxy S9+ secara signifikan. Bahkan bisa dibilang, desainnya amat mirip dengan Galaxy S8+ jika dilihat dari depan. Mungkin jika Anda sebelumnya memakai Galaxy S8+ dan beralih ke Galaxy S9+ rasanya seperti tidak menggenggam handphone baru.

Untungnya, ada sedikit perbedaan di bagian belakang yang letak sensor sidik jari dan keberadaan kamera ganda.

2. Warna Lilac Purple mudah kotor oleh sidik jari

Lilac Purple adalah warna baru yang saat ini hanya tersedia di seri Galaxy S9 dan Galaxy S9+. Warna yang menurut kami sangat menawan dan bisa membuat siapapun meliriknya. Sayangnya, di varian Lilac Purple, bekas sidik jari menjadi lebih mudah terlihat. Solusinya? Pasang casing tambahan.

3. Slot microSD hybrid

 

 

Slot hybrid memang bisa membuat pengguna bimbang memilih, apakah lebih butuh SIM-card 2 atau microSD untuk ruang penyimpanan data ekstra. Jika Anda termasuk pengguna yang sering menyimpan file-file berukuran besar tapi butuh slot SIM-card 2, saran kami belilah Galaxy S9+ varian 128 GB atau 256 GB.

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari Samsung Galaxy S9+. Bagaimana menurut Anda? Sudah membulatkan tekad untuk meminang smartphone canggih ini?

Back to top button