Quantcast
Foto & VideoKamera MirrorlessNews

Blackmagic Pocket Cinema Camera 4K: Kamera Mirrorless Khusus Video Pertama yang Bisa Merekam Langsung ke SSD Portabel

Desain futuristik dilengkapi fitur kelas profesional

Di tahun 2013 lalu Blackmagic untuk pertama kalinya meluncurkan Blackmagic Pocket Cinema. Kamera video inovatif yang menyasar para videografer profesional ini hadir dengan rancangan bodi yang sangat ringkas dengan sensor Micro Four Thirds (MFT). Nah, di tahun ini Blackmagic telah menyiapkan penggantinya yaitu dengan merilis Blackmagic Pocket Cinema Camera 4K.

Blackmagic Pocket Cinema Camera 4K 1

Desain futuristik

Blackmagic Pocket Cinema Camera 4K tampil dengan desain yang lebih segar. Dibandingkan versi lawasnya yang tampil minimalis, kamera ini terlihat lebih futuristik. Dimensinya sedikit lebih bongsor dengan tambahan hand grip mirip kamera DSLR agar lebih nyaman saat digenggam tangan.

Dikatakan Blackmagic, Pocket Cinema Camera 4K hadir dengan material serat karbon polikarbonat komposit. Material tersebut diklaim sangat tangguh namun tetap bisa menjaga bobot kamera ini agar tetap ringan.

Sensor 4K untuk foto dan video

Blackmagic Pocket Cinema Camera 4K 2
Meski sebagai kamera video, Blackmagic Pocket Cinema Camera 4K juga bisa diandalkan untuk memotret. Kamera ini dipersenjatai dengan sensor Micro Four Thirds (MFT) HDR yang bisa menghasilkan video hingga resolusi 4K 4096 x 2160 pixel.

Sensornya tersebut mampu menyajikan cakupan dynamic range hingga 13 stop dan mengusung teknologi dual native ISO yang menawarkan pengaturan ISO hingga 25600.

lens

Dengan mengusung sensor MFT artinya Blackmagic Pocket Cinema Camera 4K juga bisa mendukung semua ekosistem lensa kamera MFT. Bahkan, Anda bisa memasang lensa dengan mount lain namun dengan adapter tambahan.

Konektivitas lengkap

Blackmagic Pocket Cinema Camera 4K telah dilengkapi dengan layar sentuh 5 inci dan 4 mic yang tertanam di bodinya.

Lewat dukungan port HDMI Out, kamera ini bisa langsung tersambung ke monitor. Port konektivitas lain yang dibawanya mencakup port mini LXR, 3.5mm mic input, DC konektor dan dukungan beragam kartu memori dari SD, UHS-II dan CFast 2.0.

Blackmagic Pocket Cinema Camera 4K 4

Satu keunggulan dari Blackmagic Pocket Cinema Camera 4K adalah hadirnya dukungan port USB-C Expansion. Berkat port ini, Blackmagic Pocket Cinema Camera 4K menjadi kamera pertama yang mampu merekam video dan langsung menyimpannya ke SSD atau flashdisk yang mengusung USB-Type C.

Fitur kelas profesional

Untuk fitur videonya, kamera ini mendukung 10-bit ProRes, 12-bit RAW, bisa merekam video 4K 60fps dan 120fps, dilengkapi 3D LUT, dan didukung Blackmagic Design color science.

Blackmagic Pocket Cinema Camera 4K akan tersedia di kuartal keempat tahun 2018. Harga jualnya dipatok US$1295.

Back to top button